Sukses

Entertainment

Grup Musik Tyo Nugros, Direct Action Kembali Merilis Single Seventh

Fimela.com, Jakarta Direct Action grup duo musik elektronik yang beranggotakan Tyo Nugros dan Joseph Saryuf kembali meramaikan musik Indonesia dengan merilis ulang single keempat-nya ini yaitu Seventh. Single ini sebelumnya hanya bisa didengarkan secara eksklusif di salah satu kanal streaming, namun kini Seventh diedarkan secara lebih massive agar dapat dinikmati seluruh lapisan penikmat musik Indonesia.

Melalui Seventh, Direct Action mencoba menyampaikan bahwa selalu ada masa depan yang lebih baik, jangan sampai kita terdistorsi oleh keadaan dunia yang semakin kelam. Dan gelapnya dunia datang dari harapan manusia yang terlalu berlebihan terhadap segala sesuatu.

Pesan ini disampaikan Direct Action dalam format video klip animasi dengan konsep surreal layaknya sebuah karya seni. Video klip Direct Action ini disutradarai oleh Aria Wijaksana yang menyatakan bahwa Seventh merupakan salah satu masterpiece yang terwujud dari konsep ruang dan waktu.

Video Klip

Oleh karena itu, visual yang disajikan memiliki ragam ornamen simbolik mulai dari bentuk, gestur, serta tulisan sebagai sebuah pesan terselubung yang dapat diinterpretasikan oleh setiap individu yang melihat video klip tersebut.

Untuk menggarap video klip dari lagu Seventh ini dibutuhkan waktu sampai dengan delapan bulan. Dalam proses produksi video klipnya, mereka juga melibatkan banyak pihak, mulai dari talent, fotografer, video editor, asset visual grafis, dan lainnya.

Perihal konsep musik unik dan tidak biasa dari Direct Action ini, tidak heran bila melihat sepak terjang dari Joseph Saryuf. Pria yang lebih akrab disapa Iyub ini dikenal sebagai salah satu pelopor musik Pop Elektronik di skena independen Indonesia bersama Santamonica.

"Semoga skena musik ini bisa diterima oleh masyarakat yang lebih luas di Indonesia dan didengarkan lebih banyak orang," harap Joseph Saryuf seperti rilis yang diterima FIMELA.

Sama halnya dengan Direct Action yang baru kembali muncul ke permukaan, Joseph Saryuf juga baru saja membangunkan Santamonica yang telah tidur hampir 10 tahun lamanya.

Tentang Direct Action

Direct Action sendiri sudah tujuh tahun meramaikan blantika musik Tanah Air. Tyo Nugros sebagai penabuh drum, mengimbangi Joseph Saryuf yang mengisi vocal, guitar, dan synthesizer.

Mengusung genre Rock Elektronik, Direct Action mencoba menghadirkan karakteristik musik yang memang masih awam di telinga penikmat musik di Indonesia, yaitu sebuah perpaduan yang apik antara musik elektronik dan juga math rock. Diawali dari sebuah proyek musik yang dibentuk oleh Joseph Saryuf dan Sulung Kusuma di tahun 2008.

Kala itu, Direct Action kerap tampil dengan memainkan versi remix dari lagu band yang berada di bawah naungan Sinjitos Collective, sebuah label rekaman yang didirikan oleh Joseph Saryuf. Lagu yang kerap di-remix oleh Direct Action di antaranya adalah lagu milik The Brandals dan Bayu Risa yang kala itu masih tergabung di Sinjitos Collective. Hingga pada akhirnya Tyo Nugros bergabung ke dalam tubuh Direct Action pada tahun 2016 dan melengkapi formasinya menjadi sebuah band.

Dengan bergabung di Direct Action, Tyo Nugros merasa bisa lebih mengeksplor permainan drumnya.

"Di band ini, saya bisa lebih mengekspresikan permainan drum saya, yang selama ini agak sulit saya tuangkan di band yang lain," ucap Tyo Nugros

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading