Sukses

Entertainment

Bisa Ditiru, Cara Shireen Sungkar Ajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Mengajarkan anak untuk mulai berpuasa selalu menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orangtua. Aktris Shireen Sungkar pun punya cara khusus bagaimana menanamkan nilai-nilai positif soal berpuasa pada anak-anaknya.

Untuk mereka yang memiliki rasa penasaran yang tinggi seperti anak-anaknya, istri dari Teuku Wisnu itu mengaku memulainya dengan membeberkan berbagai kenikmatan yang bisa didapat sang buah hati selama ini. Dari situ, perempuan 31 tahun itu mulai menjelaskan jika ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai bentuk syukur pada Allah, salah satunya dengan kewajiban berpuasa.

"Tipsnya itu lebih banyak jelasin. Tergantung ya, karena anak aku pada kritis, banyak nanya, dijelasin, dikasih tahu lagi nikmat Allah kayak gimana, akhirnya mereka ya, '(puasa) ini tanda bersyukur, kita melakukan kewajiban'," kata Shireen Sungkar di kawasan Bogor, Jawa Barat dikutip dari Kapanlagi.

"Tapi aku bilang, 'kalian belum wajib tapi akan dapat pahala nih'. Semua kan belajar, nggak bisa instan. Ketika nanti wajib puasa pasti akan berat jadi kalau terbiasa akan ringan," lanjutnya kemudian.

Punya Pengalaman

Lebih lanjut, Shireen Sungkar menuturkan jika tahun ini akan jadi Ramadan pertama untuk anak keduanya, Hawwa berpuasa. Beruntung, adik kandung Zaskia Sungkar itu sudah pernah melewati fase tersebur sekitar 3 tahun lalu ketika Adam, anak pertamanya belajar berpuasa.

"jadi PR tiga tahun lalu aku ulang lagi. Karena memperkenalkan anak puasa kan nggak gampang ya untuk ngadepin ngambek kelaperannya, hausnya, tapi kan nggak boleh dipaksa cuma udah diperkenalkan supaya nggak kaget," jelasnya.

Siapkan Hadiah

Dan, sebagai bentuk apresiasi ketika anaknya sudah mau mulai belajar berpuasa, Shireen Sungkar pun tak sungkan untuk menyiapkan hadiah di akhir Ramadan. Namun begitu, ia menekankan jika 'hadiah' dari Tuhan lah yang harusnya menjadi dorongan untuk anak-anaknya rajin beribadah.

"Iya kasih reward, tapi sebelum kasih reward aku kasih tahu dulu ini pahalanya Masya Allah jadi dia nggak terlalu iming-iming materi terus," pungkasnya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading