Sukses

Entertainment

Rentan Kesepian Jennifer Bachdim Ingatkan Bahwa Ibu Tak Sendirian, Harus Bisa Berbagi Beban

Fimela.com, Jakarta Jennifer Bachdim rajin berbagi dengan para followers-nya di Instagram dan baru-baru ini ia kembali membuka sesi tanya jawab. Dari berbagai pertanyaan yang muncul, kesepian yang dirasakan seorang ibu menjadi salah satu yang dibahas oleh istri Irfan Bachdim itu.

"Ya, saya setuju ibu bisa sangat kesepian. Kita sebagai ibu memiliki begitu banyak hal untuk dipikirkan, itu bisa sangat membebani," kata Jennifer Bachdim.

Ibu empat anak itu kemudian mengingatkan bahwa setiap ibu tak benar-benar sendiri, di mana mereka bisa berbagi dengan suami atau orang tua. "Pada akhirnya kamu tidak sendiri, kamu memiliki pasangan, bahkan mungkin kakek, nenek yang dapat membantu kamu," tutur Jennifer Bachdim. Namun Jennifer yang keberadannya jauh dari orang tua tak bisa selalu mendapat bantuan mereka, tetapi ia memiliki adik yang kini tinggal di dekatnya dan bisa membantunya saat kewalahan.

 

Bicara dengan Ibu Lain

Dalam menghadapi kesepian, Jennifer juga menyarankan bahwa berbicara atau berbagi dengan sesama ibu juga bisa membantu mengurangi perasaan tak nyaman dan bisa menyelamatkan kondisi mental.

"Bagus juga untuk berbicara dengan ibu lain yang mengalami hal sama seperti kamu. Berbagi dan berbicara tentang apa yang kamu lakukan, kamu rasakan, di mana akan banyak membantu mental kamu.

Meluapkan Perasaan

Menjadi seorang ibu memang dituntut serba bisa melakukan segalanya sendiri, termasuk mengendalikan perasaan. Namun menurut Jennifer, meluapkan perasaan adalah hal yang harus dilakukan.

"Jika kamu merasa kesepian atau kewalahan, kamu harus membicarakan perasaanmu. Tak apa-apa untuk sedih atau kewalahan dengan peran baru seorang ibu," ucapnya.

Komunikasi adalah Kunci

Menjalani peran sebagai ibu kadang membuat seseorang merasa diabaikan oleh pasangan, Jennifer Bachdim pun merasakan perasaan tersebut namun ia mengomunikasikan dengan suaminya.

"Kadang-kadang kamu mungkin berpikir suamimu tidak peduli dan tidak memerhatikan. Kami mengalami situasi seperti itu dan lagi, komunikasi adalah kuncinya," kata Jennifer.

"Bagi saya dan Irfan, ada dituasi di mana saya percaya dan berpikir dia tahu apa yang saya perlia dia lakukan untuk membantu saya, tetapi (sebenarnya) Irfan tidak tahu, dia tidak melihatnya sendiri, jadi untuk menyelesaikan masalah kita harus berkomunikasi," tuturnya. "Saya harus memberi tahu dia apa yang saya butuhkan dan dia harus membantu saya begitu dia tahu bantuan apa yang saya butuhkan," jelas Jennifer Bachdim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading