Sukses

Entertainment

Tutup Pintu Negosiasi dengan Once, Ahmad Dhani: Siapa Suruh Keluar dari Dewa 19?

Fimela.com, Jakarta Ahmad Dhani gigih memperjuangkan Hak Mengumumkan atau Performing Rights atas karyanya yang selama ini tak berjalan sebagaimana mestinya. Lebih khususnya, ia memberi somasi kepada mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel.

Kondisi kian memanas saat Once dan kuasa hukumnya mengatakan Dhani membuat ultimatum demi sensasi. Mendengar keresahannya dianggap sepele, pentolan Dewa 19 itu mengambil sikap lebih tegas.

Baru-baru ini Dhani mengundang para komposer yang punya rekam jejak penting di industri musik. Dari Anji, Melly Goeslaw, Dee Lestari hingga Candra Darusman terlibat diskusi dengan Dhani tentang penertiban royalti atas pencipta lagu.

Kembali soal larangan Dhani terhadap Once, ia yakin dirinya punya kuasa sebagai pencipta lagu.  "Gue mau ngelarang Once nyanyi lagu Dewa, siapa yang mau ngelawan? Itu lagu lagu gue," kata Ahmad Dhani di kanal YouTube Ahmad Dhani dalam Berita (4/4/2023).

Enggan Negosiasi

Komposer utama Dewa 19 tersebut menegaskan tak ada kompromi soal larangan tersebut. Apalagi di kesempatan sebelumnya ia mengaku sudah lama Once membawakan hits Dewa 19 sejak keluar dari band, dan tak ada laporan pembayaran royalti yang jelas.

"Dan gue udah nggak mau negosiasi. Once masih mau negosiasi, gue nggak mau. Ini permasalahannya udah beda ini. I am the owner of the band," tambahnya.

Pernyataan Tegas Dhani

Di hadapan para komposer, Ahmad Dhani juga mengatakan secara tegas bahwa pelarangan Once adalah demi menjaga keistimewaan tur Dewa 19. Tak sampai di situ ia juga menyinggung momen Once keluar dari Dewa, tapi tetap membawakan lagu-lagu hits band tersebut.

"Dewa 19 mau tur. Yang bisa nyanyi lagu Dewa ya Dewa. Siapa suruh keluar dari Dewa 19? Emang gue yang nyuruh, nggak kan?" ujarnya dengan berapi-api.

Lewat diskusi tersebut, Dhani membawa misi lebih besar dari sekadar permasalahannya dengan Once. Melihat dari scope yang lebih besar, ia berharap pemerintah dan LMKN menerapkan monitoring dan perlakuan yang tegas untuk membela hak-hak musisi dan pencipta lagu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading