Sukses

Entertainment

Ketika Raditya Dika Hopeless Soal Makanan di London, Ternyata Nemu Sate Otentik dan Enak Banget

Fimela.com, Jakarta Raditya Dika menceritakan pengalamannya ketika sedang berada di London, Inggris. Terkait soal makanan, biasanya memang menjadi kendala ketika seseorang menyambangi negara lain dengan jenis makanan yang berbeda.

Demikian pula Raditya Dika yang mengaku sempat putus harapan untuk mendapatkan jenis makanan khas Indonesia. Namun, akhirnya komika itu mendapatkan rekomendasi tempat makan yang menyajikan makanan Indonesia dengan rasa otentik.

"Udah hopeless aja kemarin tuh, nyariin makanan Indonesia," kata Raditya Dika yang akhirnya menemukan Toba, sebuah restoran dengan cita rasa makanan Indonesia yang khas.

Seperti di Negeri Sendiri

Komika tersebut akhirnya merasakan pengalaman yang menyenangkan. Ia pun mencicipi beberapa menu yang ada seperti sate ayam, nasi kuning, prekedel, ikan asin, rendang, dan bahkan gorengan yaitu bakwan.

"Makan nasi kuning di London. Kalau satenya gendut. Ngerasa ayamnya istimewa. Ini otentik banget nih. Bener-bener seperti yang biasa gue makan," tutur Raditya Dika.

Bahkan, Raditya Dika merasa masakan ikan asinnya seperti buatan ibunya. "Kayak masakan nyokap gue (ikan asin). Rendangnya empuk banget, super spicy," paparnya.

Penuh Perjuangan

Sementara itu, kala berbincang dengan sang pemilik Toba yaitu Pinondang Sinaga, Raditya Dika pun mendapatkan informasi panjang lebar mengenai perjuangan membangun tempat makanan khas Indonesia tersebut.

Tak gampang memang kala membangun bisnis di negeri orang. Saat awal ingin membesut restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia, Pino-sapaan akrab si pemilik, ia pun harus memperkenalkan kepada lidah orang London.

"Penuh perjuangan, harus lah bekerja keras, memberikan makanan ke setiap orang yang lewat. dikasih makan sate, baso. Biar orang tahu Indonesian street food," ujar Pino.

Restoran ini awalnya buka dengan nama Pino's Warung pada Desember 2019 lalu. Kebetulan saat itu pandemi mulai berlangsung. "Aku sempat stres, karena aku gunain semua uang untuk bisnis, tapi pemerintah UK bantuin untuk small bisnis," katanya.

Ganti Nama

Memilih nama Toba ternyata bukan sembarangan. Pino yang memiliki marga Sinaga mengaku bahwa Toba adalah representasi dirinya. Toba juga merupakan salah satu nama yang dikenal luas sebagai tempat indah di Indonesia.

"Saya orang Batak, Sinaga. Tadinya mau Pino's tapi akhirnya milih nama Toba. Masakan juga ikan asin dari Sumatera, Ayam Betutu Bali. Saya pengen promosiin Indonesian cuisine di Inggris," ucapnya.

Meski berbisnis di Inggris, namun Pino masih tetap ingin kembali ke Indonesia suatu saat nanti. "Mimpi untuk pulang ke Indonesia ada banget. Mungkin nanti buat retired," tandasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading