Sukses

Entertainment

Mengusung Tema Bhinneka Tunggal Musik, Ini Special lineup Synchronize Fest 2023

Fimela.com, Jakarta Secara resmi Synchronize Fest mengumumkan 12 nama penampil spesial yang akan tampil di Synchronize Fest 2023 melalui website www.synchronizefestival.com dan channel YouTube demajorsTV. Tercatat nama-nama legendaris yang diumumkan tersebut merupakan persembahan spesial yang hanya dapat disaksikan di perayaaan #BhinnekaTunggalMusik pada 1, 2, 3 September 2023.

Tema Bhinneka Tunggal Musik yang diusung oleh Synchronize Fest di 2023 ini, menjadi medium semangat kolaboratif lintas genre dan lintas generasi dari pegiat musik dan seni visual di Indonesia. Video pengumuman lineup spesial Synchronize Fest digambarkan dengan teknik graffiti, serta konsep stop motion, time lapse video yang digarap oleh sutradara Nala Satmowi, dengan turut melibatkan belasan artisan seniman graffiti dari kolektif TMR dan Smize. Di dalam video tersebut didalangi oleh 2 seniman visual utama Synchronize Fest 2023; Sicovecas dan Mahdi Albart.

Akan tetapi ini baru permulaan, masih ada lebih dari 150 penampil lainnya yang akan diumumkan di fase berikut. Nantikan terus kejutan istimewa dari persembahan Bhinneka Tunggal Musik Synchronize Fest 2023. Berikut Special lineup Synchronize Fest 2023.

Bimbo Bersama Yanti Bersaudara

Sulit melepas kebesaran nama Bimbo di sirkuit lagu religi. Cukup sebut dua karyanya, “AdaAnak Bertanya Pada Bapaknya” dan “Sajadah Panjang”, nuansa Ramadhan pun sontak terasa.Grup bersaudara asal Bandung ini terbentuk pada medio 60-an, melewati banyak fasebermusik dengan memainkan folk, pop, dangdut, hingga tentu saja religi. Pada panggungspesial Synchronize Fest 2023, Bimbo akan tampil bersama dengan grup bersaudaralegendaris asal Bandung lainnya, Yanti Bersaudara. Nama mereka belakangan kembalimencuri perhatian setelah lagu-lagunya dirilis kembali dalam bentuk piringan hitam melaluilabel rekaman asal Jakarta, Lamunai Records.

God Bless 50 Tahun

Band rock legendaris Indonesia, God bless, siap merayakan usia 50 tahun berkarier dipanggung Synchronize Fest 2023. Band yang kini beranggotakan vokalis Achmad Albar, gitarisIan Antono, bassist Donny Fatah, keyboardist Abadi Soesman, dan drummer Fajar Satritamasempat didapuk oleh majalah Rolling Stone Indonesia sebagai The Immortals: 25 ArtisIndonesia Terbesar Sepanjang Masa. God bless rencananya akan tampil melibatkan musisimusisi aktif hari ini seperti Kelompok Penerbang Roket, Isyana Sarasvati, Scaller, Iksan Skuter,Soegi Bornean, Barasuara, hingga Ardhito Pramono. Kolaborasi ini membuat panggung GodBless di Synchronize Fest 2023 bukan saja menjadi perayaan usia lima dekade band tersebut,tetapi sekaligus perayaan regenerasi musik tanah air.

Iwan Fals x Sawung Jabo

Dua musisi sekaligus seniman legendarisIndonesia, Iwan Fals dan Sawung Jabo, menjadi salahsatu kolaborasi yang wajib disaksikan di Synchronize Fest 2023. Kiprah bermusik keduanyabegitu besar saat bersama-sama memperkuat grup superior SWAMI dan Kantata Takwa,masing-masing diperkuat oleh legenda musik lainnya seperti Yockie Suryoprayogo, Innisari,Setiawan Djodi, Naniel Yakin, Nanoe, Totok Tewel, WS Rendra, hingga Donny Fatah. Pada1990, Kantata Takwa sempat mengadakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno,Jakarta, dengan tafsiran penonton yang hadir hingga 150.000 orang. Sejarah penting musikIndonesia itu pun tercatat, Fals dan Jabo adalah salah dua pihak yang menggoreskan tintanya.Mereka akan tampil bersama di Synchronize Fest 2023, penampilan spesial yang tentupantang dilewatkan.

Konser Petualangan Sherina

Pada tahun 2000, nasib industri film Indonesia menjadi kian cerah berkat kesuksesan filmdrama musikal anak-anak, Petualangan Sherina. Ia memikat jutaan penonton, memperlebarkejayaannya lewat medium karya seni lain seperti album musik hingga pertunjukan teater.Film tersebut memiliki sinopsis, naskah, dialog, lagu, koreografi, hingga lokasi yang melekatdalam ingatan penonton sampai hari ini. Pada 2022, projek Petualangan Sherina 2 resmidiumumkan dan dijadwalkan tayang pada September nanti. Synchronize Fest 2023, bekerjasama dengan Miles Films dan Jakarta Movin, akan menyambut sekuel tersebut denganmenghadirkan Konser Petualangan Sherina di salah satu panggungnya. Lagu-lagu kenamaandalam film tersebut seperti “Bintang-bintang”, “Jagoan”, hingga “Kertarajasa” akanditampilkan bersama musisi-musisi tamu yaitu Isyana Sarasvati, Yura Yunita, juga RezaChandika

Matajiwa x Matajiwo

Apa jadinya bila gaung rock Matajiwa mendampingi pertunjukkan wayang yang didalangi olehbudayawan Sujiwo Tejo? Kolaborasi lintas medium seni yang patut disaksikan. Merekasempat tampil bersama dan menjadi bahan perbincangan di 2015. Ketika itu, Matajiwa xMatajiwo mempersembahkan sebuah lakon wayang kulit berjudul Karno Tanding. Matajiwamelatari lakon tersebut dengan repertoar mereka, salah satunya adalah “Semesta”.Synchronize Fest 2023akan siap menghadirkan kembali kolaborasi spesial Matajiwa xMatajiwo. Siap-siap untuk terhanyut.

Melly Goeslaw Songbook

Keriaan karaoke nostalgia musik Indonesia belakangan ini tidak bisa lepas dari karya-karyaMelly Goeslaw. Santer terputar adalah lagu-lagu Melly bersama super grup Potret seperti“Salah”, “Bagaikan Langit”, hingga “Mungkin”. Tak ketinggalan, projek solonya jugamenghasilkan lagu-lagu kolaborasi penuh memori seperti “Jika”, “Butterfly”, dan “Ada Apadengan Cinta”. Beberapa di antara mereka bahkan ikut menyukseskan film panjang Indonesiadi antaranya Ada Apa dengan Cinta, Eiffel I’m in Love, hingga Heart. Untuk itu, Melly akanbernostalgia di panggung Synchronize Fest 2023 bersama para kolaboratornya seperti AndaPerdana, Irwansyah, dan BBB (Bukan Bintang Biasa – vokal grup yang beranggotakan RaffiAhmad, Dimas Beck, Ayushita, Chelsea Olivia, dan Laudya Cynthia Bella). Siap-siap, karaokemassal bersama Melly Goeslaw.

Mesin Waktu 2.0

Lebih kurang 16 tahun lalu, label rekaman Aksara Records pernah merilis album kompilasimonumental bertajuk Mesin Waktu: Teman-teman Menyanyikan lagu NAIF. Sesuai denganjudulnya, album tersebut memuat karya NAIF yang digubah ulang oleh nama-nama sepertiWhite Shoes & The Couple Company, The Brandals, Goodnight Electric, Cherry Bombshell,The Monophones, The Adams, hingga Sore. Sekarang, di masa-masa kita belum bisa lagimenyaksikan penampilan NAIF, mengembalikan spirit album kompilasi ini akan menjadi obatkerinduan. Di Synchronize Fest 2023, lagu-lagu NAIF akan dinyanyikan oleh Bilal Indrajaya,Chroma Strings, Endah N Rhesa, GAC, Kunto Aji, Nesia Ardi, Perunggu, Priscilla Jamail,Sentimental Moods, Sisitipsi, dan the Adams.

Republik Cinta Management

Republik Cinta Management (RCM) adalah perusahaan manajemen musik yang didirikan olehpenulis lagu andal, Ahmad Dhani dari Dewa 19, pada 2007 lalu. Ia menaungi banyak musisi –termasuk bandnya sendiri dan ketiga anak kandungnya – seperti Mulan Jameela, T.R.I.A.D,Mahadewi, The Virgin, Virzha, hingga Marcello Tahitoe. Tiga nama pertama yang disebutkandipastikan akan meramaikan panggung spesial Synchronize Fest 2023. Bersiap-siap untuk bernyanyi bersama saat mereka membawakan hits semacam “Makhluk Tuhan Paling Seksi”,“Wonder Woman”, “Selir Hati”, “Kamu-kamulah Surga”, “Sumpah I Love You”, sampai “AyangAyang Ku”.

Dekade Fariz RM ‘79-‘89

Sesuai dengan namanya, aksi panggung spesial musisi legendaris Fariz RM di Synchronize Fest2023 akan menampilkan karya-karya yang ia rilis mulai dari 1979 hingga 1989. Fariz merilistotal 11 album penuh dalam satu dekade tersebut, memuat nomor-nomor kenamaan seperti“Mega Bhuana”, “Semusim”, “Di Antara Kata”, “Kurnia dan Pesona”, “Jerat”, “Nada Kasih”,“Barcelona”, dan “Sungguh”. Lagu-lagu Fariz sedang kembali bergaung di keriaan anak mudadalam beberapa tahun belakang. Synchronize Fest 2023 bakal mewadahinya dalam suasanafestival, bernostalgia bersama, pula menghadirkan beberapa sejawat Fariz seperti CandraDarusman juga Neno Warisman untuk meramaikan.

Soneta Group x Dipha Barus

Soneta Group siap mengiringi sang raja, Rhoma Irama, kembali berkolaborasi denganproduser/DJ andalan Tanah Air, Dipha Barus. Ini bukan kali pertama mereka bertukar suaradi atas panggung. Pada Synchronize Fest versi daring di 2020, Bang Haji – begitu Rhoma biasadisapa – sempat tampil bersama Dipha untuk memadukan dangdut dengan musik elektronik,menggelorakan “Darah Muda” menjadi lebih eksentrik. Synchronize Fest 2023 akan kembalimempertemukan mereka, lebih banyak lagu yang dileburkan, lengkap dengan megahnyakehadiran Soneta Group – pasukan setia Rhoma.

Symphony from Hell

Kolektif hip hop kebanggaan Yogyakarta, Hellhouse, akan mempersembahkan penampilanspesial Symphony from Hell di panggung Synchronize Fest 2023. Symphony from Hell pertamakali mereka tampilkan di perhelatan FLAVS Festival 2021, meleburkan musik orkestra denganrentetetan ritmis ala hip hop. Kini, Hellhouse bakal melibatkan musisi-musisi tamu yang patutdiperhitungkan aksinya seperti Al-Smith, Basboi, GNTZ, Jahanam, Mario Zwinkle, PB featEugine, Ramengvrl, Sade Susanto, Tuan Tigabelas, juga Uncle-T. Salah satu kolaborasi megahyang patut disaksikan di Synchronize Fest 2023.

4 Sehat 5 Nambah

Orkes Moral Pancaran Sinar Petromak, Orkes Moral Pengantar Minum Racun, PemudaHarapan Bangsa, Orkes Nunung Cs, ditambah Jhonny Iskandar, akan membuat SynchronizeFest 2023 bergoyang massal dalam alunan musik dangdut. Empat orkes kenamaan ditambah1 tokoh dangdut jenaka ini akan tampil di panggung yang sama atas nama 4 Sehat 5 Nambah. Penonton Synchronize Fest 2023 tentu tidak asing lagi dengan repertoar mereka semacam“Fatimah”, “Judul-judulan”, “KTP Babe Gue”, hingga “Abang Gorengan”. Penampilan spesialyang wajib untuk dinikmati bersama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading