Sukses

Entertainment

Tayang Perdana di TV Menyambut HUT RI Ke-78, Begini Rintangan Iqbaal Ramadhan di Bumi Manusia

Fimela.com, Jakarta Tepat pada 17 Agustus 2023, upacara hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah terlaksana secara serentak di seluruh penjuru Indonesia. 

Bertepatan dengan HUT RI ke-78 tersebut, film Bumi Manusia yang telah diproduksi sejak tahun 2019 yakni karya Hanung Bramantyo dan diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini pun tayang perdana di televisi. 

Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti, Giorgino Abraham, hingga Bryan Domani dengan mengangkat isu-isu sosial memang bukan amanah yang mudah saja dilaksanakan. 

Dilansir dari interview Iqbaal bersama IDN Times di tahun 2019, ia mengatakan seperti dapat amanah. "Saya pertama kali tahu dapet tawaran Bumi Manusia ini seperti mengemban amanah yang sangat berat dan tanggung jawabnya satu Indonesia," ucapnya.

Tanggung Jawab Besar namun Tetap Bersyukur

Pengakuan Iqbaal Ramadhan bahwa bermain peran di film Bumi Manusia cukup besar tanggung jawabnya, akan tetapi ia tetap melaksanakan amanahnya untuk berperan sebagai sosok Minke dengan sepenuh hati. 

"Saya di satu sisi merasa ini tanggung jawab yang sangat besar tapi di satu sisi saya juga bersyukur sekali rasanya melalui film ini bisa menjembatani karya sastra 'Bumi Manusia' ini kepada generasi seumuran saya, generasi Z," ucap Iqbaal.

Riset Terbatas

Mengangkat kisah dua insan saling jatuh cinta yaitu pria ningrat Jawa (Minke) dengan perempuan blasteran Belanda (Annelies) di zaman penjajahan tentu riset yang dilakukan untuk film ini tidak akan mudah. 

"Karena semuanya hanya bisa saya lakukan lewat arsip-arsiparsip-arsip, buku-buku yanh dibaca dan ditulis, selebihnya saya tidak bisa bertanya atau berkomunikasi langsung dengan siapapun yang ada di zaman itu," kata Iqbaal. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading