Sukses

Entertainment

Selesai Jalani Kemoterapi, Nunung Masih Diharuskan Imunoterapi

Fimela.com, Jakarta Salah satu komedian Srimulat, Nunung mengidap kanker payudara pada Februari 2023 lalu. Ia menjalani operasi pada Selasa (6/5/2023) dan mengalami kebotakan pada kepalanya. Kini kondisi komedian tersebut sudah berangsur-angsur membaik, karenanya telah menyelesaikan proses kemoterapi.

“Alhamdulillah kemonya sudah selesai, tinggal ya… kontrol kontrol aja,” ujar Nunung kepada awal media (23/8/2023).

Rambutnya sudah mulai tumbuh, tetapi lagi-lagi mengalami kerontokan dan Nunung memutuskan untuk mencukur habis rambutnya.

“Ini botak yang kedua kali. Udah numbuh kemarin numbuh, cuma rontok lagi, terus dibotak lagi,” ucap Nunung.

Menjaga Makanan

Nunung juga mengatakan bahwa dirinya harus menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Dia juga harus menguragi konsumsi daging merah, makanan berpengawet, juga makanan yang dibakar.

Pasca kemoterapi, Nunung harus memperbanyak mengkonsumsi jus buah-buahan dan sayuran terutama untuk menjaga kulitnya agar tetap sehat. Ia juga menyinggung jari tangannya yang membiru karena efek samping dari kemoterapi.

“Sekarang banyak jus ya. Karena jus itu memang untuk kulit ya, untuk kulit supaya tidak gosong-gosong,” tambahnya.

“Alhamdulillah badan nggak (membiru) karena mengkonsumsi jus terus,” lanjutnya.

Masih Harus Terapi

Walaupun Nunung sudah beres menjalankan kemoterapi, dirinya masih diharuskan oleh dokter untuk mengikuti Imunoterapi. Imunontrapi adalah pengobatan penyakit dengan mengaktifkan sel imun agar lebih efektif melawan penyakit, termasuk juga kanker.

“Masih diharuskan untuk Imunoterapi,” ujar Nunung. “Ternyata sekarang orang yang abis kena kanker itu penting banget Imunoterapi,” lanjutnya.

Nunung akan menjalankan Imunoterapi 3 minggu sekali hingga 1 tahun ke depan. “Itu anjuran dokter, cuma dokter kemarin bilang ‘pikir pikir aja dulu mba’,” ujar Nunung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading