Sukses

Entertainment

10 Artis Korea Sukses dan Berhasil Dirikan Agensi Sendiri dengan Berbagai Latar dan Kisahnya

Fimela.com, Jakarta Agensi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari karier setiap artis Korea. Ya, biasanya seorang artis menjalani aktivitasnya di bawah naungan sebuah agensi yang bertanggung jawab pada manajemen kegiatan, aktivitas, hingga masalah reputasi.

Seiring berjalannya waktu dan kesuksesan yang diraih, tak sedikit artis Korea mendirikan agensinya sendiri, untuk mendukung aktivitas karier dirinya mau pun rekan lain. Menariknya, ada juga artis yang mendirikan agensi sendiri usai melalui perselisihan panjang.

Berikut ini adalah deretan para artis Korea yang berhasil mendirikan agensinya sendiri.

 

Kang Daniel

Pada Juni 2019 Kang Daniel mendirikan agensinya sendiri dengan nama Konnect Entertainment, usai keluar dari LM Entertainment dan mengakhiri kegiatannya bersama WANNA ONE.

Selain Kang Daniel, Konnect Entetrainment juga mengelola manajemen artis Chancellor dan Yuju, serta mengelola promosi CL untuk proyek ALPHA di Korea Selatan pada Agustus 2021.

Kim Jaejoong

Aktor dan musisi Kim Jaejoong mendirikan agensinya pada 4 Mei 2023 dengan nama iNKODE, di mana ia bekerjasama dengan sutradara Noh Hyun Tae yang sebelumnya bekerja di Cube Entertainment.

Mengutip laman AllKpop, di sini Jaejoong menempati posisi Chief Strategy Officer yang juga berperan dalam menemukan dan menghasilkan bakat baru.

 

PSY

PSY mendirikan agensinya dengan nama PNation di tahun 2018 saat dirinya mengakhiri kontrak dengan YG Entertainment. Selain mengurus kepentingan promosi dan kegiatan PSY, PNation juga menaungi artis populer lain seperti Jessi, HyunA, DAWN, Crush, Heize, D.Ark, Penomeco, Hwasa, juga boy group baru TNX.

Lee Byung Hun

Aktor 53 tahun ini mendirikan agensinya sendiri, BH Entertainment di tahun 2006, yang mana ia bangun dengan tujuan untuk membina dan mengelola aktor muda dan senior.

Para artis yang berada di bawah naungan BH Entertainment adalah Park Hae Soo, Kim Go Eun, Park Bo Young, Jinyoung GOT7, Go Soo, Lee Jin Wook, dan Han Hyo Joo.

So Ji Sub

Bintang serial Doctor Lawyer ini mendirikan agensinya sendiri dengan nama 51K Entertainment di tahun 2011. Awalnya agensi ini didirikan hanya untuk mengelola aktivitas satu orang, namun seiring berjalannya waktu kini 51K menjadi rumah untuk So Ji Sub, Ok Taecyeon, Lee Seung Woo dan Cha Hak Yeon.

Hyun Bin

Suami Son Ye Jin ini mendirikan agensinya sendiri yaitu VAST Entertainment di tahun 2016, dan menaungi artis seperti Kim Yun Jee, Shin Do Hyun, dan Lee Jae Wook. Mengutip laman Soompi, selain bertanggung hawab atas agensi, Hyun Bin juga fokus mencari calon trainee.

Lee Jong Suk

Lee Jong Suk mendirikan A-MAN Project bersama YNK Entertainment di tahun 2018, pasca dirinya memutus kontrak dengan YG Entertainment. Kini seluruh kegiatan domestik Lee Jong Suk pun diatur oleh A-MAN Project.

Cha Tae Hyun

Di taun 2012 Cha Tae Hyun bersama managernya mendirikan agensi Blossom Entertainment. Eksis hingga saat ini, Blossom Entertainment juga menaungi artis populer Korea seperti Song Joong Ki, Park Bo Gum, Lim Ju Hwan, dan Go Chan Suk.

Donghae dan Eunhyuk Super Junior

Dua member Super Junior ini mendirikan agensi mereka sendiri pada 1 September 2023 dengan nama ODE Entertainment, usai kontrak keduanya dengan SM Entertainment berakhir di 31 Agustus lalu.

Seluruh aktivitas Donghae dan Eunhyuk pun akan dikelola oleh ODE Entertainment, meski begitu mereka akan tetap menjalin hubungan dengan SM Entertainment dan mengikuti setiap kegiatan Super Junior.

Bae Yong Joon

Aktor senior Bae Yong Joon adalah sosok dibalik berdirinya agensi populer KeyEast Entertainment yang didirikan tahun 1996.

Kemudian di tahun 2018 KeyEast Entertainment diakuisisi SM Entertainment dan menjadi rumah untuk artis populer seperti Ji Soo, Moon Ga Young, Kim Dong Wook, Woo Do Hwan, juga Hwang In Yeop.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading