Sukses

Entertainment

11 Pedangdut Berpendidikan Tinggi, tak Diduga Ada yang Cumlaude Juga Sampai Jenjang Doktoral

Fimela.com, Jakarta Jika dulu profesi penyanyi dangdut dianggap sebagai pekerjaan yang kurang dihormati, namun kini tak lagi. Karena banyak penyanyi dangdut yang ternyata juga sangat pedulu dengan pendidikan dan tak hanya melulu soal goyangan.

Tercatat, ada beberapa nama pedangdut yang memiliki pendidikan tinggi. Mereka mampu meluangkan waktunya untuk menempuh pendidikan tinggi. Tak heran ketika ada beberapa dari mereka yang bergelar sarjana.

Tak hanya itu, dari pedangdut itu juga tak diduga ada yang menyelesaikan pendidikan tingginya dengan predikat cumlaude, sampai ada yang memiliki pendidikan sampai pada jenjang S3 atau doktoral.

Berikut beberapa nama pedangdut yang tetap mementingkan pendidikannya di samping karier yang mereka bangun. Siapa saja? Mari kita simak di antaranya.

Danang DA

Mengawali bangku kuliah dari jenjang D3, Danang Pradana alias Danang DA melanjutkan program sarjana hingga pascasarjana. Danang tercatat menuntut ilmu jenjang D3 Ilmu Komunikasi IPB (Institut Pertanian Bogor).

Ia lalu meneruskan ke jenjang S1 Ilmu Komunikasi UNS (Universitas Sebelas Maret) dan kemudian S2 Ilmu Komunikasi STIKOM The London School of Public Relations.

Yeni Inka

Pedangdut cantik yang diberi gelar Ratu Ambyar, Yeni Inka juga sangat peduli dengan pendidikannya. Ia ternyata merupakan seorang yang bergelar Sarjana Hukum sejak awal tahun 2022 lalu.

Denny Caknan

Sebagai salah satu pedangdut yang kerap sukses menciptakan lagu-lagu hits, Denny Caknan juga berhasil menyandang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Soerjo Ngawi, Jawa Timur.

Nella Kharisma

Nella Kharisma berhasil lulus dan diwisuda dari Fakultas Ekonomi, Universitas Kadiri, Jawa Timur pada tahun 2018. Pedangdut cantik ini menyelesaikan pendidikannya yang telah ia jalani sejak 2014. Pelantun lagu 'Jaran Goyang' tersebut sah bergelar Sarjana Ekonomi.

Fitri Carlina

Pedangdut lainnya yang merupakan sarjana adalah Fitri Carlina. Sempat ditunda selama 10 tahun, Fitri Carlina akhirnya diwisuda bersama suami pada tahun 2016 silam. Pelantun lagu 'ABG Tua' ini bangga bisa lulus sebagai Sarjana Hukum di tahun 2017 lalu.

Ikke Nurjanah

Pedangdut senior Ikke Nurjanah juga tak mau melupakan pendidikan di antara bermacam kesibukannya. Ikke mengambil program D3 Akademi Manajemen Perusahaan Universitas Jayabaya. Ia pun menuntaskannya dengan melanjutkan ke jenjang sarjana. Ikke menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi manajemennya tahun 1998.

Kristina

Meski usia tak lagi muda, namun semangat Kristina menempuh pendidikan tak hilang. Di usianya yang ke-40, yaitu sekitar tahun 2016 lalu, pelantun lagu 'Jatuh Bangun' ini resmi menyandang gelar Sarjana Hukum dari Universitas Jayabaya.

Saipul Jamil

Pedangdut yang pernah tersandung masalah hukum, Saipul Jamil juga sempat mengenyam pendidikan tinggi. Ia berhasil menyandang gelar Sarjana Hukum dari Universitas Bung Karno pada 2013 lalu.

Roro Fitria

Roro Fitria juga memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Ia bahkan dinobatkan sebagai wisudawan cumlaude STIE YKPN Yogyakarta. Roro Fitria kemudian melanjutkan pendidikan hingga program Magister Manajemen.

Faul LIDA

Jebolan ajang LIDA, Faul Gayo atau lebih akrab disebut Faul LIDA juga memperhatikan pendidikannya. Usai tamat S1, ia pun telah lulus S2 di bidang Manajemen Hospital dari Universitas Muhammadiyah Jakarta pada November 2022 lalu. Kini dirinya tengah fokus untuk jenjang S3 nya.

Cynthia Sari

Siapa yang menyangka jika pedangdut yang sekaligus host, Cynthia Sari benar-benar peduli dengan pendidikannya. Ia yang wajahnya dikenal sebagai partner Tukul Arwana di sebuah program televisi, ternyata memiliki latar belakang pendidikan S1 jurusan manajemen dan S2 jurusan komunikasi. Chintya Sari lalu melanjutkan kuliah S3 di Universitas Padjadjaran dan mengambil jurusan psikologi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading