Sukses

Entertainment

Mengidap Kanker Ginjal Sejak 2019, Begini Kronologi dari Vidi Aldiano

Fimela.com, Jakarta Menjadi penyanyi dan penulis lagu tanah air sejak dulu hingga saat ini, karier Vidi Aldiano memang terbilang sukses. Apalagi, kini pun dirinya aktif menjadi content creator pada kanal YouTubenya. 

Di tengah kesuksesan kariernya ini, warganet sedang disuguhi berbagai informasi terkait Vidi Aldiano yang mengidap kanker ginjal (kidney cancer), terutama setelah sang artis mengunggah cerita mengenai penyakitnya tersebut di akun Instagram pribadi. 

Akan hal ini, ia baru saja diundang oleh Deddy Corbuzier pada podcastnya untuk membagikan cerita dan kronologi terkait kanker ginjal yang diidap. 

"Oke gua tuh kidney cancer stadium 3 waktu itu, 2019 dimana akhirnya gua harus diangkat ginjal kiri gua. Jadi sekarang tinggal solo karier nih ginjal kanan gua. It's done," kata Vidi Aldiano

 

Harus Rajin Check-up Karena Tipe Kanker Ganas

Setelah operasi ginjal yang dilakukannya tersebut, dilakukanlah penelitian lebih lanjut oleh dokter di Singapura mengenai tipe kanker yang diidapnya. Ternyata, kanker tersebut termasuk ganas.  

"Ternyata lumayan ganas tipenya. Jadi si dokter Singapore ini bilang kayak oh ini you have to do rutin check-up ya every six month. And then i did," jelasnya. 

2020 Terkendala Pandemi

Selanjutnya, check-up rutin yang seharusnya dilaksanakan setiap 6 bulan pun terkendala oleh pandemi. Meskipu demikian, Vidi berkata bahwa 2020 berjalan cukup aman. 

"Pandemi tuh kesusahan buat gua, harusnya gua kan bolak balik Singapura ternyata ga bisa, akhirnya gua melakukan semuanya apa yang bisa gua lakukan di Jakarta. 2020 aman, alhamdulillah," ungkap suami dari Sheila Dara tersebut.

Kanker Kembali Ditemukan di tahun 2021

Namun, kanker ginjal ditemukan kembali pada tahun 2021. Kanker tersebut ternyata bertempat di bantalan ginjalnya dengan tipe kanker yang sama. Hingga pada akhirnya, Vidi Aldiano harus melakukan Spa Day yakni istilah darinya untuk hari dimana ia pergi ke rumah sakit guna melakukan kemoterapi. 

"Jadi sebenernya udah dari 2021 gua melakukan si spa day itu sampe hari ini. Jadi 2021 ini muncul kembali, terus 2021 akhir sempet remission, 2022 awal nyebar cancernya. Jadi sekarang kondisinya sih lagi ada penyebaran, cuman apa ya gua merasa ya it's been 3 years lah ya sampe tahun ini. Gua udah mulai bisa hidup bersama gitu loh jadinya," ujar sang penyanyi. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading