Sukses

Entertainment

5 Gaya Cantik Megawati Hangestri saat di Lapangan, Atlet Voli Asal Jember yang Namanya Harum di Korea Selatan

Fimela.com, Jakarta Megawati Hangestri Pertiwi, nama yang semakin bersinar dalam dunia voli internasional, telah mengukir prestasi gemilang para pecinta olahraga di Liga Voli Putri Korea Selatan 2023/2024. Dalam sebuah video pertandingan yang viral, Megawati menunjukkan kehebatannya dengan mencetak 31 poin melalui serangan smash nya yang keras.

Hasil gemilang ini membuahkan penghargaan sebagai Most Valuable Player (MVP) saat melawan tim kuat Incheon Heungkuk Life Pink Spiders, ini merupakan pencapaian MVP keduanya dalam karirnya.

Perjalanan gemilang Megawati ini dimulai pada tahun 2021 ketika ia debut di luar negeri bersama klub Thailand Supreme Chonburi-E Tech. Pada tahun berikutnya, ia memperkuat klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa, menambah pengalaman berharga di level internasional.

Namun, kisah suksesnya tidak berhenti di sana, karena Megawati juga menjadi bagian dari klub Daejeon ChengKwanJang Red Sparks di LLiga Voli Putri Korea Selatan.

Dibalik prestasi-prestasi luar biasa ini, Megawati mengungkapkan bahwa perjalanannya penuh tantangan dan pengorbanan. Ia sering menangis dan merasakan kelelahan yang mendalam, namun tekadnya yang kuat tak pernah pudar. Megawati dengan bangga mengatakan bahwa melalui bakatnya, ia mampu mengharumkan nama Indonesia dipentas internasional. Sukses selalu Megawati!

1. Profil Megawati Hangestri Pertiwi

Pemain bernama lengkap Megawati Hangestri Pertiwi ini lahir di Jember pada 20 September 1999. Saat ini pemain yang dijuluki Megatron itu berusia 24 tahun.

Megawati merupakan pemain yang andal untuk menempati posisi outside hitter atau opposite. 

Megawati punya kelebihan dalam melepaskan smes-smes yang keras dan sehingga sulit dibendung lawan. Penampilannya yang seperti 'mesin pendulang poin' membuat Megawati mendapat julukan Megatron dari penggemar voli Tanah Air. 

2. Perjalanan Karir dan Sederet Prestasi Megawati Hangestri

Pemain berpostur 185 cm ini sudah melanglang buana di dunia voli Tanah Air. Megawati mengawali karir profesionalnya di dunia voli dengan bergabung bersama Jakarta Pertamina Energi pada 2015-2016.

Kemudian pada 2017 Megawati mendapat panggilan kali pertama untuk memperkuat Timnas Voli Putri Indonesia di SEA Games 2017. 

Di level klub, Megawati juga sempat memperkuat Jakarta PGN Popsivo Polwan (2018), Jakarta BNI 46 (2020), Supreme Chinburi (2021), Jakarta Pertamina Fastron (2022), Ha Phu Thanh Hoa (2022), dan saat ini bersama Red Sparks di Korea Selatan. 

Berbagai prestasi individu juga banyak diraih oleh Megawati diantaranya penghargaan Best Server ASEAN Grand Prix 2019, Best Scorer Asian Qualification Summer Olympics, Best Server Proliga, Best Opposite Spiker ASEAN Grand Prix 2022, Best Opposite Spiker Asian Challenge Cup 2023.

Prestasi Megawati sejauh ini telah membawanya meraih berbagai penghargaan, termasuk gelar Opposite ASEAN Grand Prix 2022, MVP Livoli Divisi Utama 2022, serta Medali Perunggu di SEA Games 2023.

Puncaknya adalah penghargaan MVP terbaru sebanyak 2 kali yang ia raih di Liga Voli Putri Korea Selatan.

3. Pemain ASEAN

Opposite hitter Klub Jung Kwan Jang Red Sparks. Megawati Hangestri Pertiwi tercatat sebagai pemain ASEAN paling bersinar di Liga Voli Putri Korea Selatan sejauh ini.

Pada Liga Voli Putri Korea Selatan musim 2023/2024, terdapat enam pemain asal Asia Tenggara: tiga dari Thailand (Pornpun Guedpard, Wipawee Srithong, dan Thanacha Sooksod), dua dari Filipina (Iris Tolenada dan Mar Jana Phillips) dan satu dari Indonesia. Megawati Hangestri yang jadi satu-satunya pemain Indonesia di Liga Korea menunjukkan performa gemilang dalam empat pertandingan pada ronde pertama musim ini. 

Dalam empat laga, Megawati, mengemas 95 poin. Megawati pun tercatat sebagai mesin poin bagi Red Sparks. Rinciannya 86 poin dari attack, 6 blok, dan 3 service ace. Pada 'top skor' di Liga Korea, Megawati menempati peringkat keenam dalam klasemen pencetak poin.

Meski di urutan keenam, pemain 24 tahun itu merupakan pemain asal ASEAN dengan peringkat tertinggi. Sementara lima nama di atas Megawati diisi pemain-pemain asal benua Amerika, Afrika, juga Eropa. Puncak klasemen top poin Liga Voli Putri Korea diisi Brittany Abercrombie opposite hitter IBK Altos asal Puerto Rico. 

Dikutip dari situs resmi Asosiasi Bola Voli Korea (KOVO), pemain ASEAN yang berada di bawah Megawati adalah outside hitter Hyundai Hillstate Wipawee Srithong dengan torehan 51 poin yang menghuni peringkat ke-13 top point.

Lalu ada middle blocker Gwangju AI Pepper Savings Mar Jana Phillips yang mengemas 47 poin. Meski berposisi sebagai middle blocker, Phillips banyak mencetak angka dari serangan, 33, sedangkan dari aspek blok menyumbang 14 poin

4. Curi Perhatian Netizen Korea

Tergabung dirinya dalam Liga Voli Putri Korea Selatan, Daejeon ChengKwanJang Red Sparks menjadi sorotan warga negara gingseng. Pemain wanita berhijab ini menjadi senjata emas bagi tim Red Sparks dengan keahlian dan performa yang selalu ia keluarkan dan buktikan saat pertandingan.

Berkat pertandingan pada tanggal 17 Oktober 2023 melawan tim Hwangseong IBK Altos, walaupun timnya kalah ia tetap menjadi MVP dengan skor sebanyak 21 poin. 

Bahkan sampai ada kompilasi dirinya yang mencetak poin tersebut, ditambah dengan permainannya yang sangat membara dan bersemangat tanpa menghilangkan senyum di wajahnya. 

Menjadi idola atlet voli di Korea Selatan, Megawati mengikuti wawancara oleh tim Red Sparks mengenai pengalamannya selama latihan dengan teman-teman tim lainnya. "Latihannya sangat keras hingga saya menangis. Meski begitu, saya sangat senang bahwa kami dapat memenuhi harapan pelatih yang meminta kami untuk memainkan pertandingan yang menarik dan memenangkan pertandingan pembuka.

"Saya akan terus bekerja keras untuk menunjukkan kemampuan saya yang baik dan memberikan kegembiraan kepada penggemar saya," ujarnya. 

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, Megawati terus berproses dan bekerja keras untuk mengharumkan nama Indonesia, serta ia bertekad untuk membuat tim Daejeon ChengKwanJang Red Sparks menang di pertandingan selanjutnya.

5. Panggilan Menarik Megatron

Bersama Red Spark ternyata memberi dampak besar bagi laga perdananya. Mega berhasil membawa kemenangan bagi timnya, dengan skor 3-0 (25-15, 25-15, 25-23). Megawati jadi sorotan sebab dia menjadi pemain voli asing berhijab pertama di Korea Selatan. Sempat diremehkan, pemain berposisi opposite hitter ini mampu menjadi MVP pada laga ini.

Usai pertandingan, dia pun memberikan pernyataan sebagai MVP. "Pada hari ini diberi kemenangan dan keselamatan sampai akhir pertandingan," kata Mega. Megawati bersyukur debutnya memetik kemenangan. Apalagi ini kali pertama kali dia bermain di hadapan masyarakat Korea Selatan

"Sangat ramai, ini pertama kali aku bermain di Liga Korea,” ujarnya senang. Mega mengaku takjub dengan antusias penonton yang sangat besar di Korea. Megawati pun mendapatkan pujian dengan adaptasinya yang cepat bersama tim. 

Dia pun mengungkapkan rahasianya. "Mungkin karena aku suka ngobrol jadi bisa beradaptasi cepat," ungkapnya. Di Korea Megawati mendapatkan panggilan baru dengan sebutan Indonesia Spike. “Itu panggilan baru, tapi saya paling suka dengan julukan Megatron," tegas Mega. *

Question and Answer

1. Berapa tinggi rata-rata pemain volli?

Tinggi rata-rata pemain voli bervariasi tergantung pada level dan jenis permainan. Namun, pemain voli profesional atau yang berkompetisi di tingkat tinggi umumnya memiliki tinggi badan di atas rata-rata.

Secara umum, pemain voli pria cenderung memiliki tinggi rata-rata antara 190 hingga 200 cm, sementara pemain voli wanita biasanya memiliki tinggi rata-rata antara 175 hingga 185 cm. 

Namun, ini hanya merupakan perkiraan umum, dan ada banyak variasi dalam tinggi pemain voli. Terkadang, kemampuan teknis, kecepatan, dan strategi dalam permainan juga sangat penting, bahkan jika seseorang tidak memiliki tinggi yang sangat tinggi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading