Sukses

Entertainment

Zaskia Temani Anak di Acara Fashion Show di Sekolah, Tampil Cantik dengan Pakaian Adat Suku Bugis

Fimela.com, Jakarta Salah satu penyanyi dangdut Indonesia, Zaskia Gotik, terlihat mendampingi anaknya dalam acara fashion show di sekolah pada Kamis (16/11/2023). Dengan mengenakan pakaian baju Bodo, Zaskia turut membagikan momen bahagia bersama anaknya di akun Instagram pribadinya, disertai dengan caption yang menyatakan rasa syukur atas kesempatan bisa mendampingi anaknya.

“MasyaAllah impian jadi nyata. Alhamdulillah bisa menemani anak dalam fashion show pertamanya di sekolah. Semoga anakku menjadi anak yang sholeha, semakin pintar, dan selalu sehat. Aamiin ❤️❤️❤️,” tulis Zaskia pada akun Instagramnya pada Kamis (16/11/2023).

Bila kita membahas mengenai baju Bodo, pakaian tersebut merupakan busana adat dari suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Baju Bodo dianggap sebagai salah satu pakaian adat yang pertama kali dikenal oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai momen Zaskia Gotik bersama anaknya, mari kita simak informasinya secara lengkap.  

Zaskia Gotik dan Arsila Kompak Menggunakan Baju Adat Bodo

Jika dilihat dari unggahan di Instagramnya, Zaskia Gotik dan anaknya terlihat serasi mengenakan pakaian adat suku Bugis, yaitu Baju Bodo. Baju Bodo juga dikenal dengan nama Bodo Gesung. Istilah Bodo Gesung merujuk pada pakaian yang memiliki lengan pendek dan mengembang, terutama pada bagian punggung yang menggelembung.

Secara etimologis, Baju Bodo dalam bahasa Makassar memiliki arti "pendek," sesuai dengan ciri khas lengan bajunya yang singkat dan bentuk keseluruhannya yang berupa segi empat.  

Warna Baju Bodo

Baju Bodo memiliki warna yang berbeda-beda. Warna tersebut menjadi aturan penggunaan karena menandakan tingkatan usia bagi yang mengenakan pakaian adat ini. Adapun warna-warna tersebut di antaranya adalah : 

  • Warna jingga yang dipakai oleh perempuan berumur kurang dari sepuluh tahun
  • Jingga dan merah darah, yang dipakai oleh perempuan yang berusia 10-14 tahun
  • Merah darah, warna ini dipakai untuk perempuan yang berusia 17-25 tahun
  • Putih, warna ini khusus dipakai untuk para inang dan dukun
  • Hijau, baju bodo warna ini dipakai oleh puteri bangsawan
  • Ungu, yang dipakai oleh para janda.

Menemani Anak Fashion Show Merupakan Salah Satu Impian Zaskia Gotik

Salah satu impian pedangdut Zaskia Gotik menjadi nyata. Tak muluk-muluk, impian Zaskia ternyata adalah menemani sang putri melakukan fashion show. Hal ini dituliskan Zaskia pada unggahan di Instagramnya bersama sang buah hatinya.

Zaskia Gotik Memberi Semangat Anaknya saat Naik ke Panggung

Dalam video yang dibagikan pada akun Instagram pribadinya, tampak memperlihatkan anaknya yang sedikit gugup pada saat menaiki panggung. Dalam video tersebut juga menampilkan sikap Zaskia Gotik yang memberi support dan semangat kepada anaknya yang terlihat gugup.

Cantik Berhijab, Zaskia Gotik Mirip Inara Rusli

Selain mengomentari momen bahagia Zaskia bersama anaknya, netizen malah dibuat salah fokus. Banyak yang menyebut paras cantik Zaskia saat berhijab terlihat mirip seperti mantan istri Virgoun, Inara Rusli.

"Kaget kirain inara ruslan [sic!]," ungkap akun @shinta***yawt. "Mirip Inara rusly [sic!]," timpal akun @anisat***sari. "Kirain tadi inara 🥹🥺🥺," balas akun @mer***sofni. "Masya allah,,makin cakep kak pakai hijab❤️ [sic!]," sanjung akun @ida_i***afitri.

Baju Bodo Merupakan Baju Adat Mana?

Baju Bodo merupakan pakaian adat dari suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Baju Bodo dianggap sebagai salah satu pakaian adat Sulawesi Selatan yang paling pertama dikenal masyarakatnya.

Siapa Nama Anak Zaskia Gotik?

Zaskia Gotik dikaruniai anak pertama setelah dirinya resmi dipersunting oleh Sirajuddin Muhammad Sabang pada bulan April 2020. Putri pertama Zaskia bernama Arsila yang lahir pada 7 November 2020.

Berapa Jumlah Anak Zaskia Gotik?

Zaskia Gotik telah dikaruniai dua anak dari pernikahannya dengan pengusaha bernama Sirajuddin Mahmud Sabang. Di mana anak pertamanya lahir pada 7 November 2020. Di usianya yang masih 1 tahun, Arsila Bungalia Sirkani sudah menjadi kakak untuk adiknya yang baru saja dilahirkan pada 26 September 2022.

Apa Makna dari Baju Bodo?

Konsep warna 'baju bodo' memiliki makna dalam masyarakat Bugis hijau hanya untuk putri bangsawan; warna merah lombok atau merah darah untuk gadis remaja; warna merah tua untuk orang yang sudah kawin; warna ungu untuk janda; warna hitam untuk wanita yang sudah tua; warna putih untuk inang pengasuh.

Apa Saja Fungsi Baju Bodo?

Pakaian adat Bodo kerap dipakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan. Tetapi kini, baju bodo mulai direvitalisasi melalui acara lainya seperti lomba menari atau menyambut tamu agung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading