Sukses

Entertainment

7 Rekomendasi Manga Shojo Terbaik 2023 dengan Cerita Seru yang Bikin Baper

Fimela.com, Jakarta Hiburan yang banyak diminati saat waktu senggang adalah membaca komik. Di Indonesia, terutama komik Jepang, berhasil mencuri perhatian para penggemar. Salah satu genre yang sangat diminati dalam dunia manga adalah shojo, yang secara khusus diarahkan untuk wanita muda.

Shojo mempunyai daya tariknya sendiri, terutama di kalangan gadis berusia 10-18 tahun. Manga shojo menggambarkan berbagai sisi kehidupan remaja perempuan beserta segala tantangannya. Dengan alamiah, manga ini mengeksplorasi tema-tema yang relevan dengan kehidupan remaja, seperti kisah cinta, persahabatan, dan pencarian jati diri.

Dengan fokus pada sudut pandang perempuan, manga shojo mengajak pembaca untuk merasakan perjalanan emosional yang mendalam. Selain itu, pembaca dapat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kompleksitas perasaan dan hubungan sosial di masa remaja.

Berikut adalah rekomendasi manga shojo terbaik tahun 2023 yang telah dihimpun dari berbagai sumber, pada Rabu (20/12/2023).

Yona, The Girl Standing in The Blush of Dawn

Pertama, terdapat rekomendasi manga shojo yang berjudul 'Yona, The Girl Standing in The Blush of Dawn.' Tema yang diterapkan oleh manga ini cukup unik, menyatukan cerita cinta dengan petualangan serta intrik politik di dalam kerajaan.

Manga ini mengceritakan kisah Yona, putri tunggal di Kerajaan Koka. Cinta yang dimilikinya terhadap sepupunya, Suwon. Namun, ketika Yona mencapai usia 16 tahun, ia kehilangan segalanya, mulai dari ayahnya, Suwon, hingga takhta kerajaan.

Setelah peristiwa itu, Yona memutuskan untuk meninggalkan istana dan memulai kehidupan baru yang sangat berbeda. Meskipun begitu, keberanian yang teguh tumbuh di dalam dirinya, dan Yona bertekad untuk merebut kembali segalanya.

Kimi Ni Todoke: From Me To You

Kemudian, manga shojo yang kedua ialah 'Kimi Ni Todoke: From Me to You.' Cerita ini menceritakan perjalanan hidup Sawako Kuronuma, seorang gadis pemalu dan baik hati. Sayangnya, penampilannya yang menyeramkan membuatnya disebut sebagai 'Sadako.'

Sawako juga dicap memiliki kemampuan melihat hantu dan mengutuk orang-orang melalui desas-desus. Namun, segala perubahan dimulai saat Kazehaya, yang menjadi sosok idola, tanpa ragu memutuskan untuk bersahabat dengannya. Melalui pertemanan tersebut, benih-benih cinta mulai tumbuh di antara Sawako dan Kazehaya.

Tsubaki-chou Lonely Planet

Selanjutnya, manga shojo yang mesti dibaca adalah 'Tsubaki-chou Lonely Planet,' yang memaparkan kisah cinta. Fumi Ohno, seorang siswi SMA, bekerja sebagai pembantu rumah tangga di sebuah tempat tinggal.

Tidak tanpa alasan, Fumi menjalankan pekerjaan tersebut dengan maksud membantu melunasi utang ayahnya. Dalam pikiran Fumi, ia awalnya mengira akan bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk seorang penulis novel tua.

Namun, prakiraan Fumi meleset. Fumi tinggal di rumah seorang penulis novel muda bernama Akatsuki. Sang majikan Fumi, Akatsuki, memiliki karakter yang kurang baik dan menjengkelkan. Waktu terus berjalan hingga akhirnya mereka dapat beradaptasi dan saling memahami satu sama lain.

Smile at The Runway

Kemudian, ada manga shojo yang berjudul 'Smile at The Runway.' Cerita ini mengusung tema tentang perjuangan meraih impian. Kisah dua remaja, Chiyuki Fujito dan Ikuto Tsumura, yang memiliki impian masing-masing namun dihambat oleh keadaan.

Chiyuki bermimpi menjadi model, tetapi tinggi badannya tidak mencukupi untuk memenuhi standar. Di sisi lain, Ikuto memiliki bakat dalam menjahit dan bercita-cita menjadi seorang perancang busana. Namun, impian tersebut terhalang oleh kondisi keuangan keluarganya yang kurang mampu.

The King's Beast

Rekomendasi manga shojo berikutnya ialah 'King's Beast.' Manga ini penuh dengan aksi dan dihiasi dengan suasana fantasi. Kisahnya menceritakan tentang Ajin, makhluk langka yang setengah manusia dan setengah binatang. Ajin sepenuhnya dikendalikan oleh manusia dan sering kali menerima perlakuan kasar.

Selanjutnya, seorang Ajin perempuan bernama Rangetsu menyusup ke dalam istana Pangeran Tenyo, yang merupakan pangeran keempat. Rangetsu menyamar sebagai seorang lelaki dan menjadi hewan peliharaan bagi sang pangeran.

Rangetsu memiliki misi untuk membalas dendam atas kematian adik laki-lakinya dengan membunuh pangeran tersebut. Namun, ia terkejut dengan fakta mengejutkan tentang sang adik yang melebihi ekspektasinya.

Horimiya

Selanjutnya, manga shojo berjudul 'Horimiya' dengan mengangkat cerita persahabatan yang tumbuh menjadi cinta. Horimiya menampilkan tema yang terlihat berbeda, menceritakan kisah siswa dan siswi dengan kepribadian kontras di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Hori, siswi yang terkenal di sekolah, memiliki perbedaan dengan Miyamura yang cenderung menjadi sosok yang lebih tertutup saat berada di lingkungan sekolah. Namun, keduanya menyimpan identitas asli mereka dengan baik.

Hubungan persahabatan antara Hori dan Miyamura dimulai setelah mereka bertemu secara tidak sengaja di luar sekolah. Seiring berjalannya waktu, kisah persahabatan tersebut berkembang menjadi kisah cinta yang menarik untuk diikuti.

Kaguya-sama, Love is War

Manga ini mengisahkan kehidupan Kaguya Shinomiya dan Miyuki Shirogane, yang menduduki posisi ketua dan wakil ketua OSIS di sebuah sekolah bergengsi. Meskipun dianggap sebagai pasangan yang cocok, sebenarnya mereka saling menyimpan perasaan.

Dalam kisah ini, digambarkan usaha lucu mereka untuk menyangkal perasaan tersebut. Kaguya dan Miyuki berusaha memancing satu sama lain agar salah satu dari mereka mengungkapkan perasaan terlebih dahulu. Kegagalan terjadi jika Kaguya atau Miyuki berbicara terus terang mengenai perasaan cinta mereka.

Manga shojo ini menyajikan hiburan yang mengundang tawa. Dengan alur cerita dan karakter-karakter yang berwarna, manga ini menggambarkan dinamika hubungan di lingkungan sekolah dengan sentuhan humor yang segar.

Manga Apa yang Seru?

Begitu banyak judul manga yang menawarkan cerita seru, unik, dan menarik. Beberapa di antaranya adalah Blue Lock, Berserk, Death Note, Dr. Stone, dan Watakoi: Love is Hard for Otaku.

Apa itu Manga Romcom?

Manga Romcom adalah singkatan dari manga bergenre romance-comedy. Manga genre ini memfokuskan cerita pada hubungan romantis sang karakter utama. Selain itu, alur ceritanya dipenuhi kejutan dan berkaitan dengan kehidupan seseorang.

Genre Komik Ada Apa Saja?

Genre komik Jepang atau manga Jepang ada lima jenis. Pertama, manga kodomo yakni genre khusus untuk anak-anak dengan animasi lucu dan ceria. Kedua, manga shoujo dengan genre yang diperuntukkan kepada remaja perempuan.

Ketiga, manga josei, merujuk pada kelompok perempuan usia dewasa. Keempat, manga shounen, yang dibuat untuk remaja laki-laki. Kelima, manga seninen, yaitu genre untuk laki-laki usia dewasa.

4 Koma Genre Apa?

4-koma berarti manga empat panel atau yonkoma manga. Manga ini memiliki format strip komik dalam empat panel berukuran sama dari atas ke bawah. Yonkoma manga terdiri dari kartun gag. 

Jenis Komik Apa Saja yang Populer di Kalangan Masyarakat?

Komik buku merupakan jenis komik yang paling banyak ditemui. Komik buku merupakan komik yang menampilkan cerita secara utuh dalam satu buku.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading