Sukses

Entertainment

Angga Yunanda Ajak Warganet #SalingJaga di Lingkungan Digital dengan 3 Langkah Mudah Ini, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Dunia digital memang berkembang pesat. Bahkan, media sosial sekarang ini banyak diandalkan sebagai arus penyebar informasi paling cepat. Apa yang lagi trending di media sosial seolah menggambarkan kondisi yang memang benar-benar terjadi. 

Sayangnya, hal ini juga menimbulkan banyaknya misinformasi yang sering berseliweran, bahkan menimbulkan kekisruhan di lingkungan digital. Padahal, kenyataannya belum tentu seperti itu. Fenomena inilah yang mendorong Angga Yunanda terlibat secara aktif untuk meningkatkan kesadaran warganet agar tetap #SalingJaga di lingkungan digital agar tetap aman dan nyaman, terlebih menjelang pesta demokrasi tanah air di tahun 2024 mendatang. 

Keterlibatan Angga Yunanda ini sendiri adalah bagian dari gerakan bersama TikTok yang kembali melanjutkan inisiatif proaktif di bawah tema #SalingJaga untuk melindungi integritas pemilu dan melawan misinformasi. Lewat gerakan tersebut, TikTok meluncurkan video panduan kreatif yang berperan untuk mengedukasi pengguna dan masyarakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital. 

Mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan jadi bagian aktif dari pesta demokrasi 2024 sih boleh-boleh aja. Tapi, jangan sampai menyebarkan hoax yang memicu keributan demi terjaganya lingkungan digital tetap nyaman, ya! 

Nggak Cuma Angga Yunanda, Ada Juga Public Figure Lainnya!

Angga Yunanda percaya kalau sebagai warganet yang aktif, #SalingJaga dari bahaya misinformasi itu sangat penting.

"Sebagai warga digital, kita semua harus terus #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan secara proaktif melaporkan konten yang berpotensi mengandung misinformasi, terlebih jika konten tersebut bersifat menyesatkan. Kita pun juga perlu mengingatkan satu sama lain agar terus membagikan konten-konten positif agar kita semua tetap aman dan nyaman beraktivitas di platform digital."

Tidak hanya Angga yang aktif untuk mengingatkan warganet, TikTok juga menggandeng sederet figur publik dan kreator konten lainnya demi menyebarluaskan pesan positif tersebut. Sebut saja Merry Riana, Sania Leonardo, dan Dims The Meat Guy yang ikut memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital. 

Ajakan para figur publik ini hadir dalam format video edukasi yang kreatif untuk mengingatkan komunitas dan masyarakat luas agar lebih hati-hati dalam menciptakan, mengonsumsi, dan membagikan konten di berbagai platform digital dan media sosial. Dengan konsep video singkat dan menghibur, TikTok berharap pesan positif yang ingin mereka sampaikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat pengguna platform digital. 

Merry Riana juga menekankan pentingnya bersikap lebih bijak dengan konten yang ada. "Kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya. Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Kita semua harus terus melaksanakan peran kita untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya," jelasnya. 

3 Langkah Mudah #SalingJaga yang Bisa Kamu Coba

Angga Yunanda dan rekan figur publik lainnya membagikan 3 cara mudah yang bisa dilakukan buat #SalingJaga lingkungan digital dari misinformasi. 

Kita bisa menerapkan metode: Stop, Pikir Dulu, dan Cari Tahu Fakta Yang Pasti sebelum memercayai dan membagikan sebuah berita atau informasi.  Selain itu, mereka juga mengajak para warganet untuk selalu membagikan informasi YTTA (Yang True True Aja), serta menyebarkan terus konten yang sifatnya positif dan inspiratif. 

Selain itu, diharapkan juga pengguna platform digital bisa lebih bijak dalam membagikan informasi baik itu di platform digital atau media sosial, lebih bijak memberikan komentar dan interaksi terhadap konten yang tersebar di media sosial, serta lebih bijak lagi dalam menyebarkan konten yang mendorong orang lain agar bersikap positif.

Upaya TikTok dalam #SalingJaga Lingkungan Digital

TikTok sebagai platform digital terus berupaya menjaga lingkungan digital yang tetap aman dan nyaman untuk semua. Jadi, penting untuk semua warganet terus melawan misinformasi. TikTok sendiri percaya bahwa penyediaan informasi dan sumber daya yang akurat sangat penting untuk memerangi misinformasi. Hal inilah yang kemudian membuat mereka bekerja sama dengan mitra keamanan dan para ahli di bidangnya agar bisa #SalingJaga informasi yang kredibel dalam aplikasi. 

Selain itu, platform ini juga terus berusaha agar konten yang disajikan tidak melanggar Panduan Komunitas. Jadi, konten yang mengandung misinformasi akan dihapus secara proaktif. TikTok juga selalu menjaga keamanan dan kenyamanan komunitas dengan menyediakan serangkaian fitur, alat dan kebijakan untuk memberikan kendali lebih kepada pengguna. 

Supaya pengguna tetap nyaman dan aman dengan konten yang disajikan untuk mereka, kamu bisa menikmati fitur keamanan seperti penyaringan konten lewat tagar dan kata kunci, tombol pelaporan, dan penyegaran laman For You/Untuk Anda sesuai preferensi masing-masing.

Segala bentuk upaya yang kamu lakukan dalam #SalingJaga merupakan gambaran dari 'the Power of You', bahwa yang memegang kendali penyebaran informasi adalah kamu sendiri. Jangan lupa kalau yang pegang kendali penyebaran konten adalah kamu sendiri. Jadi, setiap orang punya andil dalam menyebarkan informasi dan keamanan lingkungan digital agar tetap nyaman. Yuk, saatnya #SalingJaga! Jangan lupa untuk join HTC dan cobain filter dengan cari #SalingJaga di Tiktok. Temukan informasi lebih lengkap tentang kampanye ini dengan klik di sini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading