Sukses

Entertainment

Profil Mendiang Mbah Maimun Zubair, sang Kiai yang Terkenal Karena Kewaliannya

Fimela.com, Jakarta Maimun Zubair, yang dikenal dengan Mbah Moen, merupakan seorang kiai, ulama, dan figur politik Indonesia. Sebelum wafat, beliau dikenal sebagai pengurus Pondok Pesantren Al Anwar di Sarang, Kabupaten Lembang, Jawa Tengah.

Sebagai seorang tokoh politik, Mbah Moen menjabat sebagai Ketua Majelis Syuriah Partai Persatuan Pembangunan hingga saat-saat terakhir sebelum meninggal pada 6 Agustus 2019. Dalam kurun waktu tujuh tahun, almarhum Mbah Moen juga aktif sebagai anggota DPRD Kabupaten Rembang.

Setelah menunaikan tanggung jawab politiknya, perhatiannya beralih sepenuhnya pada manajemen pondok pesantren yang dipimpinnya.

Seperti apa sosok Mbah Moen sang Kiai kondang yang juga seorang politisi semasa hidupnya? Simak profil dan fakta menarik nya berikut ini, yang telah dirangkum pada Selasa (23/01/2024).

Tempat Tanggal Lahir Mbah Maimun Zubair

Maimun Zubair lahir pada 28 Oktober 1928 di Karang Mangu, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Sejak usia belia, Mbah Moen mendapatkan pembelajaran tentang ilmu agama secara langsung dari sang ayah. Pelajaran mencakup hafalan Shorof, Na'u, Fiqih, Mantiq, Balaghah, dan berbagai disiplin ilmu keislaman lainnya.

Riwayat Pendidikan

Pada tahun 1945, Mbah Moen mengejar ilmu di Pondok Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, di bawah bimbingan KH Abdul Karim atau Mbah Manaf. Pengajaran juga diterima dari KH Mahrus Ali dan KH Marzuqi.

Kemudian, tahun 1950, Mbah Moen melakukan perjalanan ke Mekah bersama kakeknya, Ahmad bin Shuaib, dan mengikuti pembelajaran selama dua tahun dengan bimbingan ulama seperti Sayyid Alawi al-Maliki dan Syekh al-Imam Hasan al-Masysyath.

Pendiri Ponpes Al-Anwar

Pada sekitar tahun 1965, Mbah Moen kembali ke Sarang dan mendirikan Pondok Pesantren Al-Anwar, Pondok Pesantren tersebut diterima dengan sangat baik oleh masyarakat setempat.

Karir Politik Mbah Moen

Pada sekitar tahun 1965, Mbah Moen kembali ke Sarang dan mendirikan Pondok Pesantren Al-Anwar, yang disambut dengan penuh antusiasme oleh warga sekitar.

Wafat Saat Ibadah Haji

Maimun Zubair, yang akrab dipanggil Mbah Moen, mengembuskan nafas terakhirnya pada 6 Agustus 2019 saat sedang menjalankan ibadah haji di Mekkah.

Kabarnya, sebelum meninggal, Mbah Moen sudah merasakan bahwa saatnya untuk meninggalkan dunia ini akan segera tiba. Beliau bercerita kepada Sodikun, seorang jemaah haji dari Tegalrejo, bahwa rencananya adalah untuk menetap di Mekkah hingga tanggal 5.

Apakah Mbah Maimun Keturunan Nabi Muhammad?

Dilansir dari sumber lain, Mbah Moen ternyata merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW yang ke-37.

Mbah Maimun Meninggal di Usia Berapa?

Kyai Haji Maimun Zubair wafat di usia 90 tahun.

Dari Mana Asal Mbah Moen?

Diketahui Mbah Moen lahir di Karang Mangu Sarang pada Kamis Legi bulan Sya'ban tahun 1347 H atau 1348H atau 28 Oktober 1928.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading