Sukses

Entertainment

Profil, Agama dan Foto-foto Erick Thohir, Seorang Menteri dan Pengusaha yang Punya Saham di Klub Sepak Bola Inggris

Fimela.com, Jakarta Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., M.B.A., lahir pada 30 Mei 1970, menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang dipilih secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ia juga merupakan salah satu pendiri Mahaka Group, perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran. Selain itu, Erick Thohir memiliki kepemilikan saham di beberapa klub, termasuk sepak bola dan bola basket.

Sebelum menjabat sebagai Menteri BUMN, Presiden Joko Widodo menugaskan Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Asian Games pada tahun 2018. Pelaksanaan acara tersebut sukses besar, mencuri perhatian dunia, dan berhasil menjual 40 ribu tiket dalam waktu singkat, yaitu hanya 24 menit.

Berikut profil Erick Thohir dirangkum Jumat (26/01/2024).

Profil Erick Thohir

Nama Lengkap: Dr. (H.C.) H. Erick Thohir, B.A., M.B.A.

Tanggal Lahir: 30 Mei 1970

Agama: Islam

Jabatan: Menteri BUMN, Ketua Umum PSSI, dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia

Instagram: @erickthohir

Nama Istri: Elizabeth Tjandra

Nama Anak: Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir

Pendidikan Erick Thohir

Erick Thohir menempuh pendidikan dalam Bachelor of Arts di Glendale Community College. Pada tahun 1993, ia meraih gelar Master of Business Administration dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Selanjutnya, Erick Thohir melanjutkan studi doktoral dan berhasil meraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang Manajemen Strategi dari Universitas Brawijaya pada tahun 2023.

Perusahaan Erick Thohir

Erick Thohir dan sejumlah rekan kuliahnya mendirikan PT Mahaka Media Tbk (Perseroan) di Jakarta dengan nama PT Abdi Bangsa pada 28 November 1992. Mahaka Group kemudian memulai pendirian Republika, yang merupakan surat kabar komunitas Muslim pertama di Indonesia. Perluasan bisnis Mahaka Group dilakukan dengan peluncuran Jak TV, Radio 98.7 Gen FM, dan Radio 101 Jak FM. Selain itu, Erick Thohir juga memiliki perusahaan bernama PT. Kalyanamitra Adhara Mahardika, yang lebih dikenal sebagai Alive Indonesia, yang fokus pada jasa konsultansi creative agency, brand activation, dan penyedia jasa event organizer (EO). Pada tahun 2008, bersama Anindya Bakrie, Erick Thohir mendirikan TVOne dan situs berita Vivanews.

Menjadi Seorang Menteri

Pada tahun 2018, Erick Thohir ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Panitia Asian Games. Kesuksesan acara tersebut terbukti dengan penjualan tiket mencapai 40 ribu dalam waktu singkat, yaitu hanya 24 menit. Setelah itu, Presiden Joko Widodo kembali menugaskan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional. Erick Thohir berhasil menyelesaikan tugas tersebut dengan baik, membantu Joko Widodo memenangkan pemilihan Presiden Republik Indonesia untuk dua periode. Keberhasilan tersebut membawa Erick Thohir ke posisinya saat ini sebagai Menteri BUMN.

Selain itu, Erick Thohir juga dilantik sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bersama Teten Masduki, Muhammad Lutfi, dan Bahlil Lahadalia untuk periode 2021-2023.

Klub Bola Erick Thohir

Erick Thohir, selain sebagai pendiri, juga merupakan pemilik Klub Basket Satria Muda. Ia pernah melakukan akuisisi terhadap klub sepak bola Italia, Inter Milan, dan menjadi pemilik Klub Sepak Bola dari Amerika Serikat, D.C. United. Pada masa sebelumnya, Erick Thohir menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama di Persib Bandung dan Manajer Persija Jakarta. Saat ini, bersama Anindya Bakrie, ia memiliki mayoritas saham di Klub Sepak Bola Inggris yang bernama Oxford United. Sejak tahun 2021, Erick Thohir juga memegang saham di Persis Surakarta.

Profil Erick Thohir Suku Apa?

Erick adalah putra dari Teddy Thohir, seorang pengusaha yang turut berkontribusi dalam pengembangan Astra International. Ayahnya memiliki keturunan Lampung, sementara ibunya memiliki keturunan Tionghoa dan Sunda. Garibaldi Thohir, yang akrab disapa Boy Thohir, adalah saudara kandung Erick dan memiliki profesi sebagai bankir investasi.  

Berapa Jumlah Kekayaan Erick Thohir?

Berdasarkan data LHKPN 2021, kekayaan Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI tersebut mencapai Rp 2,3 triliun.

Erick Thohir Pemilik Perusahaan Apa?

Erick Thohir bersama teman kuliah mendirikan Mahaka Group. PT Mahaka Media Tbk (Perseroan) didirikan di Jakarta dengan nama PT Abdi Bangsa pada 28 November 1992. Kemudian, pada 4 Januari 1993, Mahaka Group mendirikan Republika, yang menjadi surat kabar pertama untuk komunitas Muslim di Indonesia.

Apa Erick Thohir Keturunan Cina?

Ibunda Erick Thohir memiliki keturunan Tionghoa-Sunda.

Siapa Nama Istri Erick Thohir?

Secara resmi, Erick Thohir dan Elizabeth Tjandra menikah pada tahun 1998. Pernikahan ini diberkahi dengan kehadiran empat orang anak, yaitu Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading