Sukses

Entertainment

Prisia Nasution Debut Sutradara di Film Melukis Luka, Hadirkan Trauma Pasca Tragedi 1998

Fimela.com, Jakarta Prisia Nasution memulai debut penyutradaraannya melalui film panjang bergenre drama, berjudul Melukis Luka. Dibintangi oleh Bio One dan Rachel Amanda ini telah tayang di festival film Jakarta World Cinema Week 2023 lalu.

Di film ini, Prisia mencoba menyampaikan kisah tentang luka dan trauma yang dihadapi komunitas Tionghoa-Indonesia setelah peristiwa kelam kerusuhan tahun 1998. Tentu menjadi satu hal yang berbeda dari film lainnya.

Karena selama ini jarang sekali film yang menyoroti tragedi 98, sebagai sudut pandang yang jarang tereksplorasi, hal ini menjadi salah satu aspek yang membuat film Melukis Luka berbeda dari film-film Indonesia sebelumnya.

Sukses Sebagai Sutradara

Meskipun ini adalah debut penyutradaraan Prisia Nasution, film ini cukup berhasil menggerakkan ceritanya secara konsisten. Kisah yang disampaikan sungguh menggugah perhatian. Sebagai seorang storyteller, dia berhasil menggambarkan narasi cukup baik.

Mengambil latar belakang kejadian tragedi 1998, rupanya film ini tidak terlalu menghadirkan gambaran yang terlalu eksplisit terkait tragedi kelam tahun 1998 tersebut. Sebaliknya, melalui karakter Hendrick yang diperankan oleh Bio One, penonton diajak untuk merasakan dampak traumatis secara perlahan.

Bio One memberikan penampilan yang luar biasa, yang mana, dirinya mampu memberikan kekuatan emosional pada karakternya dan menghadirkan nuansa yang memikat. Film ini mengajak penonton untuk merenung tentang dampak sosial dan psikologis dari peristiwa tersebut.

Pesan Tanpa Dramatisasi

Pesan tersebut disampaikan tanpa dramatisasi berlebihan, melainkan dengan kehati-hatian dan keseimbangan yang menggugah perasaan. Kekuatan film ini terletak pada kemampuan Prisia Nasution dalam menggambarkan kerentanan dan kekuatan manusia di tengah-tengah trauma.

Bagi yang ingin menyaksikan sudut pandang yang berbeda tentang tragedi 1998 dan mendalami dampak psikologisnya, Film Melukis Luka menawarkan pengalaman sinematik yang menggugah perasaan.

Dengan menyampaikan pesannya tanpa kekerasan berlebihan, film ini memberikan perhatian khusus pada keberlanjutan perdamaian dan pentingnya mencegah terjadinya tragedi serupa di masa depan. Film Melukis Luka sudah bisa disaksikan secara resmi di KlikFilm mulai tanggal 26 Januari 2024.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading