Sukses

Entertainment

Profil dan Foto-foto Aminah Cendrakasih, Artis Senior yang Setia di Dunia Film Sejak Tahun 1955

Fimela.com, Jakarta Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah, sebagai anak dari Husin Nagib, seorang pelawak, dan Wolly Sutinah, seorang artis. Pada tahun 1959, ia menikah dengan Idris Permana dan dikaruniai tujuh orang anak.

Ia mulai masuk dalam seni peran dimulai sejak tahun 1955, ketika masih bersekolah di Sekolah Kepandaian Putri (SKP) di Magelang, Jawa Tengah. Berkat dedikasinya dalam dunia perfilman, ia sangat dihormati dengan munculnya Google Doodle pada hari ulang tahunnya yang jatuh pada 29 Januari kemarin.

Berikut profil Aminah Cendrakasih dirangkum Selasa (30/01/2024)

Profil Aminah Cendrakasih

Nama Lengkap: Hj. Siti Aminah Tjendrakasih (Aminah Cendrakasih)

Tanggal Lahir: 29 Januari 1938

Tanggal Kematian: 21 Desember 2022

Profesi: aktris dan model

Agama: Islam

Nama Suami: Idris Permana

Karier Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih telah terlibat dalam dunia akting sejak masa sekolah. Keterlibatannya dimulai ketika aktif dalam pentas sandiwara pada tahun 1955, berperan sebagai pemain dan penyanyi. Setelah itu, ia membawakan peran dalam film Oh, Ibuku, sebagai bagian pertama dari film Gadis Tiga Djaman yang melanjut ke Puteri Revolusi. Ia juga berakting bersama ibunya, Wolly Sutinah, dalam film yang berjudul Gambang Semarang. Nama Aminah kembali mencuat ke publik setelah membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan (1994-1997) sebagai Mak Nyak.

Organisasi Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih tidak hanya aktif dalam dunia seni peran, tetapi juga terlibat dalam kegiatan organisasi seperti HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Pernah menjabat sebagai Ketua I Divisi Kesenian di LKB, dan ia juga memiliki peran sebagai Komisaris di PT Jayanti Adhikara Sinema.

Penghargaan Aminah Cendrakasih

Pada tahun 1992, Aminah Cendrakasih menerima Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional sebagai pengakuan atas dedikasinya yang telah lama dalam dunia film. Kemudian, pada tahun 2012, ia dianugerahi Lifetime Achievement Award oleh Festival Film Bandung, dan pada Indonesian Movie Awards di tahun 2013.

Akhir Hayat

Aminah Cendrakasih berpulang pada tanggal 21 Desember 2022, saat berusia 84 tahun, dan dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, berdampingan dengan makam ibunya. Penyebab meninggalnya diketahui karena ia mengidap penyakit glaukoma yang menyebabkan kelumpuhan dan kebutaan sebelum meninggal.

Aminah Cendrakasih Umur Berapa?

Aminah Cendrakasih meninggal dunia di kediamannya di Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada tanggal 21 Desember 2022, ketika usianya telah mencapai 84 tahun. Beliau kemudian dikebumikan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, bersebelahan dengan makam ibunya, pada keesokan harinya.

Apa Arti Gambar Google Hari Ini 29 Januari 2024?

Google Doodles hari ini, Senin (29/1/2024), merayakan ulang tahun kelahiran ke-86 Aminah Cendrakasih dengan menampilkan gambarnya pada tampilan mesin pencari di internet. Meskipun demikian, Mak Nyak Si Doel itu telah meninggal dunia pada tanggal 21 Desember 2022.

Siapa Nama Ayah Aminah Cendrakasih?

Tidak hanya ibunya, Aminah Cendrakasih, yang berkiprah di dunia peran, ayahnya bernama Husni Nagib juga merupakan seorang pelawak senior di Indonesia. Karena dekat dengan bidang seni peran, Aminah sudah mengenal dunia panggung sejak menempuh pendidikan di Sekolah Kepandaian Putri (SKP).

Aminah Cendrakasih Apakah Masih Hidup?

Dikarenakan keluarganya tidak mampu menyewa asisten rumah tangga untuk merawatnya, anak-anak dan kerabatnya lah yang memberikan perawatan hingga Aminah mengembuskan napas terakhirnya pada tanggal 21 Desember 2022.

Ada Apa dengan Aminah Cendrakasih?

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada tanggal 21 Desember 2022. Sebelum wafat, ia mengalami kelumpuhan, sehingga hanya mampu berbaring dalam beberapa tahun terakhir hidupnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading