Sukses

Entertainment

Urusan Kecantikan dan Kesehatan Kulit, Artika Sari Devi tak Lagi Khawatir Salah Pilih Dokter

Fimela.com, Jakarta Banyak cerita di masyarakat yang merasa kebingungan dengan beberapa gelar dokter dan lingkup penanganannya. Salah satunya adalah terkait urusan penyakit kulit dan kecantikan, banyak masyarakat yang masih bingung akan ke dokter spesialis apa. Hal itu juga menjadi kisah Artika Sari Devi.

Sebagai publik figur, ia kerap mendapati pertanyaan dari orang lain mengenai hal itu. Terlebih ketika sekarang ini ada lagi gelar baru dalam spesialisasi dokter yaitu Sp.DVE. Istri musisi Baim ini sempat bertanya-tanya.

"Saya sendiri awalnya sempat bertanya-tanya tentang gelar Sp.DVE yang mulai digunakan oleh beberapa dokter, apa sih bedanya dengan Sp.KK? kemudian Sp.DVE menangani apa saja?" kata Artika Sari Devi saat Preskon Online Perayaan Perdoski 58th, baru-baru ini.

"Ada kekhawatiran, betul tidak ya, apakah saya ditangani oleh dokter yang tepat? Setelah memahami bahwa memang terjadi perubahan gelar, saya menjadi tenang dan tidak khawatir lagi," sambung Puteri Indonesia 2004.

Gelar Baru

Mengenai gelar baru SP.DVE ini sudah resmi digunakan. Ruang lingkup dokter Sp.DVE sendiri adalah menangani berbagai kelainan kulit peradangan, infeksi, tumor dan bedah kulit, alergi, hingga infeksi menular seksual.

Lalu juga menangani berbagai tindakan kosmetik medik seperti laser, injeksi botox, microneedling, peeling, filler, threadlift, bedah kulit dan berbagai tindakan di bidang estetika lainnya. Seluruh ruang lingkup Sp.DVE mencakup seluruh rentang usia, dari bayi hingga lansia.

"Informasi perubahan gelar ini penting sekali untuk mengedukasi diri sendiri dan keluarga agar terhindar dari kebingungan dan salah paham, terlebih sangat perlu untuk memahami kompetensi Sp.DVE agar tepat memilih sesuai kebutuhan kesehatan kita," ujar Artika Sari Devi.

Sejak Akhir 2023

Ketua Umum Perdoski atau Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, Prof. Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp. D.V.E., Subsp O.B.K FINSDV, FAADV menambahkan bahwa perubahan gelar ini telah berlaku.

Sejalan dengan Peringatan HUT Perdoski tahun ini, diharapkan bagi seluruh anggota Perdoski bisa menjadi momen untuk berkomitmen dalam mengedukasi berbagai lapisan masyarakat untuk mengetahui perubahan gelar Sp.KK/Sp.DV menjadi SP.DVE.

"Sejak akhir 2023 gelar Sp.KK/Sp.DV berubah menjadi Sp.DVE. Masyarakat tidak perlu khawatir karena kompetensi Sp.KK/Sp.DV sama dengan dokter Sp.DVE. Seluruh dokter spesialis kulit ini sahih sesuai bidang yang dipelajari," paparnya.

Sebagai informasi, di ulang tahunnya ke-58 tepat pada 10 Januari 2024, Perdoski melaksanakan beberapa kegiatan yang diadakan pada tanggal 7-25 Januari 2024. Kegiatan yang diadakan antara lain webinar dan workshop edukatif baik luring dan daring, bakti sosial, diskusi panel hingga penyebaran informasi melalui radio, televisi, dan media sosial yang dilaksanakan oleh 29 Perdoski Cabang dan 13 Kelompok Studi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading