Sukses

Entertainment

Aktingnya Selalu Keren Sampai Diganjar Piala FFI, Aktor Ini Kini Bersyukur Bisa Buka Warung Nasi

Fimela.com, Jakarta Perjalanan hidup seseorang memang tak pernah ada yang tahu. Terkadang ada di atas, namun di saat yang lain bisa ada di bawah. Seperti yang terjadi pada aktor yang sudah malang melintang di dunia akting ini.

Dirinya pernah dikenal dalam beberapa peran ikonik dalam film maupun sinetron. Bahkan, sebagai aktor ia pernah diganjar dengan penghargaan dalam ajang bergengsi Festival Film Indonesia (FFI).

Namun, kini nasib baik sebagaimana dirinya beberapa tahun silam, masih belum berpihak kepadanya lagi. Sekarang ini sang aktor tengah berjuang untuk memenuhi kebutuhannya dengan membuka warung, berjualan nasi.

Awal Karier

Sebelum terjun ke industri hiburan, dirinya sudah aktif di dunia teater. Karenanya, aktingnya pun selalu maksimal ketika berperan dalam film maupun sinetron. Ya, dialah Epy Kusnandar.

Ia memulai karier di seni peran dengan berakting di sinetron 1 Kakak 7 Ponakan pada 1996 silam. Semenjak itu, Epy terus melakoni peran dalam banyak judul sinema layar kaca maupun layar lebar.

Jebolan IKJ

Dikutip dari laman Wikipedia, Epy merupakan jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Meski sudah lulus SMA pada tahun 1983, Epy Kusnandar baru melanjutkan studi ke Institut Kesenian Jakarta pada tahun 1989.

Penghargaan

Selama menjalani karier di dunia akting, Epy Kusnandar pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Di antaranya adalah sebagai Pemeran Pendukung Pria FTV Terbaik FFI 2012 melalui Maaf, Lebaran Ini Kami Tidak Pulang.

Ia juga pernah menggondol penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria FTV Terbaik dalam FFI 2014. Kala iitu ia bermain apik dalam FTV berjudul Miskin Susah Kaya Susah.

Penyakit Kanker

Pada tahun 2010 silam, Epy Kusnandar pernah menderita penyakit kanker otak yang membuat dirinya divonis akan berumur pendek. Bahkan kala itu dirinya hanya diperkirakan akan hidup sampai 4 bulan saja sejak diketahui mengidap penyakit mematikan itu.

Namun, dengan perawatan yang dilakukannya, Epy Kusnandar masih bisa bernapas sampai sekarang. Ia pun tetap melanjutkan hidupnya sebagai seorang pemeran.

Sepi Job dan Jualan Nasi

Belakangan, Epy membuat pengakuan bahwa dirinya sekarang sedang sepi job. Ia pun mencoba bertahan dan mencari nafkah dengan membuka warung dan berjualan nasi uduk. Menurut Epy, ia berjualan karena juga ingin membayar utang kepada istrinya, Karina Ranau.

"Untuk bayar hutang, saya bayar hutang sama istri saya. Waktu saya sakit banyak biaya. Sekarang ngumpulin lagi untuk menebus kebon yang sudah hilang," kata Epy Kusnandar di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Yang dijual dua bidang lah, saya lagi ngumpulin uang buat bayar utang ke orang tua dia (Karina)," tambah Epy Kusnandar.

Dicibir tapi tak Malu

Ketika memilih untuk berjualan ketika sepi job, Epy Kusnandar dan istri mengaku mendapatkan banyak cibiran. Namun, hal itu tak menyurutkan mereka untuk mendapatkan rezeki yang halal dengan berjualan di kantin apartemen Kalibata, Jakarta Selatan.

"Ya macem macem, ada yang mencibir menghina, meremehkan, banyak juga mensupport. Jadi saya terima aja, apapun itu pendapat orang. Ya terima syukuri, jangan patah semangat, berjuang, bekerja keras, insya allah dapat balasan yang setimpal," ujar Epy.

"Kalo kita mencuri, kita mengganggu orang baru itu malu. Cuma kalo kita mengerjakan dari hari hati, bisa melakukan semuanya bener bener apa ya, meski sedikit yang penting halal dan berkah," sambung Karina.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading