Sukses

Entertainment

Level Up! Tak Hanya Bisnis, Artis-Artis Ini Juga Miliki Pabrik

Fimela.com, Jakarta Memiliki penghasilan yang fantastis, beberapa artis memilih untuk terjun ke bidang bisnis. Ada yang menekuni bisnis kuliner atau food and beverages, fashion, juga media. Ada pula bidang bisnis yang belakangan sedang ramai yaitu kosmetik dan perawatan kecantikan.

Namun, beberapa artis memilih untuk membuat pabrik. Tentu saja mendirikan pabrik bukan hal yang mudah, karena tak sekadar memperkenalkan atau menjual sebuah brand. Diakui, membuat pabrik ini memiliki kerumitan tersendiri.

Berikut beberapa artis yang ternyata memiliki pabrik dengan bermacam produksinya. Ada yang memproduksi makanan, kosmetik, busana, sampai sepatu. Produksi pabrik artis ini pun bahkan dikirim sampai ke luar negeri.

Ruben Onsu

Ruben Onsu melebarkan sayap ke ranah bisnis dengan membesut beberapa bisnis kuliner seperti Geprek Bensu, Bensu Bakso, Bensunda (rumah makan khas makanan Sunda), dan bisnis food and beverages lainnya.

Selain itu, Ruben Onsu juga memiliki sebuah pabrik yang memproduksi janis makanan beku atau frozen food. Ada bakso, sosis, nugget, sampai otak-otak. Bisnis bidang makanan dan minuman ini berada di bawah naungan PT Onsu Pangan Perkasa.

Ruben belakangan juga membesut sebuah pabrik maklon kosmetik dan perawatan kecantikan. Pabrik ini berada di Solo dan bernama Bens Inovasi Indonesia. Ini merupakan sebuah perusahaan industri skincare, bodycare, kosmetik, parfum, vitamin, juga minuman herbal.

Momo Geisha

Momo Geisha juga memiliki pabrik bersama suaminya yang berada di Malang, Jawa Timur. Pabrik ini memiliki luas sampai 8 hektar. Ada dua bagian pabrik yang melakukan produksi berbeda.

Satu bagian memproduksi berbagai macam furnitur seperti kursi, meja, dan lainnya. Produk ini sudah biasa mendapatkan pesanan dari luar negeri. Sementara satu bagian pabrik lagi merupakan pabrik tekstil.

Emil eks Naif

Satu lagi artis dari kalangan musisi yang memiliki beragam bisnis adalah mantan basis Naif, Emil. Ia menggeluti beberapa macam bisnis seperti Lezzetli yang merupakan wdding organizer.

Kemudian Burgerax yang menjual makanan kekinian, juga investasi alat berat pada perusahaan batubara. Selain itu, Emil juga menggeluti Dhuha Footwear Factory, sebuah pabrik maklon sepatu di Cikupa, Tangerang.

Ia mengaku membuat pabrik tersebut di masa pandemi. Namun, pabrik tersebut ternyata bisa bertahan dan mendapatkan pesanan dari dalam dan luar negeri, termasuk sepatu untuk IPDN, juga pesanan sepatu bola dari Australia.

"Lo bikin pabrik harus paham banget, cara kerjanya gimana nih. Beda banget kalau dengan membuat brand. Harus hitung banget dan detail. Soal material, pekerja," tutur Emil di kanal YouTube Kasisolusi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading