Sukses

Entertainment

Spesial, Prambanan Jazz Festival 2024 Akan Diramaikan oleh Peraih Penghargaan Grammy dan Oscar

Fimela.com, Jakarta Festival musik Prambanan Jazz 2024 kedatangan tamu spesial. Dalam penyelenggaraan tahun ke-10 yang akan berlangsung pada 5 sampai 7 Juli 2024 mendatang, event musik yang berlatar belakang Candi Prambanan itu akan kehadiran AR Rahman, komposer lagu asal India yang pernah meraih penghargaan di Grammy dan Oscar.

Sekedar informasi, AR Rahman merupakan penggubah lagu berjudul Jai Ho yang menjadi soundtrack film Slumdog Millionaire. Selain itu, ia juga merupakan sosok penting di belakang lagu Chaiyya Chaiyya yang sempat membuat nama Norman Kamaru viral di Indonesia. Yang lebih spesial lagi, kehadiran AR Rahman di Prambanan Jazz Festival 2024 pada 6 Juli nanti merupakan satu-satunya penampilan sang komposer di negara Asia.

"Saya berhasil meyakinkan agent AR Rahman hanya main di Prambanan Jazz Festival, tanpa di kota atau negara lain," kata Anas Alimi, selaku Founder Prambanan Jazz Festival dalam konferensi pers di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Simbol Spesial

Lebih lanjut, Anas Alimi menjelaskan jika pemilihan AR Rahman sebagai special guest di Prambanan Jazz 2024 sudah melalui korespondensi sekitar satu tahun belakangan. Selain itu, nama-nama internasional lain yang tampil dalam tiga hari penyelenggarannya pun sudah melalui proses kurasi yang mendalam.

"Bagi saya Prambanan jazz itu bukan sekedar musik-musik, jadi dia (penampil) harus menjadi sebagai simbol yang melampaui bahasa dan budaya. Jadi ketika kami membawa beberapa artis internasional itu tentunya mereka harus memiliki satu komponen-komponen yang bersentuhan paling tidak dengan musik jazz. AR Rahman itu banyak yang komposisinya yang mengandung musik Jazz, satu itu," ucap Anas Alimi.

"Yang kedua, karena Prambanan yang spesial ini memiliki satu keunikan yaitu backdropnya Ini adalah sebuah candi, nah kami melihat bahwa ada irisan budaya yang sangat kental antara India dengan candi Prambanan maka kami pilih AR Rahman tahun ini untuk tampil di Prambanan," bebernya.

Tiket Terbatas

Selain AR Rahman dan beberapa nama musisi internasional yang juga turut hadir di Prambanan Jazz 2024 antara lain Queen at the Opera dan Javier Parisi. Sementara itu, untuk line up local heroes yang akan ambil bagian di dalamnya yaitu Tulus, Nadin Amizah, Dere, Maliq & D'essential, Kahitna, Yura Yunita, Ardhito Pramono, Nonaria, JKT48, Yuni Shara, Panbers, dan beberapa nama lainnya.

Khusus untuk special show AR Rahman, pihak penyelenggara hanya menjual tiket dengan jumlah terbatas dan dibagi dalam 3 kategori kelas yakni Gold, Diamond dan VIP dengan harga mulai dari Rp900 ribu dan bisa diakses di Traveloka sebagai official ticketing partner-nya.

"Kami hanya menyediakan sekitar 5.000 tiket untuk special show AR Rahman. Semoga para penonton dari luar negeri seperti India, Malaysia, Singapura dan lainnya turut datang ke Prambanan Jazz," pungkas Anas Alimi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading