Sukses

Entertainment

Najwa Shihab Tokoh Inspiratif dengan Segudang Prestasi, Simbol Wanita Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Najwa Shihab atau lebih akrab disapa Mbak Nana merupakan jurnalis sekaligus presenter kondang yang dikenal publik dengan sikap kritis dan lugasnya.

Putri kedua dari cendikiawan muslim Quraish Shihab ini, juga disebut sebagai salah satu tokoh perempuan berpengaruh di Indonesia terutama pada bidang politik.

Ketajamannya dalam berpikir dan keberaniannya dalam menyuarakan isu-isu berat menjadi daya tarik perempuan berusia 46 tahun ini. Maka dari itu tak heran sosok Najwa Shihab ini, sangat diidolakan oleh masyarakat Indonesia terlebih oleh perempuan.

 

Presenter Program Unggulan Mata Najwa

Beberapa tahun karirnya di bidang jurnalistik setelah lulus kuliah. Najwa akhirnya dipercaya untuk mengisi gelar wicaranya sendiri yang bernama Mata Najwa pada tahun 2009 di stasiun Metro TV.

Nyatanya program tersebut berhasil mendapat atensi masyarakat. Berkat kepiawaian Najwa bersama timnya dalam mengulik ragam informasi dan isu, acara Mata Najwa dapat memberikan tontonan inspiratif dan menghadirkan banyak tokoh-tokoh penting dari berbagai bidang.

Bahkan setelah bertahun-tahun, hingga saat ini program Mata Najwa masih bertahan dan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Program tersebut masih aktif memproduksi konten-konten jurnalistik yang sesuai dengan topik terkini, sekaligus mewawancarai para tokoh di Indonesia.

Pendiri Narasi TV

Setelah 10 tahun berkerja di bidang jurnalistik, Najwa akhirnya mendirikan perusahaan di bidang jurnalistik bernama Narasi TV atau PT Narasi Media Pracaya.

Kini Narasi TV, sudah memiliki beragam program siaran, seperti Musyawarah, Mata Najwa, Bongkar, WMN, Narasi Explain, dan masih banyak lainnya.

Duta Baca Indonesia

Najwa Shihab dipilih oleh lembaga Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk menjadi Duta Baca Indonesia periode tahun 2016-2020.

Selama masa baktinya, Najwa banyak berkontribusi terhadap masyarakat melalui aksi-aksi nyata dari berbagai program TV-nya yang mengangkat isu literasi, sosialisasi dan pencanangan kegiatan minat baca di daerah-daerah, mendirikan sudut baca, serta mengunjungi setiap komunitas baca di tiap wilayah.

Menurut kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Najwa Shihab mampu membuka mata banyak orang mengenai literasi.

"Selama Najwa Shihab bergabung, luar biasa apresiasi yang diterima oleh seluruh pihak. Kini, semua pihak mampu membuka mata, bukan hanya pada level eksekutif maupun legislatif, tapi semua orang hingga di pelosok sudah mulai bicara tentang literasi,” ujar Muhammad Syarif di Perpusnas RI, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2018).

Penghargaan Alumni Inspiratif Universitas Indonesia 2019

Najwa Shihab merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2000.

Kiprahnya di dunia jurnalistik dan politik yang terkemuka, serta reputasinya yang baik sebagai alumni UI sukses membuat Najwa Shihab menjadi deretan alumni inspiratif menurut Universitas Indonesia.

Najwa pun berterima kasih dengan penghargaan tersebut. "Kampus tercinta! terima kasih atas penghargaan Alumni Inspiratif 2019 Universitas Indonesia," ujar Najwa pada caption Instagramnya.

Mengisi Kuliah Umum Kebangsaan di Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia

Dedikasinya terhadap pendidikan di Indonesia juga tidak main-main. Beberapa kali Najwa Shihab sempat menjadi pengisi mata kuliah umum di organisasi maupun kampus.

Pada kesempatan kali ini, Najwa Shihab menjadi dosen pendatang untuk mata kuliah umum kebangsaan di organisasi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia di Lombok. Di sana ia membahas mengenai literasi digital di era disinformasi.

Pembicara di Indonesia Millenial Summit

Najwa sebagai tokoh terkemuka, juga seringkali diundang sebagai pembicara seminar maupun webinar. Kali ini, Najwa mengisi salah satu acara seminar yang bertajuk 'Indonesia Millenial Summit'.

Pada hari itu acaranya bertemakan The Future of Indonesia Democracy. Di sana, Najwa menggaungkan pentingnya partisipasi anak muda dalam demokrasi.

Najwa Shihab dan Mata Najwa Memenangkan Panasonic Gobel Awards 2019

Kemenangan Najwa Shihab sekaligus bersama tim Mata Najwa, sukses meraih penghargaan Panasonic Gobel Awards 2019.

Najwa Shihab memenangkan penghargaan dengan kategori Presenter Talkshow Berita Terfavorit, sedangkan program Mata Najwa memenangkan penghargaan kategori Program Talkshow Berita Terfavorit.

Najwa Shihab pun berterima kasih kepada seluruh penggemar, penonton, dan tim. Kemenangan tersebut menjadi sederet prestasi Najwa Shihab yang mengagumkan.

Sosoknya yang pekerja keras dan berdedikasi tinggi mampu menggerakan masyarakat dan menginspirasi banyak orang di berbagai kalangan.

Pemenang Indonesian Television Awards

Najwa Shihab juga sukses meraih kemenangan pada kategori "Public Figure Inspiratif Terpopuler" tahun 2022.

Pada momen kemenangannya tersebut, ia memberikan pidato dengan membahas tugas jurnalis hingga mengajak orang-orang untuk berani menyuarakan kebenaran. Ia mengatakan bahwa kebenaran harus diungkapkan, meskipun itu sesuatu yang pahit. Pidatonya yang menyentuh tersebut menjadi inspirasi bagi penggemar dan penonton yang melihat.

Kemenangannya itu merupakan salah satu dari sederet prestasi yang pernah Najwa dapatkan. Dengan demikian tidak heran, Najwa disebut sebagai tokoh inspiratif karena sudah menginspirasi banyak orang lewat karya dan integritasnya yang tinggi.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading