Sukses

Entertainment

Dian Sastrowardoyo Dorong Perempuan Raih Prestasi, Tunjukkan Bentuk Nyata Bangun Generasi Gemilang

Fimela.com, Jakarta Program Perempuan Inovasi yang digagas Markoding bersama Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Magnifique Indonesia telah sampai pada acara puncaknya, yaitu “Graduation Day Perempuan Inovasi 2023” yang digelar Kamis (8/3/2024). Di acara ini para peserta Perempuan Inovasi yang terpilih menjadi finalis program berkesempatan mempresentasikan inovasi yang telah mereka ciptakan.

Usai mempresentasikan inovasinya, acara ini berlanjut dengan dengan mengumumkan siswa terbaik yang mendapatkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi setelah mengikuti program belajar bersama Perempuan Inovasi.

It’s an honour for me bisa mendampingi para perempuan berprestasi. Bagi saya Graduation Day ini menjadi momentum bangga tidak hanya bagi Perempuan Inovasi terlebih juga bagipara siswa. Kami ingin lebih meningkatkan kontribusi dan juga mendorong perempuan Indonesia untuk terus improve dan berinovasi tidak hanya di bidang teknologi digital tapi jugahal lain. Kami berupaya untuk terus menjadi wadah untuk menciptakan generasi gilang gemilang dan menciptakan generasi pemimpin secara khusus perempuan,” ungkap DianSastrowardoyo, Founder Yayasan Dian Sastrowardoyo.

 

 

Inovasi Website dan Platform Digital

Terdapat dua kategori dalam penghargaan yang dihadirkan dalam program ini yaitu, kategori yaitu WebDev dan UI/UX Design. Di kategori WebDev, hadir tiga kelompok yang menghadirkan inovasi dalam bentuk website juga aplikasi yang dapat membantu kebutuhan perempuan.

Pertama Kelompok Rohana Kuddus dengan website Skilled Women, yang mana website ini mempermudah aksesperempuan ke pembelajaran yang tepat untuk memulai kesuksesan karir, melalui tahapan skill dasar sebuah pekerjaan dan disertai rekomendasi kelas online terkait.

Kedua, Kelompok Dewi Sartika dengan platform SheTalk, yang hadir memberikan dukungan juga menjadi wadahdiskusi di mana para perempuan bisa berbagi pengalaman, pertanyaan, dan pengetahuan mereka seputar kesehatan seksual dan reproduksi.

 

Ketiga, Kelompok Rangkayo Rasuna Said hadir dengan aplikasi Equip Parenting, yaitu aplikasi mobile untuk membantu memahami kesetaraan gender dalam pola asuh.

Selanjutnya untuk kategori UI/UX Design hadir pula tiga kelompok dari program Perempuan Inovasi. Pertama Kelompok R.A. Kartini dengan aplikasi Terang yang diciptakan eksklusif tidak hanya untuk menjembatani perempuan ke lapangan kerja, tetapi juga menyediakan career-support kapanpun dibutuhkan guna mendukung perkembangan karir, memaksimalkan daya saing, menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, meningkatkan jumlah angkatan kerja wanita, dan memastikan bahwa hak tiap perempuan di lapangan kerja terpenuhi.

Kedua Kelompok Cut Nyak Dien dengan aplikasi mobile SERA (Sexual Reproduction Assistance). Aplikasi ini hadir menyediakan informasi dan penyelesaian masalah kesehatan seksual dan reproduksi berupa AI dengan mudah, dan menyenangkan.

Terakhir Kelompok Maria Ulfa Santoso dengan playform She Grows, yaitu platform digital berbasis mobile webuntuk memberdayakan ekonomi perempuan terutama ibu rumah tangga, dengan menyediakan informasi peluang kerja remote dan pelatihan persiapan memasuki dunia kerja.

Tentang Perempuan Inovasi

Usai Graduantion Day kemarin (8/3/2024) maka program batch 2 ini pun sudah selesai. Acara tersebut juga menjadi tanda dibukanya kembali beasiswa batch tiga bagi para perempuan yang ingin mendapat kesempatan mengembangkan potensi diri.

“Senang sekali bisa menjadi bagian perjalanan istimewa para siswa Perempuan Inovasi. Melalui perayaan “Graduation Day” ini, menjadi bukti nyata bagaimana kami berkomitmen dan berkontribusi pada inovasi teknologi di Indonesia. Kami percaya para siswa berprestasi ini akan mendapat kehidupan yang lebih baik, peluang yang lebih banyak, pendapatan yang lebih layak, yang nantinya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi juga," ujar Founder & CEO Markoding Amanda Simanjuntak.

Perempuan Inovasi sendiri berangkat dari nilai dan visi untuk membekali, menggali, dan meningkatkan potensi para perempuan Indonesia, fokus pembelajaran Perempuan Inovasi masih mengacu pada Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM).

Para pengagas yaitu Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa), Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia berharap program yang dihadirkan dapat menjadi ruang untuk perempuan bertumbuh, bergerak, dan juga berdampak bagi lingkungan sekitar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading