Sukses

Entertainment

Profil dan Agama ‘Jojo’ Jonatan Christie, Suami Shanju eks JKT48 dan Juara All England 2024 di Final Tunggal Putra

Fimela.com, Jakarta Pebulu tangkis Jonatan Christie dikenal sebagai atlet kebanggaan Indonesia dalam nomor tunggal putra. Karena pencapaiannya yang gemilang, wajah yang menawan, dan postur tinggi membuatnya menjadi pujaan di tengah masyarakat.

Belum lama ini, Jonatan Christie keluar sebagai juara All England di Final tunggal putra usai menumbangkan Anthony Ginting dalam dua game pada Minggu malam kemarin, 17 Maret 2024. Jonatan Christie mampu tampil luar biasa serta mendominasi jalannya pertandingan meskipun Anthony Ginting sempat memberikan perlawanan sengit.

Penasaran dengan profil lengkap dan agama Jonatan Christie yang berhasil menjuarai All England 2024? Berikut informasinya dirangkum Senin (18/03/2024).

Profil dan Biodata Jonatan Christie

Nama lahir: Leonardus Jonatan Christie 

Kebangsaan: Indonesia 

Lahir: 15 September 1997 (umur 26) Jakarta, Indonesia 

Agama: Kristen 

Nama Istri: Shania Junianatha (Shanju Eks JKT48) 

Ayah: Andreas Adi 

Ibu: Marianti Djaja 

Tinggi: 179 cm (5 ft 10 in) 

Berat: 75 kg (165 pon) (165 pon) 

Pegangan: Kanan 

Pelatih: Irwansyah Iwan Hermawan.

Instagram: @jonatanchristieofficial

Perjalanan Karir Jonatan Christie

Jojo diperkenalkan dengan bulu tangkis sejak kecil oleh ayahnya dan mulai bermain pada usia enam tahun setelah diarahkan untuk fokus pada olahraga tersebut. Pada tahun 2008, saat usianya baru 11 tahun, ia sudah mengoleksi tujuh trofi dari kompetisi tingkat DKI, nasional, dan internasional. 

Salah satu prestasi mencoloknya adalah meraih medali emas pada Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar tingkat Asia Tenggara di Jakarta. Berkat prestasinya, namanya semakin dikenal di Indonesia, bahkan mendapat penghargaan Satya Lencana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

Meskipun telah meraih berbagai penghargaan, Jojo terus berlatih tanpa henti demi mencapai cita-citanya seperti idola bulu tangkisnya, Lin Dan. Ia berhasil meraih gelar Juara Junior Asia U-15 di Jepang pada tahun 2010. Pada usia 15 tahun, Jojo memenangkan gelar internasional senior pertamanya dalam turnamen Indonesia International Challenge pada Juli 2013. 

Selanjutnya, ia semakin aktif berpartisipasi dalam turnamen senior di level yang lebih tinggi, termasuk Grand Prix, Grand Prix Gold, Super Series, dan Super Series Premiere, pada tahun 2015. Meskipun menghadapi beberapa kekalahan, dedikasinya terus membawanya maju dalam dunia bulu tangkis yang kompetitif.

Prestasi Jonatan Christie

Jonatan Christie berhasil meraih berbagai prestasi mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Berikut adalah beberapa daftar prestasi Jonatan Christie:

  • Juara I Kejuaraan Daerah (kejurda) di DKI Jakarta pada 2008
  • Medali Emas Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara di Jakarta pada 2008
  • Medali Perunggu Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior di Gimhae, Korea Selatan pada 2012
  • Juara Indonesia International Challenge di Tanggamus, Indonesia pada 2013
  • Medali Emas Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior di Bangkok, Thailand pada 2013
  • Medali Perunggu Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Junior di Taipei, Taiwan pada 2014
  • Juara SEA Games pada 2015
  • Medali Perak Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Tim di Alor Setar, Malaysia pada 2018
  • Medali Perunggu Kejuaraan Asia Bulu Tangkis di Wuhan, China pada 2018
  • Juara SEA Games pada 2017
  • Juara Asian Games pada 2018
  • Juara Indonesia Masters di Jakarta, Indonesia 2023

Menikah dengan Shania Eks JKT 48

Pernikahan Jonatan Christie dengan penyanyi Shanju eks JKT48 dilangsungkan pada Jumat (1/12/2023). Pernikahan ini menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar dan publik. Detail dari acara pernikahan tersebut pun disiarkan melalui live streaming yang diselenggarakan di platform YouTube.

Layaknya kisah dongeng, Leonardus Jonatan Christie dan Crescentia Shania Junianatha menjalani upacara pernikahan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Keduanya pun tampak sangat serasi.

Juara All England 2024

Hasil pertandingan final tunggal putra All England 2024 antara Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Duel sesama wakil Indonesia ini dimenangkan oleh Jonatan Christie dua set langsung.

Final All England 2024 digelar di Utilita Arena, Birmingham pada hari Minggu, 17 Maret 2024. Final tunggal putra mempertemukan dua wakil Indonesia. Ini bukanlah kali pertama terjadi All Indonesian Final di All England. 30 tahun yang lalu, Hariyanto Arbi dan Ardy Wiranata yang bertemu di final. Pada kesempatan ini, Jonatan Christie berhasil meraih kemenangan atas Anthony Ginting dengan skor 15-21 dan 14-21.

Siapa Juara All England 2024 Tunggal Putra?

Pebulutangkis Tunggal Putra Indonesia Jonatan Christie berhasil menjuarai kejuaraan All England 2024 setelah berhasil mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting pada partai Final Tunggal Putra All England 2024 di Arena Utilita Birmingham, Birmingham, Inggris pada Minggu (17/3/2024).

Berapa Hadiah Juara 1 All England 2024?

Lantas berapa hadiah yang dibawa pulang Jonatan Christie usai menjadi juara tunggal putra All England 2024? Adapun hadiah total All England 2024 sebanyak USD 1.300.000 atau setara Rp 20,2 miliar (Kurs 15.609 per dolar AS).

Jojo Menikah dengan Siapa?

Jonatan Christie telah menikahi Shania Junianatha pada 1 Desember 2023.

 

Berapa Lama Jojo dan Shanju Pacaran?

Jojo dan Shanju telah berpacaran selama kurang lebih 7 tahun, namun keduanya sempat menjalani hubungan backstreet dan baru go public di tahun 2020.

Apa Peran Ayah Jonatan Christie dalam Perjalanan Karirnya?

Ayahnya berperan besar dalam perjalanan karirnya di dunia bulutangkis. Jonatan dikenalkan bulutangkis oleh ayahnya sejak kecil. Ia mulai bermain bulutangkis ketika usianya menginjak 6 tahun. Sebelumnya, ia juga bermain olahraga lain, basket dan sepak bola.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading