Sukses

Entertainment

TikTok Rising Indonesia Hadir Dukung Talenta Lokal dan Rayakan Keberagaman Musik Tanah Air

Fimela.com, Jakarta TikTok, menjadi salah satu platform digital yang begitu digandrungi banyak orang dari beragam usia. Baru-baru ini platform hiburan digital tersebut meluncurkan TikTok Rising Indonesia, sebuah program untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal untuk berkembang.

Tak hanya itu, TikTok Rising Indonesia juga hadir membina komunitas musisi untuk terhubungan dengan penggemarnya, sekaligus merayakan keberagaman musik di Indonesia.

“TikTok dikenal akan kemampuannya untuk menemukan bakat-bakat baru dan memfasilitasi hubungan antara musisi dan penggemar. Para talenta ini, termasuk musisi pendatang baru yang berasal dari beragam genre dan latar belakang musik, menunjukkan betapa kayanya musik Indonesia. Lagu-lagu hits mereka yang menduduki puncak tangga lagu disukai oleh pendengar dari segala usia dan terus menciptakan terobosan baru,” tutur Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA Christo Putra, dalam rilis yang diterima Fimela.

“Karenanya, sejalan dengan misi kami untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, kami ingin terus meningkatkan dan mempromosikan bakat-bakat ini di platform global kami, kali ini melalui program baru bernama TikTok Rising Indonesia,” tambahnya.

Fitur yang Bisa Dimanfaatkan

Tak dipungkiri, TikTok kini jadi salah satu paltforn yang diandalkan para musisi untuk memperkenalkan karya-karya mereka. Untuk mendukung hal tersebut, TikYok pun menghadirkan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan para musisi untuk menyebar luaskan karya mereka.

Pertama ada tagar #RisingOnTikTok, yang telah menjadi tempat untuk menemukan bakat-bakat musik Indonesia yang akan datang. Tim TikTok secara konsisten memantau tagar ini untuk menemukan musisi pendatang baru yang tengah trending di TikTok. nantinya para musisi yang diundang TikTok akan bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia dan dipandu untuk memanfaatkan alat dan fitur dalam aplikasi, yang dapat digunakan untuk memperkuat keberadaan mereka sekaligus berinteraksi dengan audiens baru.

Fitur Istimewa

Lebih dari itu, program TikTok Rising Indonesia juga menawarkan serangkaian fitur yang ditujukan untuk membantu musisi pendatang baru dalam mempromosikan lagu mereka, mendorong profil mereka, dan berinteraksi dengan komunitas TikTok.

Lewat tagar #BehindTheSong penulis lagu dan produser musik dapat berbagi proses kreatif mereka dalam menciptakan musik khusus dan lagu yang diakui secara global. Dengan lebih dari dua miliar penayangan, tagar ini telah berkembang menjadi tujuan utama bagi para penggemar musik yang ingin membuka wawasan tentang perjalanan kreatif di balik lagu-lagu favorit mereka.

Selanjutnya adalah Music Tab. Para artis, termasuk kreator musik, dapat mengaktifkan Music Tab untuk berbagi lagu dan terhubung langsung dengan penggemar. Bagi musisi yang sudah pernah merilis lagu di platform streaming digital, Artist Account memungkinkan mereka menampilkan lagunya di Music Tab pada profilnya.

Add-to-Music App, lewat fitur ini penggemar musik dapat menyimpan lagu yang mereka temukan di platform TikTok ke layanan streaming musik pilihan mereka. Melalui kemitraan dengan layanan streaming musik besar seperti Spotify dan Apple Music, pengguna dapat dengan mudah beralih dari TikTok ke aplikasi musik pilihan mereka, memastikan mereka tidak pernah ketinggalan lagu favorit mereka.

Kata Para Musisi

Dalam peluncuran program Rising Indonesia, TikTok pun mengundang musisi-musisi populer tanah air seperti Maliq & D’Essentials, Ghea Indrawari, Jaz Hayat, The Lantis, Avolia, Aziz Hedra, Fabio Asher, Stevan Pasaribu, ENVY, dan duo-DJ Feel Koplo yang telah sukses membangun kehadirannya di TikTok.

Para musisi di atas pun telah menemukan pengalaman tersendiri saat menggunakan TikTok untuk mempromosikan musik mereka secara luas.

"TikTok telah menjadi batu loncatan baru bagi karier saya. Setelah 'lulus' dari ajang pencarian bakat yang saya ikuti, saya memutuskan untuk mempromosikan musik saya di TikTok, yang membantu meningkatkan basis pendengar saya secara signifikan. Sebagai kreator, melihat bagaimana orang-orang saat menggunakan musik saya secara kreatif tentunya selalu menyenangkan,” kata Ghea Indrawari pelantun lagu Jiwa Yang Bersedih yang berhasil digunakan lebih dari satu juta video kreator di TikTok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading