Sukses

Entertainment

Potret Mendiang Mooryati Soedibyo Pendiri Mustika Ratu, Peraih Gelar Doktor Tertua di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Mooryati Soedibyo, pendiri brand kecantikan Mustika Ratu, telah berpulang pada hari Rabu (24/4/2024) pukul 01.00 WIB, dalam usianya yang ke-96 tahun. Ia dikenal dengan julukan "Empu Jamu Indonesia" karena keahliannya dalam meracik jamu.

Selain itu, Mooryati Soedibyo juga adalah pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI), dengan harapan untuk memberdayakan perempuan Indonesia yang memiliki bakat agar dapat tampil percaya diri di panggung internasional. Prestasinya pun tetap berlanjut, ia merupakan peraih gelar doktor tertua di Indonesia, sesuai dengan catatan MURI.

Berikut profil mendiang Mooryati Soedibyo dirangkum Rabu (24/4/2024).

Profil Mooryati Soedibyo

Nama Lengkap: Dr. Hj. B.R.A. Mooryati Soedibyo,S.S., M.Hum.

Tanggal Lahir: 5 januari 1928 - 24 April 2024

Agama: Islam

Profesi: pakar kecantikan, pengusaha, politikus

Nama Suami: Soedibyo Purbo Hadiningrat

Sosok Pendiri Mustika Ratu

Mendiang Mooryati Soedibyo telah tinggal di Keraton Surakarta sejak ia berusia 3 tahun. Ia juga dikenal menguasai ilmu kecantikan tradisional serta memiliki keahlian dalam meramu jamu dan kosmetik dari bahan alami dengan resep kecantikan keraton. Pada tahun 1973, ia mulai merintis bisnis jamu yang kemudian disebarluaskan kepada teman-temannya. Akhirnya, dua tahun kemudian, ia memutuskan untuk mendirikan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), sebuah perusahaan produk kecantikan dan kesehatan yang telah legendaris hingga saat ini.

Pencetus Puteri Indonesia

Mendiang Mooryati Soedibyo merupakan pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Hal tersebut berawal pada bulan Mei 1992, saat dirinya sedang menyaksikan acara Miss Universe di Bangkok, Thailand. Pengalaman tersebut menjadi sumber inspirasi baginya untuk mendirikan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) pada tahun yang sama. Harapannya adalah agar perempuan berbakat Indonesia dapat tampil dengan percaya diri di dunia internasional.

Wakil Ketua II MPR Periode 2004-2009

Mendiang Mooryati Soedibyo juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua II MPR pada periode 2004-2009, mewakili DPD dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Selama karirnya dalam dunia politik, ia terkenal sebagai individu yang sangat berdedikasi dan memiliki visi untuk memajukan bangsa Indonesia.

Penghargaan Mendiang Mooryati Soedibyo

Mendiang Mooryati Soedibyo telah tercatat oleh MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia. Ia juga masuk dalam daftar 99 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia versi Majalah Globe Asia tahun 2007. Dikenal dengan julukan "Empu Jamu Indonesia", Mooryati Soedibyo menerima penghargaan "Lifetime Achievement Awards" dari Pakpilai Thaivisin, Ibu Negara Thailand. Penghargaan tersebut diterima oleh Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Edigius Situmorang, dalam acara Asia Pacific Spa Wellness Coalition di Bangkok, Thailand.

Siapa itu Ibu Mooryati Soedibyo?

Dr. Hj. B.R.A. Mooryati Soedibyo, S.S., M.Hum., yang lahir pada tanggal 5 Januari 1928, adalah seorang tokoh yang menjabat sebagai Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat pada periode 2004-2009. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Presiden Direktur Mustika Ratu, serta merupakan salah satu pencetus ide pemilihan Puteri Indonesia yang telah diadakan setiap tahun.

Bagaimana Ibu Mooryati Merintis Usahanya?

Melihat peluang bisnis, Mooryati Soedibyo mulai memproduksi jamu, ramuan tradisional, bumbu, dan rempah lokal dari garasi rumahnya. Tidak butuh waktu lama bagi Mooryati Soedibyo untuk mengembangkan bisnisnya. Dua tahun kemudian, pada tahun 1975, PT Mustika Ratu didirikan, yang memproduksi jamu dan kosmetik dari bahan alami.

Mustika Ratu Siapa yang Punya?

Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, Pendiri PT Mustika Ratu Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI), menerima penghargaan "Indonesia Best Philanthropy Award 2023" kategori "Outstanding Women Empowerment Programs".

PT Mustika Ratu Produksi Apa?

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) memproduksi dan memasarkan berbagai produk kosmetik, perawatan tubuh, minuman kesehatan herbal, dan tradisional. Perusahaan ini berawal pada tahun 1975 ketika Mooryati Soedibyo mulai membuat jamu dan kosmetik di garasi rumahnya untuk teman-teman.

Anak Mooryati Soedibyo Ada Berapa?

Mooryati Soedibyo telah berpulang pada usia 96 tahun dan saat ini disemayamkan di rumah duka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ia meninggalkan lima orang anak, yaitu Djoko Ramiadji, Putri Kus Wisnu Wardani, Dewi Nurhandayani, Haryo T. Baskoro, dan Yulita Warastuti.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading