Sukses

Entertainment

Oscar Lawalata dan Sederet Desainer Hadirkan Wastra Nusantara di KAWFEST 2024

Fimela.com, Jakarta Sebuah gelaran bertajuk Kelana Wastra Fashion Festival 2024 atau KAWFEST 2024 telah resmi dibuka di Sarinah Thamrin, Jakarta. Gelaran yang digelar selama empat hari ini akan menjadi sebuah acara fashion yang lengkap.

Selama empat hari dari 25 hingga 28 April 2024, para pecinta fashion dapat menikmati Wastra Trunk Show yang menampilkan berbagai tema menarik seperti Sparkling Soiree, Green and Trendy, Contemporary Classic, Tropical Vibes, Urban Vibes, Graceful Modestia, dan Sporty Chic.

Acara ini juga akan melibatkan sejumlah desainer ternama, seperti Oscar Lawalata Culture, Musa Widyatmodjo, Denny Wirawan, Didiet Maulana, Yukako, Mariko, Wignyo R, dan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Platform yang Berkelanjutan

KAWFEST 2024 diharapkan dapat menjadi platform yang berkelanjutan untuk memperluas pasar produk UMKM fashion di Indonesia serta mempromosikan kekayaan budaya Indonesiakepada dunia.

Acara tersebut diresmikan langsung oleh LotoSrinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM KementerianBUMN, Arya Sinulingga selaku Staf Khusus III Menteri BUMN, Liza Thohir selaku Ketua BidangPendanaan DEKRANAS, Reni Yanita Sekretaris Jenderal Dekranas, serta Tina T. Kemala Intanselaku Direktur Sumber Daya Manusia PT Pupuk Indonesia (Persero) mewakili BUMNPenyelenggara.

KAWFEST 2024 menggabungkan keindahan kain tradisional Indonesia yang menjadi warisan budaya nusantara dengan kreativitas modern dalam industri fashion. Melalui KAWFEST 2024, pengunjung dapat mengikuti berbagai rangkaian acara, diantaranya Bazaar Wastra Market, Wastra Trunk Show, Talkshow Bincang Wastra, dan menyaksikan peragaan busana dari hasil School Fashion Design Competition.

"KAWFEST juga diharapkan dapat mendukung perkembangan industri kreatif dalam bidangfashion, mendukung regenerasi desainer fashion wastra nusantara, dan memperluas pasarfashion wastra nusantara termasuk wastra nusantara karya perajin binaan BUMN," kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting.

School Fashion Design Competition

Sementara itu, Liza Thohir menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dariperhatian DEKRANAS, sebagai organisasi yang menghimpun pencinta dan peminat seni, dalam upaya untuk melindungi dan mengembangkan produk dan usaha kerajinan, serta meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya.

"Hal ini juga sejalan dengan Tema Peringatan HUT DEKRANAS ke-44 pada tahun 2024, yaitu'Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa', dengan harapan seiring bertambahnya usiaDEKRANAS, pelaku produk kriya dan wastra nusantara binaan DEKRANAS akan terusbertumbuh dan bersama-sama memajukan dan melestarikan warisan bangsa," kata Liza Thohir.

Pada hari pertama KAWFEST 2024 diselenggarakan, Wastra Trunk Show dari hasil School Fashion Design Competition menampilkan hasil karya-karya dari 10 sekolah fashion terkemukayaitu Burgo Indonesia, ISWI Fashion Academy, Islamic Fashion Institute, LaSalle CollegeJakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), ESMOD Jakarta, Universitas Kristen Maranatha,Telkom University, LPTB Susan Budihardjo, dan Binus University telah menampilkan kreativitasdan dedikasi mereka dalam menghasilkan desain-desain yang memukau.

Dari 64 peserta School Fashion Design Competition, terpilih enam orang pemenang. Pemenang kategori kasual wanita adalah LPTB Susan Budihardjo, kategori kasual pria adalah ESMOD Jakarta, formal wanita Universitas Kristen Maranatha, formal pria Institut Kesenian Jakarta, pesta wanita LPTB Susan Budihardjo, dan pesta pria Telkom University. Para pemenang tidak hanya akan mendapatkan penghargaan, tetapi juga kesempatan untuk mengembangkan bakat mereka lebih lanjut dalam industri fashion.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading