Sukses

Entertainment

Profil Mendiang Dorman Borisman, Pernah Main dengan Warkop DKI hingga Jadi Bintang di Film Saras 008

Fimela.com, Jakarta Berita duka baru saja tiba dari dunia perfilman Indonesia. Aktor senior Dorman Borisman dikabarkan telah meninggal dunia. Menurut informasi yang diberikan oleh keluarga almarhum, Dorman Borisman meninggal dunia pada usia 73 tahun di Rumah Sakit Moch. Ridwan Meuraksa, Jakarta, pada hari Selasa (07/05/2024) pukul 19.18 WIB. 

Dorman Borisman adalah sosok aktor yang sudah banyak mencicipi pahit manis dunia peran. Ia adalah seorang aktor yang sudah aktif sejak tahun 1970-an. Banyak judul film dan sinetron yang sudah tuntas ia mainkan. Bahkan, dirinya juga pernah perankan film dengan Warkop DKI. Dorman juga dikenal sebagai sosok yang selalu mendapatkan peran orang batak.

Penasaran dengan profil Dorman Borisman? Simak ulasannya berikut ini, Rabu (08/05/2024).

Awali Karir Sebagai Pengisi Suara

Dorman Borisman lahir pada tanggal 5 Februari 1951. Dia memasuki dunia hiburan dengan menjadi pengisi suara dalam film yang berjudul Kecupan Pertama pada tahun 1970.

Setelah itu, terungkap bahwa Dorman muncul dalam beberapa film yang juga diperankan Rano Karno. Mulai dari Suci Sang Primadona (1977), Binalnya Anak Muda (1978), Anak-Anak Buangan (1979), Nikmatnya Cinta (1980), sampai Roman Picisan (1980).

Bintangi Banyak Judul Film

Dorman Borisman juga telah berperan di beberapa film Warkop. Salah satu dari film terkenal Warkop yang ia bintangi yaitu Manusia 6.000.000 Dollar pada tahun 1981. Selain itu, ia juga sering muncul dalam film-film drama yang dibintangi oleh Elvy Sukaesih, film-film horor Suzanna, dan juga dalam film-film laga kolosal yang dibintangi oleh Barry Prima.

Namanya Melambung Sejak Perankan Sinetron Saras 008

Karier Dorman Borisman mulai melejit sejak muncul dalam sinetron Saras 008, yang tayang mulai tahun 1998 hingga 2004. Di dalam serial ini, Dorman berperan sebagai seorang detektif yang dikenal dengan nama Mas Yudhis, yang sering membantu Saras dalam menjalankan aksinya, sambil menampilkan tingkah kocaknya.

Terkenal Akan Peran Orang Batak

Dalam karirnya di dunia akting, Dorman Borisman telah terlibat dalam lebih dari 60 film dan ratusan sinetron. Selama bermain peran, dia kerap menggambarkan karakter orang Batak dengan logat khasnya. Karakteristik logat ini telah menjadi ciri khasnya yang dikenang oleh penonton selama lima dekade.

Menurut berbagai sumber, meskipun Dorman Borisman mahir dalam menggunakan logat Batak dalam dialognya, sebenarnya ia memiliki latar belakang keturunan Jawa yang kuat. Nama Dorman Borisman pun menjadi perbincangan hangat di kalangan publik.

Sempat Diamputasi Sebelum Meninggal

Sebelum meninggal, Dorman Borisman telah beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit diabetes yang dideritanya. Dirinya diketahui sudah 5 tahun sering menginap di rumah sakit.  

Sejak Bulan Ramadan lalu, kesehatan Dorman Borisman semakin menurun. Bahkan, jempol kaki Boris mengalami pembengkakan akibat penyakit diabetes yang dideritanya.

Awalnya, keluarga sempat ragu dengan saran dokter untuk menjalani operasi amputasi pada kaki mendiang Boris. Namun, akhirnya mereka menyetujuinya dan operasi dilakukan sekitar 3 hari yang lalu.

Pertanyaan Warganet Seputar Dorman Borisman

Dorman Borisman Umur Berapa?

Dorman Borisman ialah aktor senior yang lahir pada 5 Februari 1951. Ia dikabarkan baru saja meninggal pada usia 73 tahun.

Apa Penyebab Dorman Borisman Meninggal?

Aktor senior Dorman Borisman diketahui mengidap komplikasi penyakit. Mulai dari stroke, anemia, hingga diabetes yang mengharuskannya menjalani amputasi sebelum meninggal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading