Sukses

Entertainment

Profil Tiara Andini yang Tuai Kontroversi di Malam Puncak Miss Indonesia 2024

Fimela.com, Jakarta Sosok Tiara Andini kembali menjadi sorotan publik. Kali ini, runner-up Indonesian Idol ini mendapatkan kritik setelah penampilannya di ajang Miss Indonesia 2024. Penampilan Tiara disiarkan oleh salah satu stasiun TV swasta pada Kamis malam (30/05/2024). Suara merdu Tiara Andini yang seharusnya mengiringi para kontestan Miss Indonesia 2024 di atas panggung, dinilai berubah konsep. 

Tiara tak bisa menahan hasrat untuk mengajak penonton bernyanyi bersama-sama. Sehingga, suasana khidmat yang seharusnya ditampilkan oleh Tiara Andini dalam penampilan formalnya di malam Top 17 Miss Indonesia 2024, berubah menjadi seperti sebuah konser. Penilaian ini disampaikan oleh beberapa netizen di kolom komentar di berbagai platform media sosial. 

Sosok Tiara Andini pun seketika kembali membuat publik penasaran. Banyak yang ingin mengetahui profil penyanyi cantik satu ini. Berikut rangkuman informasi tentang profil Tiara Andini, Selasa (04/06/2024).

Biodata Tiara Andini

Nama asli : Tiara Anugrah Eka Setyo Andini

Nama panggung: Tiara Andini

Tempat Tanggal lahir: Jember, 23 September 2001

Usia : 22 tahun

Agama : Islam

Zodiak : Libra

Tinggi : 163 cm

Tipe kepribadian: ISTJ

Profesi : Penyanyi, Model, Aktris, dan Presenter

Pendidikan : SD Al-Furqan Jember, SMP Negeri 3 Jember, SMA Muhammadiyah 3 Jember

Warisi Bakat Musik dari Orang Tua

Tiara Andini lahir dari orang tua yang memiliki bakat seni. Ayahnya berkarier sebagai penata musik, sementara ibunya adalah seorang penyanyi. Oleh karena itu, bakat musik Tiara diwarisi dari kedua orang tuanya yang aktif di dunia musik. 

Sejak usia dini, Tiara sudah dikenalkan dengan musik. Bahkan ketika masih di taman kanak-kanak, kemampuan bernyanyinya sudah mulai tampak. Saat di sekolah dasar, ia mulai mengikuti les vokal dan berlatih menyanyi dalam berbagai genre, mulai dari keroncong hingga musik Mandarin.

Awali Karir Menjadi Penyanyi Wedding

Tiara memulai kariernya sebagai penyanyi pernikahan China dengan membawakan lagu-lagu Mandarin. Saat itu, penghasilan pertamanya hanya sebesar Rp100.000. Pada tahun 2017, Tiara berhasil menjadi finalis di Bintang Radio Indonesia dan ASEAN RRI Jember.

Ia juga pernah mengikuti kompetisi menyanyi di televisi, yaitu The Voice Kids Indonesia dan The Voice Indonesia, namun tidak berhasil memenangkan keduanya.

Menangkan Posisi Runner Up Indonesian Idol Season 10

Pada tahun 2019, Tiara kembali mencoba peruntungannya dalam ajang Indonesian Idol dengan menyanyikan lagu 'Could it Be' dari Raisa, dan berhasil meraih titanium ticket dari Judika. Hingga akhirnya pada tanggal 2 Maret 2020, Tiara diumumkan sebagai runner-up musim kesepuluh Indonesian Idol. Ia mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 100 juta rupiah dan sebuah mobil MPV All New Nissan Livina. 

Selain itu, Tiara juga memperoleh kontrak rekaman dengan Universal Music Indonesia. Dari kompetisi tersebut, Tiara meluncurkan single pertamanya yang berjudul 'Gemintang Hatiku' pada 28 Februari 2020.

Sukses Jadi Penyanyi Terkenal

Kini, Tiara Andini telah menjadi salah satu penyanyi populer Tanah Air. Bahkan hampir setiap lagu yang ia rilis selalu berhasil meledak sukses. Bakat vokalnya yang luar biasa membuat lagu-lagunya mudah untuk dinikmati oleh para pendengar. Lagu-lagu Tiara Andini yang berhasil tenar diantaranya Maafkan Aku #terlanjurmencinta, Gemintang Hatiku, Menjadi Dia, Janji Setia, Merasa Indah, Usai, Masih Hatiku, Lagu Pernikahan Kita, dan masih banyak lagi.

Belum lama ini, Tiara juga tengah merilis lagu barunya yang bertajuk Kupu-Kupu. Lagu yang dirilis pada 19 April 2024 tersebut bercerita tentang seseorang yang sedang merasakan indahnya jatuh cinta. Lagu ini sukses viral di berbagai platform media sosial dan masuk ke dalam daftar musik trending di YouTube.

Banjir Kritikan saat Tampil di Malam Puncak Miss Indonesia 2024

Namun belum lama ini, Tiara Andiri tengah mendapatkan banyak kritikan dari netizen akan penampilannya di Malam Puncak Miss Indonesia (30/05/2024). Dalam video yang tersebar di media sosial, saat Tiara Andini menyanyikan bagian dari lagunya, ia tiba-tiba berteriak "Sing!" sebagai tanda bagi penonton untuk ikut bernyanyi, sambil menjauhkan mikrofon dari mulutnya. Tindakan ini memicu kritik dan cibiran terhadap Tiara karena dianggap tidak profesional dalam mengikuti konsep acara yang formal. 

"Gw jd finalis miss indonesia nya kaget sih tiba2 di disuruh SINGGG," ungkap seorang netizen.

"Knapa gak di briefing sebelumnya, ini acara formal mba titi 😭🥺," tulis yang lainnya.

"Emang boleh di MI kayak festival konsepnya? Gimana nih? Tanya raut wajah juri-jurinya pas disorot kamera," tambah yang lain.

"Bisa-bisanya SINGGGGG😭," tulis netizen lainnya.

Pertanyaan Warganet Seputar Tiara Andini

Kenapa Tiara Andini Terkenal?

Perempuan bernama lengkap Tiara Anugrah Eka Setyo Andini ini lahir pada 23 September 2001 di Jember. Ia mulai dikenal secara luas saat menjadi peserta ajang pencarian bakat “Indonesian Idol” tahun 2020 dan berhasil meraih posisi runner up.

Tiara Lahir Tahun Berapa?

Tiara lahir pada 23 September 2001. Kini dirinya berusia 22 tahun.

Kenapa Tiara Andini Ganti Nama?

Pasca lulus dari Indonesian Idol, Tiara mengganti nama panggungnya yang sebelumnya bernama Tiara Anugrah ketika berkompetisi menjadi Tiara Andini. Dirinya merasa Anugrah cukup sulit diucapkan. Oleh karena itu Tiara memilih untuk memakai Andini sebagai nama panggungnya yang diambil dari nama belakangnya.

Di Mana Tempat Tinggal Tiara Andini?

Semenjak berkarier di industri hiburan, Tiara tinggal di rumah yang ia beli di kawasan Serpong, Tangerang Selatan setelah memutuskan pindah dari Jember pada tahun 2020.

Berapa Biaya Manggung Tiara Andini?

Usut punya usut, sempat viral konten mengenai honor manggung jebolan Indonesian Idol seperti Mahalini Raharja, Tiara Andini, Lyodra Ginting, dan Ziva Magnolya. Dalam video unggahan akun TikTok @/deallsjobs, disebutkan Tiara Andini mendapat bayaran Rp80 hingga 100 juta untuk sekali manggung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading