Sukses

Fashion

6 Tips Cara Mudah Membersihkan Sepatu Kanvas di Rumah

Fimela.com, Jakarta Penampilan makin terlihat kece dan maksimal kalau memakai sepatu seperti sneakers. Setuju nggak Girls? Yup, salah satu yang bikin gaya jadi nggak ada matinya pakai sepatu kanvas. Jenis sepatu tersebut bisa dipakai dalam berbagai kegiatan dan pastinya sangat nyaman ketika digunakan.

Modelnya yang cenderung lebih santai membuat sepatu ini semakin digemari untuk kegiatan sehari-hari. Sepatu berbahan kanvas saat ini sudah tersedia dalam berbagai macam model, seperti sneakers, flats, dan juga high heels.

Kegunaannya yang pas untuk menemani berbagai kegiatan aktivitas membuat sepatu jenis ini rentan kotor dan cepat rusak. Kamu pasti pernah ngalamin kan?

Nah, tapi jangan khawatir. Untuk mengantisipasi kerusakan dan memperlama usia pakai sepatu kanvas kesayanganmu itu. sebenarnya ada 6 tips mudahnya kok. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/1), cek langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Mudah Merawat Sepatu Kanvas di Rumah

1. Tunggu kering kotoran yang menempel pada sepatu kanvas

Jika sepatu kanvas kamu terkena noda lumpur jangan panik dulu. Noda lumpur yang menempel tidak cukup jika dibersihkan dengan tisu basah.

Tapi kalau noda lumpur yang menempel cukup banyak, sebisa mungkin jangan langsung dicuci dengan air. Lebih baik biarkan noda lumpur itu mengering terlebih dahulu. Setelah kering baru kamu bersihkan dengan cara menepuk bagian yang terkena lumpur sampai rontok atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan. 

2. Gunakan dua jenis sabun pencuci: deterjen atau sabun cuci piring

Setelah kamu pastikan tak ada sisa kotoran yang menempel, kamu bisa segera mencuci sepatu kanvas dengan dua pilihan sabun pencuci. Tergantung dengan kebutuhan dan kondisi sepatu kanvasmu.

Jika dirasa sepatu kanvas sangat kotor, kamu bisa menggunakan sabun cuci deterjen. Bilas dengan air kemudian sikat secara perlahan.

Nah, tapi kalau sepatu kanvasmu tidak terlalu kotor, sebaiknya gunakan sabun cuci piring. Sabun cuci jenis ini dianggap lebih ringan, jadi tak akan membuat warna sepatumu luntur. Hindari juga sabun cuci yang mengandung pemutih ya!

3. Jangan langsung menuangkan sabun di atas sepatu kanvas

Kalau mau warna sepatu kanvasmu awet dan tampak selalu baru, jangan sekali-kali melumuri sepatumu dengan sabun secara langsung. Lebih baik rendamlah sepatu kanvas kamu di dalam ember berisi air campuran sabun deterjen atau sabun cuci piring.

Rendam sejenak dalam ember, kemudian sikat perlahan dengan menggunakan sikat yang halus dengan gerakan memutar.

4. Bilas dengan air hangat

Setelah direndam dan menyikat semua bagian sepatu hingga bersih, saatnya kamu menghapus sisa-sisa sabun di sepatu kanvasmu. Untuk menjaga warna sepatumu tampak lebih cerah pada akhirnya, bilaslah sepatu kanvasmu dengan air hangat.

Membilas dengan air hangat menjadi pilihan tepat karena bisa membuka pori-pori sepatu sekaligus membunuh kuman yang masih tersisa di dalamnya.

5. Keringkan di bawah sinar matahari

Cara terbaik mengeringkan sepatu kanvas adalah menjemurnya di bawah sinar matahari yang cukup. Pastikan mengeringkannya di siang hari dan jangan membiarkannya semalaman di luar ruangan.

Embun pagi justru akan membuat sepatumu kembali lembap dan rentan bau jika dipakai. Untuk pengeringan yang maksimal kamu bisa memasukkan kain tebal ke dalam sepatu sebelum menjemurnya. 

6. Jangan coba-coba menggunakan mesin cuci

Meski mencuci sepatu dengan mesin cuci dirasa lebih mudah dan efisien, tetapi ini adalah cara yang perlu dihindari. Sebab sepatu berbahan kanvas yang dicuci menggunakan mesin cuci akan sangat mudah rusak dan memperpendek jangka pakainya. 

Mudah banget kan Girls merawat sepatu kanvas kesayangan kamu, lebih baik kamu coba enam tips di atas ya, supaya sepatu kanvas favoritmu tetap awet meski sering dipakai.

 

Reporter: Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading