Sukses

Fashion

Fimela Historia: Timbul Tenggelam Tren Waist Bag di Dunia Fashion

Fimela.com, Jakarta Waist bag, tas pinggang atau disebut juga fanny pack, kini sedang digandrungi di dunia fashion. Kendati demikian, keberadaan waist bag bukanlah sesuatu yang baru. Sama dengan fashion items lainnya, ini hanyalah pengulangan dan improvisasi dari tren yang pernah ada.

Waist bag pernah jadi tren di tahun 80-an, namun seperti dilansir dari Harper's Bazaar, waist bag juga pernah dianggap sebagai tren terburuk yang pernah terjadi. Siapa sangka, sekarang tas kecil yang menggantung di pinggang tersebut kembali digemari?

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Paris Fashion Week (@parisfashionweek) on

Sejarah Waist Bag

Tak banyak yang tahu bahwa waist bag sudah ada sejak abad 15. Dulunya tas semacam ini digunakan para asisten rumah tangga di Prancis untuk meletakkan berbagai keperluan seperti kunci, gunting, gembok dan semacamnya. Sebutannya adalah "chatelaine", dipakai dengan dikaitkan di ikat pinggang mereka menggunakan semacam strap. 

Seiring berjalannya waktu, waist bag menjadi aksesori dengan beragam fungsi seperti untuk bersepeda, main ski, dan naik gunung.

Di tahun 80-an, waist bag berkembang jadi fashion item bergaya sporty dan dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Para selebriti pun mulai banyak memakainya hingga membuat waist bag semakin populer. Tren ini berlangsung hingga tahun 90-an di mana sejumlah rumah mode membuat desain waist bag sebagai bagian dari koleksinya.

Kembali Jadi Tren di Dunia Fashion

Waist bag kembali jadi primadona di dunia fashion setahun belakangan. Semua bermula ketika sejumlah rumah mode menggunakannya sebagai aksesori di panggung koleksi menswear spring/summer 2016. Dari sana, para selebriti mulai tampak sering menggunakan model serupa di aktivitas sehari-harinya. Salah satunya, Kylie Jenner. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kylie (@kyliejenner) on

Melihat popularitas waist bag di kalangan para artis, rumah-rumah mode dunia pun berlomba menciptakan waist bag versinya masing-masing dengan desain yang sophisticated. Berikut beberapa referensi model dan pemakaian waist bag yang bisa Sahabat Fimela tiru.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OOTD MAGAZINE WORLDWIDE (@ootdmagazineworldwide) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OOTD MAGAZINE WORLDWIDE (@ootdmagazineworldwide) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by @rachelvennya on

Kini waist bag bisa dinikmati siapapun karena tak hanya memberi kesan sporty atau maskulin, tapi juga feminin dan elegan!

;
Loading