Sukses

Fashion

Cara Praktis Membuat Masker Kain dengan Teknik Tie Dye di Rumah

Fimela.com, Jakarta Tren fashion dengan corak tie dye masih menjadi primadona sejak pertengahan 2020. Dari mulai kemeja, T-shirt hingga jaket hadir dalam beragam motif tie dye yang seru. Tak hanya itu, banyak orang kian kreatif untuk tetap tampil maksimal di tengah pandemi dengan menggunakan masker kain bercorak menarik dan dipadukan dengan pilihan busana atraktif.

Motif tie dye menjadi pilihan banyak orang karena coraknya yang beragam. Tie dye sendiri merupakan teknik pewarnaan kain dengan cara melipat, memutar dan mengikat kain. Teknik ini melibatkan campuran warna yang menarik untuk memberikan warna yang artistik.

Di pertengahan tahun 2020, teknik tie dye sering kali digunakan untuk pakaian kasual dan masker kain, penampilan pun jadi terlihat atraktif. Nah untuk kamu yang ingin mengisi kegiatan di rumah selama pandemi, bisa mencoba membuat masker kain dengan teknik tie dye. Bahkan teknik ini bisa menjadi salah satu modal untuk memulai bisnis masker kain rumahan. Dilansir dari housebeautiful.com, berikut adalah cara membuat masker dengan teknik tie dye yang seru dan praktis.

Bahan dan Alat yang diperlukan:

  • Masker kain polos ( berbahan cotton, linen, atau natural fiber)
  • Pewarna kain
  • Botol saus kosong (digunakan untuk mencampur warna)
  • Wadah  
  • Karet Gelang
  • Kantong Plastik
  • Sarung Tangan
  • Alas Plastik
  • Rak kue atau wadah dangkal

 

Cara membuat :

Gunakan sarung tangan dan alas plastik Lipat, putar dan remas masker setelah itu gunakan karet gelang untuk merekatkan.

Ini adalah beberapa pola yang dapat dicoba:

Garis: Remas masker secara memanjang, buat lipatan kecil, lalu kencangkan dengan beberapa karet gelang dengan jarak yang sama.

Lingkar: Mulai dengan menarik kedua ujung dari masker, letakkan jari telunjuk Anda di tempat yang Anda inginkan di tengah desain, lalu putar kain di sekitar jari Anda, buat lipatan kecil saat selesai. Kencangkan dengan dua atau tiga karet gelang. Bentuknya akan seperti permen lolipop.

Crumple: Gunakan jari Anda untuk mengerutkan masker menjadi bentuk datar seperti cakram; gunakan karet gelang di sekeliling untuk menahannya di tempatnya.

Letakkan masker di atas wadah atau baskom plastik untuk menampung pewarna dan gunakan botol saus untuk mengoleskan pewarna. Coba terapkan warna yang berbeda setiap sisi dan bagian. Untuk mendapatkan warna terang pastel bisa encerkan pewarna dengan banyak air.

Jika ingin mewarnai kedua sisi masker tuangkan pewarna berulang kali pada lipatan-lipatan masker. Simpan setiap masker yang sudah diwarna pada plastik yang berbeda. Diamkan selama satu hari atau beberapa jam sampai mengering.

Setelah pewarna mengering, buka masker dan bilas masing-masing dengan air dingin sampai semua sisa pewarna hilang. Terakhir, cuci masker dengan tangan dengan sedikit deterjen dan biarkan mengering.

Adonia Bernike Anaya (Nia)

;
Loading