Sukses

Fashion

Desainer Kay Kim Ungkap Fakta Menarik di Balik Kostum aespa

Fimela.com, Jakarta Girl group rookie aespa sukses debut dengan lagu mereka yang berjudul Black Mamba pada November tahun 2020 lalu. Tak hanya tampil memukau dengan konsep avatar yang unik, kostum yang dikenakan keempat member yaitu Karina, Giselle, Winter dan Ningning tersebut juga turut mencuri perhatian para penggemar.

Ternyata, desainer Kay Kim merupakan sosok yang ada di balik kostum cantik aespa. Tak hanya mendesain kostum debut, Kim juga merancang beberapa kostum panggung aespa lainnya.

Kepada Korea Times, Kim bercerita bahwa ia tak pernah menyangka dihampiri langsung oleh sang petinggi SM Entertainment, Lee Soo Man untuk mewujudkan kostum girl group terbarunya. Sebagai haute couture designer, ia diminta menjadi merancang busana untuk "Projek aespa", secara artistik, unik, serta dapat menciptakan imej yang baru.

Dia mengungkapkan, Soo Man menginginkan setiap member menampilkan kesan chic, stylish, dan gorgeous sebagai pahlawan yang menyelamatkan dunia dari penjahat fiksi bernama Black Mamba. Tertarik dengan konsep unik milik aespa, tanpa ragu Kim menerima tawaran dari agensi terbesar di Korea Selatan tersebut.

"Saya menerima tawaran itu karena menurut saya konsep girl group ini menarik, terutama avatarnya. Hal itu, dikarenakan mencerminkan era saat ini di mana orang-orang di dunia nyata berinteraksi dengan dunia virtual. Saya tertarik dengan fakta bahwa ini adalah proyek tentang masa depan manusia," jelas Kim.

 

 

Kay Kim mempelajari lagu espa saat menciptakan kostumnya

Agar bisa mewujudkan kostum aespa seperti yang diinginkan Soo Man, Kim mengaku mempelajari lagu Black Mamba. Dia bahkan mendengarkan lagu debut tersebut berulang kali untuk menemukan inspirasi yang menyesuaikan konsep aespa ke dalam kostum.

Tak cukup sampai di situ saja, Kim juga menyelipkan beberapa pertemuan dengan member aespa ke dalam jadwalnya yang sudah padat untuk mendengarkan harapan mereka dan mendapat ide tentang kostum panggung debut mereka.

Menurut Kim, bekerja dengan gadis-gadis muda seperti aespa menjadi pengalaman berharga dalam sepanjang hidupnya.

"Saya senang selama menjalani prosesnya, meskipun konsep girl group SM ini sangat berbeda dari sebelumnya, ini menjadi pengalaman baru dan berarti untuk saya." tutur Kim.

Selain aespa, Kim juga pernah merancang gaun pesta dan pakaian red carpet untuk bintang papan atas di Korea seperti Lee Young-ae, Lee Hyo-ri, Kim Hee-sun, dan Lee Ha-nee. Kim juga sempat membuat fashion show pada tahun 1993 untuk memamerkan busana haute-couturenya di berbagai negara seperti Australia, Amerika, dan Inggris.

Hasil desainnya sebagian besar dipelajari melalui pendidikan dan perjalanan karirnya di Seoul, Paris, dan London. Setelah menghabiskan beberapa tahun sebagai desainer lepas di Paris, dia kembali ke Korea dan mendirikan "Kay Kim Boutique."

 

*Penulis: Hilda Irach

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Merawat Baju Batik agar Awet dan Warnanya Terjaga
Artikel Selanjutnya
Apresiasi Chopard untuk Pelaku Industri Film, 74 Kreasi Haute Joaillerie Dirangkum dengan Model Pertama Bertajuk Paradise