Sukses

Fashion

Cara Membersihkan Sepatu Suede yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Suede merupakan salah satu bahan sepatu yang cukup populer. Bahan ini sebenarnya berasal dari bagian bawah kulit hewan yang memiliki tekstur lembut dan lentur.

Pada umumnya, sepatu suede memiliki daya tahan yang baik. Namun sayangnya, sepatu ini juga terbilang cukup sensitif dan perlu perawatan intensif, apalagi jika sampai terkena kotoran.

Noda atau kotoran yang menempel pada permukaan sepatu akan cenderung sulit untuk dibersihkan. Tetapi dengan perawatan yang tepat, sepatu suede bisa bertahan lama.

Lantas bagaimana cara membersihkan sepatu suede yang benar? dikutip dari Good House Keeping, berikut ini uraian selengkapnya.

1. Biarkan sepatu yang kotor mengering secara alami

Biasanya, saat sepatu berurusan dengan noda, kamu akan bertindak cepat untuk membersihkannya. Namun, untuk membersihkan alas kaki berbahan suede yang basah dan berlumpur, sebaiknya sepatu tersebut dibiarkan mengering secara alami.

Pasalnya, bahan suede sangat sensitif terhadap air. Jika sampai terkena air, maka akan meninggalkan bercak di atas sepatu. Karena itu, noda kotor paling baik ditangani ketika sepatu dalam keadaan kering. Tetapi, jika benar-benar basah gunakanlah koran yang dilipat untuk membantu menyerap kelembapan.

Perlu diperhatikan, cara ini tidak berlaku bila sepatu terkena noda cair yang berwarna seperti kopi. Jika demikian, sepatu tersebut harus segera dibersihkan saat masih basah dengan menggunakan handuk atau kain untuk menyerap cairan berwarna tersebut.

2. Gunakan sikat khusus untuk sepatu suede

Setelah sepatu benar-benar kering, bersihkan sisa lumpur yang menempel dengan menggunakan sikat khusus suede. Hindari penggunaan sikat logam karena bisa merusak permukaan sepatu suede. Kemudian, sikatlah searah secara berulang-ulang.

Beberapa sikat suede memiliki dua sisi, yakni sisi satu untuk menghapus bekas dan noda dan sisi satunya untuk membangkitkan rambut-rambut halus suede yang tertidur agar terlihat seperti baru.

 

3. Bersihkan dengan pembersih suede

Untuk noda atau kotoran yang sangat membandel, kamu mungkin perlu menggunakan pembersih suede khusus, seperti Kiwi Suede dan Nubuck Cleaner.

Namun, beberapa pembersih terkadang meninggalkan sedikit warna pada sepatu, karena itu kamu bisa mengujinya terlebih dahulu pada area suede yang kecil untuk memeriksa kelekatan warnanya. Kemudian ikuti petunjuk tentang pembersih itu sendiri, karena biasanya caranya bervariasi. kamu tetap harus mengelapnya dengan kain bersih.

4. Gunakan penghapus untuk noda membandel

Trik berikutnya yang kamu bisa lakukan untuk menghilangkan noda membandel adalah dengan menggunakan penghapus. Terkadang, noda yang tidak bisa disikat sering kali dapat dihilangkan dengan cara digosok menggunakan penghapus pensil.

Namun, ada pula penghapus khusus suede yang dirancang untuk membersihkan noda seperti ini. Hapus noda membandel tersebut dengan tekanan yang sedang, lakukan lebih keras bila nodanya masih terasa sulit dihilangkan.

 

5. Gunakan spons atau lap bersih

Setelah membersihkan noda, cara terbaik untuk merawat sepatu berbahan suede sebenarnya adalah dengan merawat seluruh permukaan sepatu. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan spons atau lap bersih .

Caranya, basahi spons atau lap tersebut dengan air bersih, lalu peras dengan baik agar tidak terlalu basah. Alih-alih menggosok, oleskanlah secara perlahan pada permukaan halus suede.

6. Semprotkan dengan pelindung suede

Setelah sepatu kamu selesai dibersihan, berikan ekstra perawatan dengan pelindung suede, seperti Kiwi Rain & Stain Protector atau Liquiproof Premium Protector. Ini akan melindungi alas kaki suede Anda dari kerusakan dan noda air di kemudian hari.

Namun perlu diketahui, beberapa pelindung suede terkadang meninggalkan warna. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih pelindung dengan warna khusus seperti hitam untuk sepatu hitam atau coklat untuk sepatu coklat.

Penulis: Hilda Irach

Loading
Artikel Selanjutnya
Sambut Ramadan dengan Mukena Unik dan Praktis 
Artikel Selanjutnya
Pesan Cinta Kasih dan Perdamaian dalam Koleksi Baby Dior Spring-Summer 2021