Sukses

Fashion

Resep Membuat Ekkado Ala Resto Cepat Saji

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Masakan Jepang termasuk banyak digemari di Indonesia. Bukan hanya yang tradisional tapi juga yang modern seperti Ekkado. Kuliner yang satu ini banyak disajikan di restoran Jepang cepat saji. Gorengan sederhana seperti ekado yang dapat anda buat sendiri di rumah. Ekkado merupakan ragam gorengan yang banyak disukai.

Selain teksturnya yang crispy, makanan ini menyerupai buntelan yang diikat pada bagian ujungnya kemudian berisi daging dan udang ditambah dengan telur puyuh. Makanan ini tak hanya disukai orang dewasa, tapi juga anak-anak yang sering membawanya sebagai bekal di sekolah.

Buat menyantap Ekkado Anda tak selalu harus ke restoran masakan Jepang cepat saji. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Seperti dilansir dari selerarasa.com, waktu pembuatannya tidak makan banyak waktu dan termasuk cukup mudah. Membuat ekkado busa menggunakan kulit tahu atau kulit pangsit.

Kulit tahu atau kembang tahu biasanya direndam menggunakan air sampai teksturnya menjadi mudah untuk dilipat. Setelah itu diikat menggunakan daun kucai atau bisa juga menggunakan bahan lain sehingga tidak pecah saat dibuat bulatan kecil.

Kalau Anda yang ingin menggunakan kulit tahu sebaiknya direndam menggunakan air dingin selama kurang lebih 1 menit, sehingga mudah untuk dibentuk menjadi bulatan. Nah, buat lebih lengkapnya simak resep membuat Ekkado, kreasi Jenny yang dilansir dari Cookpad

Bahan yang disiapkan:

100 gram udang, kupas kulitnya
300 gram daging ayam cincang
1/4 sdt soda kue
20 butir telur puyuh rebus
4 lembar kembang tahu rendam dalam air dingin, potong 10 x 10 cm
1 batang daun bawang, cincang halus
4 sdm tepung sagu
butir telur, kocok lepas
Benang kasur secukupnya untuk mengikat

Ekkado. foto: cookpad

Bumbu-bumbu:
1 sdt merica bubuk
2 sdt minyak wijen
2 sdt kecap asin
2 sdt saus tiram
2 sdt gula pasir
1 sdt penyedap (optional)
1/2 sdt garam

Ekkado. foto: cookpad

Cara pembuatannya:

Campur udang dengan soda kue, ratakan. Biarkan selama 10 menit. Lalu cincang udang dan sebaiknya sampai agak kasar biar ada teksturnya.

Siapkan mangkuk, masukkan udang cincang, daging ayam giling, irisan daun bawang dan bumbu-bumbunya. Tambahkan tepung sagu dan telur kocok. Aduk rata dan cicipi rasanya.

Ekkado. foto: cookpad

Letakkan satu potong kulit kembang tahu, beri satu sendok bahan isian kemudian beri atasnya telur puyuh rebus.

Satukan ujung-ujung kulit kembang tahu ke atas kemudian ikat dengan benang kasur sampai menyerupai buntelan kecil. Lakukan sampai adonan habis.

Kukus dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dulu selama sekitar 15 menit.

Sebelum digoreng celupkan terlebih dulu ke dalam kocokan telur, kemudian goreng dengan minyak yang banyak dan panas hingga kecoklatan. Setelah matang sajikan dengan saus sambal botolan.

Ekkado. foto: cookpad

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading