Sukses

Fashion

6 Musim Fashion

Next

Dalam satu tahun, rumah mode mengeluarkan 2 koleksi hasil rancangan mereka yang terbagi dari 2 musim yaitu Spring/Summer dan Fall/Winter. Sesaat sebelum musim berganti biasanya para rumah mode mengeluarkan koleksi yang biasa disebut dengan pre-collection juga sering disebut sebagai resort collection dan cruise collection. Awalnya pre collection ini dibuat untuk kaum jetsetter yang mereka membutuhkan pakaian untuk berlibur ke daerah tropis pada saat musim dingin di negaranya. Biasanya cruise collection berisikan swimsuit dan baju-baju tipis dengan warna terang khas kostum berlibur ke pantai. Namun sekarang dengan meningkatnya mobilitas para penduduk dunia, cruise collection menjadi bagian penting dan menjadi banyak dicari para klien karena koleksi ini bersifat versatile dan season-less sehingga bisa dipakai di mana saja dan sepanjang tahun.

Cruise collection biasa hanya berisikan 20 -30 looks, dibandingkan dengan 60 – 70 looks yang biasanya disajikan dalam koleksi ready to wear, dan koleksi ini jauh lebih murah dan ditampilkan cukup sederhana. Pre collection juga berguna untuk tetap memberi tawaran pada customer yang senantiasa menantikan desain baru. Misalnya ketika sedang sale, selain barang musim lalu yg sedang didiskon, pre collection jadi opsi bagi para klien yang mungkin sudah memiliki koleksi yang lalu.

Christopher Bailey dari rumah mode Burberry berkata ”Pre collection menjadi sangat penting bagi kami karena ini menjadi indikasi tone, mood dan warna dari koleksi kami berikutnya. Jadi seperti preview sebelum kamu melihat koleksi ready to wear kami.”

Penggunaan material yang lebih simpel dan gaya desainnya yang season-less membuat koleksi ini menjadi affordable dan memiliki angka jual komersil yang cukup tinggi. Presiden dan CEO rumah mode Christian Dior, Sidney Toledano berkata “60-70% hasil penjualan kami berasal dari cruise collection, jauh lebih tinggi dibanding hasil penjualan dari koleksi ready to wear.”  

 Inilah highlight koleksi Pre Fall 2011 dari berbagai rumah mode:


Chanel

Koleksi Pre-Fall 2011 terinspirasi dari Ratu Theodora dari era Byzantium. Penggunaan material seperti velvet terlihat disini dengan detail bordir emas dramatis layaknya puteri jaman dulu. Aksesori serupa sepatu boots dengan hak kotak, sarung tangan dan tas ikonik detail quilt juga tidak luput dari detail batuan gemerlap. Tata rambut dibuat sedikit hippie dengan headband detail bordir yang serasi. Dalam setahun, Karl Lagerfeld mendesain dua pre collection untuk Chanel. Satu Pre Fall dan satu lagi Pre Spring. Koleksi Pre Fall-nya disebut sebagai koleksi Métiers d’Art, yang artinya craftmanship. Koleksi ini dijadikan kesempatan bagi Chanel untuk memamerkan karya seni kreasi 7 rumah penghasil karya seni dekoratif terkemuka Paris yang merupakan bagian dari Chanel. Desrues pencipta costume jewelries, Lesage seniman bordir, Michel snag miliner (pembuat topi dan hiasan rambut), Massaro pencipta sepatu tersohor, desainer bunga Guillet, dan pengrajin perak Goosens. Tujuh nama ini merupakan andalan seni haute couture Pris dan merupakan harta negara berkat keterampilan mereka yang telah menjadi pilihan kaum aristokrat sekalipun.

Next

Burberry Prorsum

Koleksi Pre Fall dari Burberry bernafaskan era 70-an, simak celana flare yang khas. Ikonik trench coat diberi tambahan bulu kelinci detachable hingga sesuai untuk siang malam.

Next

Zac Posen

Lekuk tubuh wanita tampak jelas jadi inspirasi koleksi ini. Simak saja hourglass silhouette yang mencetak ketat tubuh dan memamerkan garis dada. Berkat pilihan bahan tradisional serupa tweed, motif klasik leopard print dan panjang rok yang menutupi lutut, koleksi ini terselamatkan dari kesan vulgar. Remember ladies, balance is key! Ketika ada yang dipamerkan, harus ada yang ditutupi juga.

Next

Oscar de la Renta

Gaya polished ladylike terlihat jelas jadi inspirasi. Simak aneka LBD, setelan tweed, dan celana pantalon yang meramaikan koleksinya. Warna pastel dengan rona lembut jadi bintang koleksi ini. Paduan sweater emas dengan pantalon longgar senada jadi favorit kami. Sentuhan metalik memang senantiasa memberi kesan glamor. Terapkan pada gaya dandan dalam dosis kecil apabila belum yakin, misalnya tumpukan kalung rantai emas atau rok pencil skirt bahan jacquard untuk padanan blus satin, pasti manis untuk acara cocktail!

Image Courtesy of www.style.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading