Sukses

Fashion

Berikan Hidup Kedua, Cegah Pakaian Menumpuk Tak Terpakai di Lemari

Jakarta Memiliki fashion item terbaru untuk menyempurnakan personal style setiap hari memang hal yang menyenangkan. Namun kebiasaan terlalu sering mengoleksi yang baru akan berakibat menumpuknya pakaian di lemari. Perlu diketahui, limbah pakaian atau tekstil adalah limbah nomor 2 terbanyak di dunia. Kita tak perlu menambah jumlah itu. Memberikan hidup kedua bagi pakaian lama, salah satu trik mencegah pakaian menumpuk dan mengurangi hasrat untuk terus membeli pakaian baru.

 

Nah, siapa bilang t-shirt biasa atau yang sudah tidak muat di badan langsung berujung di sudut lemari atau diberikan ke orang lain. Berbagai video tutorial Do It Yourself di YouTube bisa ditiru untuk ciptakan fashion item hanya dengan berbagai potong pakaian yang sudah tidak terpakai. Selain menyenangkan dalam mengeksplorasi kreativitas, kegiatan DIY fashion item ini rasanya juga mampu mengurangi limbah pakaian yang kini sudah semakin banyak di tumpukan sampah.

Bila bingung bagaimana caranya, bisa tengok inovasi ketiga pemenang kompetisi Lazada #JelazGueKreatif, sebuah kompetisi digital yang mencari 3 pemenang yang dapat menampilkan kreasi gaya busana kreatif, ragam tips berbusana kreatif (fashion hacks), dan ciptaan sendiri (DIY) yang mencerminkan keunikan gaya para peserta. Mengalahkan 200 peserta lainnya dari seluruh penjuru tanah air, ada 3 finalis terpilih yang unggul dengan kreasi fashion hacks-nya masing-masing. 

Simple sebenarnya, contoh Tasia Wijayanti, pemenang ketiga dari kompetisi Lazada #JelazGueKreatif ini menggunakan beberapa t-shirt yang sudah tidak terpakai, gunting bagian samping dan jahit dengan gunakan shoe lace sehingga bentuk motif silang menyilang, belum lagi teknik layering yang ia lakukan hingga ubah t-shirt biasa jadi satu fashion item dengan gaya quirky. Pemenang kedua, Hana Rabiya lakukan project DIY yang lebih simple namun harus penuh ketelitian. Baju dan cardigan putih polos yang ia miliki direndam dalam cairan pewarna pakaian (Pink it is) namun hanya di bagian bawah, hingga ciptakan efek dyed shirt.  

Lain dengan Catharina Cintya, pemenang pertama asal kota Malang ini lakukan teknik yang lebih rumit untuk ciptakan sling bag dari jeans yang sudah tidak terpakai. Bagian dalam yang ditambahkan kain bermotif serta bagian luar dengan patches yang chic, cukup tambahkan strap dengan warna kontras, Voila! Celana jeans yang tak terpakai bisa jadi tas baru untuk lengkapi personal style sehari-hari. Berhasil dipilih berkat orisinalitas gaya, daya kreasi, presentasi, dan kecakapan dalam menjelaskan fashion hacks dan jati diri fashion bagi diri sendiri, para pemenang ini mendapatkan hadiah utama berupa paket jalan-jalan ke kota Hong Kong bersama Lazada.

Beberapa poin penting dari kompetisi #JelazGueKreatif ini: ada upaya mensosialisasikan fashion yang berkelanjutan (sustainable), kampanye paling mudah untuk membangkitkan semangat kreatif, termasuk inisiatif untuk jadi pengusaha fashion meski sifatnya mikro.

 

(Photo : Exclusive)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading