Sukses

Fashion

Bangga: Konsep Baju Minang Jadi Nasional Kostum Terbaik Di Miss Earth 2014

Keberhasilan wakil Indonesia yakni Annisa dalam ajang internasional Miss Earth 2014 salah satunya adalah dengan mendapatkan Best National Costume. Ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena selama 14 tahun ajang tersebut diadakan baru kali ini Indonesia memenangi kategori kostum nasional terbaik.

Kostum nasional yang diusung mengambil tema dari tanah kelahiran Annisa yakni The Glory of Sparkling Minang budaya Minang Sumatra Barat. Annisa memang terlihat sangat memukau dengan kostum yang didominasi oleh warna kuning emas, hiasan Jam Gadang dan juga suntiang solok yang ia pakai di atas kepalanya.

"Sparkling Minang saya pakai bahan yang sebenarnya jarang sekali dipakai dan di ekspose yaitu tenun solok, yang mempunyai warna dan corak yang sangat spesial, biasanya kan orang-orang pakai songket padang," tutur Eko Tjandra saat ditemui tim Vemale pada jumpa pers di Merlyn Hotel Jakarta Pusat Senin, 8 Desember 2014.

"Di mahkotanya, saya membuat yang berbeda yaitu Jam Gadang, saya ingin sesuatu yang beda dan spesial. Ada detail menarik yang bisa dilepas disini, detail tangan salah satu gimmick yang sangat spesial. Keunikan-keunikan inilah yang saya pakai di national costume". lanjutnya.
Foto: copyright Vemale.com
Baginya, kekayaan budaya Minang memiliki keindahan yang tak kalah dari daerah lainnya. Ia pun mengagumi songket Minang yang luar biasa dengan sulaman emas serta berbagai macam motif-motif menarik lainnya. Inilah yang rupanya membuat Eko terinspirasi membuat rancangan dengan tema Minang.

"Kenapa kita ambil icon semua yang ada di Minang, seperti Rumah Gadang, Jam Gadang, karena kita ingin cari icon baru. Songket silungkang, sunting solok untuk mahkotanya, totaly semua adalah icon Minang yang jarang di ekspose," tutupnya.

Tahukah Anda bahwa Eko ternyata menyelesaikan dua kostum nasional dan salah satunya adalah kostum Minang tersebut hanya dalam waktu satu minggu saja. Dengan menghabiskan budget kurang lebih Rp. 80.000.000,- Eko berhasil membuat rancangan dengan berat 15 kg tersebut menarik perhatian para juri dan penonton.

Sungguh membanggakan ya Ladies? Indonesia memang sangat kaya akan warisan budaya dan mari kita nantikan budaya dari daerah lain untuk menjadi kebanggan dari negara tercinta ini.



(vem/yun/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading