Sukses

Fashion

Kreatif! Erika Juniarti, Buat Sendiri Berbagai Macam Sabun Alami yang Ramah di Kulit

Sebagian besar produk sabun buatan pabrik memiliki kandungan bahan kimia, dan bagi mereka yang memiliki alergi, penggunaan bahan kimia ini kadang dapat menimbulkan iritasi. Hal inilah yang mendasari Erika Juniarti untuk membuat dan mengolah sabun dengan tangannya sendiri. Bermula dari hanya sekedar iseng saja, ia pun akhirnya memutuskan untuk membuat sabun sendiri.

Foto dok. Vemale.com

 

"Awalnya ngga kepikiran buat sabun dan dijual, teman ada yang bikin sabun, saya iseng buat karena rasa penasaran kalau sabun bisa dibuat sendiri. Iseng coba bikin untuk keluarga aja awalnya, proyek pertama untuk ulang tahun anak. Ceritanya bikin souvenir sabun untuk ulang tahun anak. Waktu itu bikin 100 sabun untuk teman-teman yang datang dan responnya bagus," kata Erika kepada Vemale di bazar The Weekend Market Christmas Factory, Pantai Indah Kapuk Jakarta, Jumat 4 Desember 2015.

Foto dok. Vemale.com

 

Sabunnya dibuat, lanjut Erika, dengan memakai bahan material olive oil dan butter.  Dibutuhkan pengeringan sabun selama satu bulan lamanya, sampai sabun benar-benar kering. Selama satu tahun mempelajarinya, tahun 2013 Erika memutuskan untuk menjual sabun tersebut. "Awalnya, saya kasih coba ke Mama saya, beliau ada eksim, jadi kering sedikit kulitnya langsung gatal, pakai sabun saya, eksimnya berkurang," jelasnya.

Foto dok. Vemale.com

 

Sabun tradisional handmade produksi Erika ini, menurut Erika, bagus untuk kulit sensitif, eksim, kulit bayi dan segala usia. Selain sabun untuk badan, Erika melebarkan sayap bisnisnya dengan memproduksi sabun muka, shampo bar, lipblam, balsem, dan sebagainya.

Foto dok. Vemale.com

 

Tak hanya memproduksi untuk dijual sendiri saja,  wanita kelahiran 28 Juni 1984 ini juga membuka pelatihan bagaimana membuat sabun tradisional yang sehat untuk kulit tubuh. "Saya ada ngajar juga, private dan workshop. Kalau workshop biasanya dikenakan Rp 1.6 juta per orang, karena kita juga siapin bahan. Jadi bahan untuk praktek dan yang dibawa pulang berbeda," tambah Erika.

Brand The Soap Cornerini dijual seharga Rp. 50.000 - Rp 90.000 untuk kategori produk sabun bar. Dan customer yang memesan pun bisa custom, harganya disesuaikan dari bentuk dan ukuran sabun.

Nah, bila Anda tertarik ingin memesan sabun alami ini, silahkan kunjungi akun official  Instagram @TheSoapCorner.

(vem/yun/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading