Sukses

Fashion

Tips Mencuci Jeans dengan Cara yang Benar

Fimela.com, Jakarta Banyak orang beranggapan bahwa jeans tidak boleh sering dicuci, namun bagaimana cara terbaik untuk menjaga kebersihannya? Para ahli sepakat bahwa jeans harus dicuci setiap tiga sampai empat kali pakai agar warna biru dan hitamnya tetap bersih, pas, dan tampak selalu baru.

1. Cara mencuci jeans

Baru atau lama, kamu harus tetap membalikkan jeans sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci. Cara ini akan membantu meminimalisir abrasi yang menyebabkan warna pudar, serta keausan yang terjadi di area saku dan tepi pinggang, seperti dilansir dari goodhousekeeping.com, Kamis (18/7/2019).

Penting juga untuk mengaitkan kancing-kancing yang ada di jeans untuk membantu mencegah tersangkut dengan barang lainnya. Pertimbangkan juga untuk menggunakan deterjen yang dirancang untuk menjaga warna jeans, air dingin, dan siklus pencucian yang cepat, serta lembut.

2. Cara mengeringkan jeans

Saat melakukan pengeringan, pastikan untuk membalikkan jeans yang sebelumnya dicuci, keringkan pada siklus yang halus, dan pengaturan suhu rendah, kecuali jika label perawatan mengarahkan pada yang sebaliknya. Jeans akan bertahan lebih lama jika kamu mengeluarkannya dari mesin pengering dalam keadaan masih sedikit lembap.

Cukup tarik, ratakan kerutannya, gantung, dan biarkan hingga mengering. Mengeringkan jeans secara berlebihan di mesin cuci dapat menyebabkannya menyusut dan suhu yang terlalu tinggi dapat merusak spandex yang membuat jeans meregang.

 

Tips lain untuk membersihkan jeans

3. Tips lainnya

Ketika kamu mencuci jeans, usahakan untuk memberikan ruang lebih di dalam mesin cuci dan pengering. Semakin banyak pakaian di dalam mesin cuci, jahitan jeans bisa pecah.

Pakaian harus memiliki sirkulasi sehingga ketika dibersihkan atau dikeringkan secara menyeluruh tidak akan menyebabkannya kusut. Jika jeans terkena noda, bersihkan dengan segera, sebelum menunggu waktunya mencuci dengan mesin.

Pisahkan antara jeans terang dengan gelap. Untuk menghindari transfer warna saat proses pencucian, sebaiknya kamu memisahkan jeans berwarna gelap dan terang.

Lakukan sedikit tes sebelum menggunakan jeans, gosokkan kain putih pada jeans berwarna sangat gelap atau hitam, lihat apakah ada warna yang terlepas. Jika ada, cucilah sebanyak sekali atau dua kali sebelum memakainya.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading