Sukses

Fashion

Keindahan Indonesia dalam 35 Aksesoris Rancangan Rinaldy Yunardi

Fimela.com, Jakarta Desainer aksesoris Rinaldy Yunardi menggelar show tunggalnya sebagai penutup rangkaian acara Jakarta Fashion & Food Festival atau JFFF 2019. Show tunggal tersebut digelar pada Selasa (21/8) di Kelapa Gading, Jakarta, usai pemberian penghargaan pada para tokoh industri mode Indonesia di JFFF Awards.

Show tunggal di penghujung JFFF 2019 ini sekaligus jadi yang pertama bagi Rinaldy Yunardi, di mana seluruh koleksi yang ditampilkan mengambil inspirasi dari kebudayaan Indonesia.

"JFFF adalah tentang Indonesia, jadi saya menggali lebih dalam tentang Indonesia," ujar Rinaldy Yunardi pada sesi konferensi pers sebelum show dimulai. "Saya lahir di Indonesia, hidup di Indonesia, dan berkarya di Indonesia untuk Indonesia. Semoga kali ini saya benar-benar bisa mengangkat Indonesia," tegasnya.

Gambaran Indonesia dalam Aksesori Rancangan Rinaldy Yunardi

"Aku, untukmu Indonesia" adalah judul yang dipilih untuk 35 koleksi desainer yang akrab disapa Koh Yungyung ini. Sebanyak 34 buah dari koleksi tersebut merupakan representasi dari setiap provinsi yang ada di Indonesia, sementara 1 lainnya yang paling istimewa, dinamakan "Ibu Pertiwi" karena menjadi gambaran keindahan Indonesia secara keseluruhan.

Koleksi "Ibu Pertiwi" berupa face mask yang terdiri dari banyak tusuk konde bermotif bunga menyerupai bentuk matahari. Warna emas yang berkilau membuatnya terlihat amat megah.

Bukan hal mudah bagi seorang Rinaldy Yunardi untuk menggali seluk beluk kebudayaan Indonesia di tiap provinsi. Ia sendiri mengaku kesulitan menemukan literasi yang lengkap, namun hal tersebut tak sedikitpun menggentarkan niatnya untuk mengangkat keragaman budaya Indonesia dalam aksesori rancangannya. "Bikin desain itu kita memang harus banyak belajar, banyak menggali dan menemukan arti," ungkap Rinaldy.

Proses Riset Hingga Pembuatan Aksesoris

Setelah proses yang cukup panjang dalam 'belajar, menggali, dan menemukan arti', Rinaldy Yunardy menerjemahkannya ke dalam desain aksesoris yang kaya detail. Meski berangkat dari kebudayaan asli tiap daerah di Indonesia, namun desainnya tetap modern dan edgy seperti ciri khasnya selama ini.

Bahan yang digunakan dalam koleksi aksesori "Aku, untukmu Indonesia" ialah tembaga, emas, dan perak. Ketiganya dianggap Rinaldy paling mewakili ciri khas kebudayaan Indonesia.

"Aku berharap, semakin banyak desainer yang mengangkat keindahan Indonesia karena memang begitu indah negeri ini,' pungkas Rinaldy.

Sejumlah pihak turut dilibatkan untuk menyukseskan pagelaran ini, di antaranya ada Shoes by Thang Shoes, Suit and Trousers by Agus Lim, dan PAC Beauty Consultant for Rinaldy Yunardi by Donny Lim. Show tunggal Rinaldy Yunardi memamerkan 35 aksesori dari koleksi "Aku, untukmu Indonesia" berhasil menutup JFFF 2019 dengan spektakuler.

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading