Sukses

Fashion

Pandangan Baru akan Subjektivitas Menjadi Konsep dari Gucci di Milan Fashion Week

Fimela.com, Jakarta Gucci baru sama menggelar show Spring/Summer 2020 di Milan Fashion Week. Jika di masa lalu manusia dikendalikan oleh peraturan kerajaan yang kuat, tapi kini justru sebaliknya. Kekuasaan lebih demokratis daan beroperasi secara molekuler dalam masyarakat. Hal ini sebagai wujud dari bentuk mentalitas pemerintahan yang luas, melalui seperangkat institusi, perangkat dan mekanisme penaklukan, memaksakan aturan perilaku yang diinternalisasi oleh individu.

Gucci menyadari akan kekuatan semacam itu yang beroperasi setiap hari melalui rintangan dan larangan, mereka mencegah sirkulasi bebas wacana dan akhirnya menciptakan masyarakat yang disiplin: masyarakat yang mengendalikan, membatasi, dan mengatur kehidupan.

Dalam hal ini, Gucci dengan tema Foucault berbicara tentang "biopolitik", yang merupakan kekuatan atas kehidupan, atas tubuh. Hal ini adalah kekuatan yang hanya melegitimasi beberapa keberadaan, membatasi yang lain dalam rezim penahanan dan tidak terlihat. Suatu kekuatan yang memaksakan perilaku dan jalan, yang menentukan ambang normalitas, yang menjaga pengawasan dan menghukum, mengklasifikasikan dan mengekang identitas yang mengikatnya ke apa yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Gucci Spring/Summer 2020 Milan Fashion Week

Tetapi jika kekuatan ini dilakukan atas kehidupan, tampaknya sangat mendesak apa yang ada dalam kehidupan mampu menolaknya, mendorong bentuk-bentuk baru dari subjektivitas yang mampu melepaskan tekanan normatif sosial.

Bisakah fashion memenuhi tugas ini? Bisakah itu menawarkan dirinya sebagai alat perlawanan? Bisakah ini menyarankan kebebasan berdasarkan pengalaman, kemampuan untuk melampaui dan tidak patuh, emansipasi dan penentuan nasib sendiri? Atau mode itu sendiri berisiko menjadi alat yang disempurnakan pemerintah neo-liberal yang akhirnya memaksakan normativitas baru, mengubah kebebasan menjadi komoditas dan emansipasi menjadi janji yang dilanggar?

Lewat fashion, memanfaatkan keterampilan transformatif yang terkandung di dalam setiap permainan kekuasaan. Karena fashion adalah bagian dari kekuatan mikrofisika yang menembus keberadaan kita. Membuat penangkal standar biopolitik normatif tidak bisa berarti memaksakan perintah balasan untuk memesan. Itu tidak berarti menyingkirkan aturan yang memberlakukan aturan lain.

Fashion justru sebaliknya, memiliki fungsi lain: untuk membiarkan orang berjalan melalui bidang-bidang kemungkinan, memberikan petunjuk dan membangkitkan keterbukaan, menumbuhkan janji-janji keindahan, menawarkan kesaksian, mengorbankan segala bentuk keanekaragaman, memberi makan keterampilan penentuan nasib sendiri yang sangat diperlukan.

Itulah satu-satunya cara agar busana dapat secara konstitual resisten: memungkinkan setiap orang untuk secara kreatif membangun tempat mereka sendiri di dunia, di luar normativitas apa pun yang dipaksakan dari luar. Mode sebagai ruang penegasan diri puitis di mana keinginan diri bisa bersinar.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading