Sukses

Fashion

Finalis Putra Putri Batik Nusantara Siap Tarung di Malam Grand Final, Siapa Pemenangnya?

Fimela.com, Jakarta Setelah delapan tahun berturut-turut sukses dalam penyelenggaraannya, Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) didukung oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI, kembali menyelenggarakan Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara untuk kesembilan kalinya.

Kegiatan berskala nasional dan diikuti oleh ratusan peserta dari banyak provinsi di Indonesia, tahun ini mengusung tema Mantra Dewata. Sebagaimana diketahui, kegiatan ini diadakan dalam rangka terus melestarikan batik Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia sejak tahun 2009. 

"Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara ini memang baru diikuti 14 Provinsi, secara kualitas dan kesiapan peserta seperti itu, jadi kami tidak memaksakan harus diikuti 34 provinsi seperti ajang lain, namun antusiasnya makin bertambah," ujar Sapta Nirwandar selaku penggagas saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, baru-baru ini.

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2019 diharapkan menjadi wahana regenerasi yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya nusantara di kalangan generasi muda sekaligus untuk meningkatkan industri batik di tanah air. Nantinya, diharapkan akan mampu menjadi produk kreatif yang benar-benar memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

Karenanya niat ini pun disambut baik oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI.Selain itu juga beberapa sponsor di antaranya Bakti Budaya Djarum Foundation, The London School of Public Relations (LSPR), Jeeves, JNE Express, Kalbe Farma, La Tulipe Cosmetique, dan Takes Mansion & Hotel yang turut mendukung Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2019.

"Alhamdulilah tujuan ajang tercapai dengan meningkatnya anak-anak Milenial mencintai batik, terbukti dari pameran batik di Kota Kasablanka kemarin ada pesanan dari Perancis," ujar Sapta Nirwandar.

Malam Final 2 November

Penjaringan dan seleksi peserta melalui audisi online berlangsung sepanjang Juli - September 2019. Proses audisi berlangsung ketat, sebanyak lebih dari 200 pendaftar terpilihlah 60 semifinalis dari seluruh Indonesia yang berhasil lolos dan berhak untuk mengikuti audisi finalis pada tanggal 14 September 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Jakarta.

 Adapun kriteria peserta adalah putra putri Indonesia berusia antara 18-25 tahun, telah lulus SMA, berpenampilan menarik, cerdas, berkepribadian Indonesia, memiliki pengetahuan dan wawasan luas tentang batik, menguasai Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dengan tinggi badan minimal 172 cm untuk putra dan 165 cm untuk putri. Pada tahap audisi semifinalis, dewan juri telah menetapkan 14 pasang putra dan putri sebagai finalis untuk maju ke babak final.

Para finalis Putra Putri Batik Nusantara 2019 mengikuti kegiatan karantina selama 8 hari di Takes Mansion & Hotel Jakarta pada tanggal 27 Oktober - 3 November 2019. Malam final sebagai penentuan pemenang diadakan pada hari Sabtu, 2 November 2019, bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Bertindak sebagai ketua dewan juri adalah DR. Sapta Nirwandar (Inisiator & Founder IPBN)), Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR (Pendiri dan Pemilik STIKOM The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta), Nita Kenzo (Yayasan Batik Indonesia), Insana Habibie (Pakar Batik), DR. Jacky Mussry (CEO PT Markplus Indonesia, INC), dan Musa Widyatmodjo (Desainer Senior & Pemerhati Batik).Di malam final ini, seluruh finalis Putra Putri Batik Nusantara 2019 tampil anggun dengan balutan busana batik dari Warwick Purser Equatorial, Toean Batik, Jesus Cedeño, Fatih Indonesia, dan ETNOS by Yongki Budisutisna. Make up dan tata rambut dari La Tulipe Cosmetique. Aksesoris finalis putri dari D’Pearl.

Sebagai hadiah, para pemenang Putra dan Putri Batik Nusantara 2019 akan mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp50 juta, Rp25 Juta, dan Rp15 juta untuk pemenang 1, 2, dan 3. Pemenang favorit dan berbakat akan mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp10 juta, serta pemenang persahabatan yang akan dipilih dari voting sesama finalis. Penghargaan lainnya adalah beasiswa full Postgraduate program di The London School of Public Relations untuk pemenang 1 putra dan putri serta kesempatan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri.

#Growfearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading