Sukses

Fashion

Koleksi Berkelanjutan dalam Inovasi Potongan Fashion Ikonis dari H&M

Fimela.com, Jakarta Kondisi lingkungan kian memprihatinkan. Bahkan, ancaman global warming semakin nyata. Menyikapi hal tersebut, maka deretan industri bersama-sama menginisiasi produk ramah lingkungan, salah satunya yang dihadirkan oleh H&M.

Dalam meluncuncurkan koleksi H&M Concious Exclusive  A/W20, karya indah ini terbuat dari bahan bersumber berkelanjutan, khususnya limbah yang biasanya dibuang menjadi sampah lingkungan. Namun H&M justru merubah 'sampah' menjadi sebuah karya yang bisa digunakan dan dicintai.

Hal ini dikemas dalam koleksi Concious Exclusive A/W20 yang akan tersedia d ID.HM.COM mulai tanggal 1 desember 2020 mendatang. Koleksi ini terbuat dari kain dengan proses inovatif di mana mampu mengubah limbah tanaman pangan menjadi serat alami. Kain dibuat dari bubur kayu bersumber secara berkelanjutana atau kain yang menggunakan proses garmen-ke-garmen yang unik.

H&M Conscious Exclusive A/W20

Bahan tersebut bisa ditemukan pada koleksi pakian perempuan seperti gaun malam dengan tafetta jacquard hitam dan hijau, serta jacquard kuning dihiasi dengan nuansa hijau, dan bisa dipadukan dengan atasan kain tebal dan setelan yang sesuai. Dengan struktur potongan bervolume drastis, namun memliki struktur yang lembut, disertai aksen kerut yang glamor, maka koleksi ini juga menghadirkan kesan edgy yang memikat.

Sedangkan untuk koleksi laki-laki, Sahabat Fimela bisa menemukan koleksi Concious Exclusive dengan pilihan tuksedo klasik, setelan merah, kaus kaki pendek, jaket jaquard kuning.

“Untuk A/W20, kami benar-benar ingin menjadi pelopor - mendorong batas kreativitas dan fashion berkelanjutan - dengan berfokus pada limbah. Hasilnya, potongan-potongan dalam koleksi ini dibuat dari bahan yang benar-benar menakjubkan yang dihasilkan dari limbah. Dengan menciptakan pakaian penuh transformasi semacam ini dan diberikan kesempatan berbicara kepada pelanggan kami melalui keindahan koleksi ini, kami berharap limbah dapat menjadi bagian dari masa depan fashion berkelanjutan," kata Ann-Sofie Johansson, creative advisor H&M.

Koleksi Aksesori

Selain pakaian, koleksi aksesori juga berupa kalung choker hadir dengan nuansa edgy, disertai anting dan klip sepatu yang terbuat dari logam daur ulang. Ada pula koleksi kacamata hitam yang dibuat dari Made of Air®, bahan yang sebagian terbuat dari limbah biomassa. Sepatu bisa dipakai dengan gaya mule (sandal dengan bagian depan tertutup) atau dengan gaya boots dilengkapi kaus kaki yang bisa dilepas, terbuat dari VEGEA ™, kulit vegan yang sebagian dibuat dari produk sampingan anggur.

Desain print di seluruh koleksi terinspirasi oleh wallpaper bunga yang telah terkelupas dari waktu ke waktu atau permadani dari masa lalu, sementara desain bunga dan motif binatang ngengat menunjukkan kehidupan dan pembusukan. Kampanye Conscious Exclusive A/W20 mendorong kita untuk "memakai limbah" dalam upaya mengubah fashion dan menampilkan Zinnia Kumar, seorang ahli ecologist, aktivis, dan model kelahiran Australia yang tinggal di London.

“Saya sangat senang menjadi bagian dari kampanye Conscious Exclusive ini, terutama karena H&M membuka jalan bagi koleksi berkelanjutan untuk menjadi norma industri. Sebagai konsumen, kita tidak perlu lagi membedakan antara fashionability dan sustainability, karena keduanya akan menjadi satu dan sama. Sebagai seorang ahli ekologis yang bekerja di bidang fashion, ini memberikan saya banyak harapan," ucap Zinnia Kumar, ecologist, activist dan model.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Magnificent Fashion Brand - H&M: Manjakan Pecinta Tren dengan Koleksi Kolaborasi dan Mode Berkelanjutan
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi H&M X John Boyega Rilis Koleksi Busana Pria Sarat Pesan Keberlanjutan