Sukses

Fashion

Sosok Tara yang Welas Asih Diabadikan dalam Perpaduan Koleksi Kebaya dan Perhiasan Era Soekamto

Fimela.com, Jakarta Perjalanan panjang selama 20 tahun telah dilewati Era Soekamto sebagai desainer dan budayawan Indonesia. Ia kerap menggali lebih banyak kekayaan nusantara untuk direpresentasikan dalam setiap karyanya.

Dikenal sebagai kreatif direktur batik Indonesia selama tujuh tahun, membuat Era Soekamto tidak berhenti memperkenalkan batik dan kebaya dengan pakem dan kecantikan nusantara. Kali ini, Era Soekamto mengangkat sosok Tara sebagai inspirasi dari koleksi busananya.

Tara sendiri merupakan seorang ratu di tanah Jawa pada abad 8 wangsa Syailendra di Medangkarta. Sebagai istri dari Samaratungga, ia selalu mengajarkan arti cinta kasih yang menginspirasi banyak orang. Simbol yang kerap ia gunakan adalah padma atau lotus.

Simbol ini merupakan penderitaan yang berbuah kemerdekaan jiwa. Diceritakan pula Tara lahir dari arimata Avalokitasvara atau Cinta kasih. Cerita ini sangat relevan dengan kondisi saat ini yang membutuhkan motivasi untuk membangkitkan jiwa-jiwa kesadaran.

 

Koleksi kebaya Era Soekamto

Konsep inipun akhirnya dituangkan Era Soekamto dalam koleksi kebaya serta perhiasan cantik dari Hartadinata. Koleksi kolaborasi ini menghasilkan aksesori dengan desain yang menggambarkan nilai kecantikan dari dalam.

Sementara itu, Era Soekamto membuat koleksi berupa kebaya yang dibuat dari bahan sutra organza, chiffon, dengan sentuhan batik berwarna simultan. Motif lotus pada bahan diaplikasikan dengan teknik bordir dalam warna beige dan peach bernuansa emas.

 

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading