Sukses

Fashion

9 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Baju Warna Putih

Fimela.com, Jakarta Baju putih adalah baju yang sering digunakan oleh setiap orang. Baju putih adalah baju yang susah dibersihkan. Apalagi jika terdapat noda yang menempel atau warnanya berubah menjadi kuning kusam.

Akan sangat menyebalkan kalau terdapat noda di baju yang berwarna putih, seperti baju putih kelunturan baju warna lainnya. Sebenarnya noda atau warna lain yang melunturi baju putih ini bisa dihilangkan dengan cairan pemutih. Namun, cairan tersebut bahannya sangat keras dan akan merusak baju putih.

Cara mencuci baju putih ini harus diperhatikan dengan benar. Salah mencuci baju putih akan menyebabkan kerusakan warna pada baju. Agar warna baju putih bisa kembali cerah dan noda hilang, Fimela memiliki beberapa cara menghilangkan noda membandel pada baju warna putih, berikut ini:

 

Cara Menghilangkan Noda

1. Soda Kue

Soda kue adalah bahan dapur yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue. Kalau kamu memiliki baju putih yang terkena noda, rendam baju putih di larutan 2 liter air yang dicampur soda kue. peroksida dan beri cairan pencuci piring. Kemudian bilas hingga baju bersih.

2. Amonia

Kalau baju putih terkena noda membandel seperti darah, noda ini dapat dihilangkan dengan merendam baju putih dalam 2 liter air yang diberi amonia dan hidrogen peroksida. Saat merendam baju putih dengan amonia, usahakan ditaruh di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan lupa untuk gunakan sarung tangan.

3. Aspirin

Selanjutnya, kamu bisa menghilangkan noda membandel pada baju putih dengan menggunakan aspirin. Gunakan 2 hingga 3 butir aspirin ke dalam mesin cuci atau rendam baju putih di dalam air yang dicampur aspirin. Aspirin ini bisa membantu mengembalikan warna baju putih yang berubah menjadi warna kuning dan kusam.

 

 

Cara Menghilangkan Noda yang Selanjutnya

4. Roti Gandum Putih

Selain bisa dimakan, ternyata roti gandum putih bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel yang menempel di baju putih. Roti gandum putih bisa menghilangkan noda seperti lipstik atau foundation yang menempel di baju. Roti gandum putih bisa digosokkan ke area baju yang ternoda, lalu cuci dengan deterjen sampai bersih.

5. Pembersih Kaca

Kalau ada noda spidol yang menempel pada baju putih, gunakan pembersih kaca untuk membersihkannya. Caranya dengan menyemprotkan pembersih kaca ke bagian noda, diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas menggunakan deterjen sampai bersih.

6. Asam Borat

Keringat bisa menyebabkan baju putih berubah warna menjadi kuning. Untuk mengembalikan warna kuning tersebut, oleskan asam borat yang dilarutkan di dalam air. Biarkan selama 20 menit dan bilas hingga baju bersih.

Cara Menghilangkan Noda yang Terakhir

7. Kapur

Kalau ada minyak yang menempel di baju putih, kamu bisa menggunakan kapur untuk menghilangkan noda tersebut. Caranya dengan menggosokkan kapur ke area noda yang menempel di baju putih, sebelum mencuci baju putih dengan deterjen. Karena kapur dapat menyerap dan mengangkat minyak yang menempel di baju.

8. Bubuk Pencuci Piring

Bubuk yang biasanya digunakan untuk mencuci piring, juga bisa digunakan untuk mengembalikan baju warna putih terlihat seperti baru. Kamu bisa mencampurkan bubuk pencuci piring dengan deterjen, untuk mencuci baju yang berwarna putih.

9. Lemon

Cara menghilangkan noda memandel yang menempel di baju putih yang terakhir, yaitu menggunakan perasan air lemon. Kamu bisa merendam baju putih di dalam air lemon yang dicampur air. Kemudian bilas menggunakan deterjen sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading