Sukses

Fashion

Sandal dan Sepatu Jelly Terbuat dari 100 Persen Plastik Daur Ulang

Fimela.com, Jakarta Ada beragam bahan yang digunakan dalam industri fashion yang bersumber dari hewan, seperti sutra, bulu, kapas, dan yang paling terkenal ialah kulit. Banyak kampanye untuk menghampus produk hewani sepenuhnya dari industri fashion.

Maka kini sudah banyak brand fashion mengedepankan produk vegan, seperti brand alas kaki Melissa yang telah mendapat pengakuan dunia atas penggunaan plastik yang diproduksi secara berkelanjutan dan dapat didaur ulang. Berawal dari sandal jelly yang begitu tren di tahun 90an, kini brand Brazil tersebut telah memiliki begitu banyak model sandal dan sepatu, hingga kolaborasi.

Melissa pun baru saja mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan brand vegan asal Prancis, Rombaut. Mats Rombaut, pendiri Rombaut mengatakan Rombaut menganggap serius fashion keberlanjutan, kolaborasi ini perlu memiliki makna dan memberikan contoh yang baik tentang bagaimana membuat segalanya menjadi lebih baik. 

"Butuh waktu lama bagi saya untuk berkolaborasi karena sulit menemukan brand besar yang memiliki nilai serupa," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Fimela.com.

Kolaborasi ini menampilkan sandal gaya Possession ikonik Melissa dan versi melting dari sepatu Boccaccio khas Rombaut (yang sebelumnya telah digunakan oleh Bella Hadid, Hailey Bieber, Lil Nas X, Miley Cyrus dan Charli XCX). Ada berbagai pilihan warna, seperti creamy white, hitam, hijau, coklat transparan, dan ungu.

Sepatu keren berbahan dasar limbah

Untuk pertama kalinya sepatu kolaborasi ini terbuat dari 50 persen PVC daur ulang dari limbah pabrik, 30 persen kandungan karbon terbarukan berbasis hayati, seperti tebu 17 persen dan minyak nabati 13 persen.  Tali sepatu diproduksi dari 100 persen botol PET daur ulang.

Desain bukan satu-satunya yang dipikirkan, karena bahan daur ulang adalah bagian dari sistem program keberlanjutan Melissa. "Hal favorit saya tentang Melissa adalah dapat mengembalikan sepatu lama atau usang ke toko mereka dan dapat mendaur ulangnya menjadi sepatu baru," ujar  Mats.

Rombaut akan memiliki edisi terbatas yang terdiri dari 100 pasang yang dibuat dengan 100% limbah pasca-konsumen yang hanya tersedia di Rombaut.com dan di toko utama Rombaut yang baru di Paris.

Dengan kolaborasi ini, Melissa mengeksplorasi komitmennya terhadap keberlanjutan sambil menghadirkan produk premium yang menyenangkan, inovatif, dan menarik secara visual yang pada akhirnya akan dapat diakses dan dicapai oleh pecinta mode. Kolaborasi sepatu ini terbuat dari 100% plastik daur ulang vegan.

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading