Sukses

Fashion

Kostum Nasional Komodo untuk Puteri Indonesia 2020, Membuat Sisik dari 5.000 Keping Logam

Fimela.com, Jakarta Puteri Indonesia 2020 Raden Roro Ayu Maulida Putri akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Universe 2020. Diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat, rencananya Puteri Indonesia 2020 itu akan menggunakan empat gaun dari desainer ternama Indoensia.

Salah satu gaun yang paling menarik perhatian adalah kostum nasional yang akan dikenakannya di ajang ratu kecantikan dunia itu. Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri akan mengenakan kostum nasional dengan tema Komodo.

Kostum bertema Komodo ini memiliki berwarna hitam, putih, dan merah di bagian leher serta aksesori berbentuk kepala Komodo. Kostum ini dibuat seperti kulit komodo dengan belahan tinggi di bagian depan. Memiliki berat 20kg, kostum nasional ini dirancang oleh Diana M Putri berkolaborasi dengan Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design.

Menurtu Yuling, bagian paling rumit dan memakan waktu pengerjaan yang cukup lama adalah pembuatan sisik. Dibutuhkan 5.000 keping logam untuk membentuk aksen sisik dari kostum komodo. Pembuatan setiap logam yang digunakan dilakukan satu persatu dengan tangan.

 

Memakan waktu produksi yang lama

Kostum ini sendiri telah dimulai pembuatannya beberapa bulan lalu. Namun karena ajang Miss Universe diundur hingga Mei 2021, tim desainer memiliki waktu lebih untuk mengerjakannya lebih detail.

Proses pengerjaan dimulai dengan membuat kepala Komodo. Tim desainer mengukur terlebih dahulu ukuran kepala Ayu Maulida dan dibandingkan dengan ukuran kepala komodo yang sebenarnya agas pas ketika dikenakan.

Proses pembuatan kostum berlanjut dengan membuat earcuff, kalung lebar, kalung coker, sisik untuk sarung tangan, dan sisik komodo. Yuling mengaku masih ada dua bagian lagi yang sudah disiapkan namun belum diperlihatkan, yakni lidah komodo dan aksesori di bagian tengah kostum.

Lidah komodo dibuat dengan sistem mechatronic. Pada bagian tengah akan dibuat lebih detail artcraft yang terbuat dari bahan logan dengan motif tradisional modern.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 28 JULI 2021
Loading